Implementasi Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD

Media Pembelajaran Wordwall
Kegiatan Mahasiswa (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Generasi siswa saat ini hidup dalam lingkungan digital yang menuntut pendekatan pembelajaran yang berbeda. Salah satu inovasi yang kini banyak dimanfaatkan oleh guru adalah media pembelajaran Wordwall.

Wordwall merupakan salah satu media yang sangat menarik dalam meningkatkan minat belajar siswa, khususnya di jenjang Sekolah Dasar (SD), yang cenderung menyukai pembelajaran berbasis permainan.

Masih banyak penggunaan media yang belum terlaksana di beberapa sekolah yang membuat siswa siswi khususnya sekolah dasar kurang bersemangat dalam proses belajar.

Untuk itu Tim PKM dari Mahasiswa Universitas Quality melakukan sosialisasi media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar.

Bacaan Lainnya

Kegiatan PKM ini telah dilaksanakan di UPT SDN 135 Paranginan Selatan, Kec. Paranginan, Keb. Humbang Hasudutan, Prov. Sumatera Utara dan di damping oleh Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Vera Ironita Christiani Sihombing, S.Pd., M.Pd.

Sosialisasi dilakukan dengan menerapkan penggunaan media wordwall sebagai salah satu media pembelajaran kemudian menjelaskan aktivitas seperti kuis, teka-teki, dan permainan mencocokkan membuat siswa lebih aktif dalam menjawab pertanyaan dan berinteraksi dengan materi pelajaran.

Meski demikian, penerapan Wordwall memerlukan dukungan yang memadai dan kesiapan guru dalam menguasai teknologi. Pelatihan serta ketersediaan perangkat dan akses internet menjadi faktor penting yang mendukung kelancaran penggunaan media ini, terutama di daerah dengan keterbatasan teknologi.

Baca juga: Penerapan Model Pembelajaran PBL dengan Bantuan Media Wordwall terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Ngadirgo 01

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa menjadi lebih antusias dalam belajar dan tidak cepat bosan sehingga meningkatkan minat belajar. Dengan demikian, implementasi Wordwall sebagai media pembelajaran telah memberikan kontribusi nyata dalam membangkitkan minat belajar siswa.

Tidak hanya meningkatkan ketertarikan terhadap pelajaran, tetapi juga mendorong partisipasi aktif, mengurangi rasa bosan, serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan.

 

Penulis:

  1. Vera Ironita Christiani Sihombing
  2. Sutar Oktaviana Tampubolon
  3. Juniko Esra Tarigan

Mahasiswa PGSD, Universitas Quality

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses