Program Magang dan Studi Independen merupakan salah satu program dari Kementrian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
Dengan kuota yang dibuka sebanyak 4.000+ lowongan mitra dan total 45.000+ mahasiswa seluruh Indonesia peserta magang maupun studi Independen, Nurul Hidayah mahasiswa semester 6 Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya berkesempatan menjadi mahasiswa yang beruntung terpilih untuk berkontribusi menyukseskan program ini.
Bersaing dengan 2000+ pelamar pada bidang kehumasan posisi Junior Graphic Designer LLDIKTI Wilayah VII, Nurul menjadi salah satu peserta magang yang diterima dari total 2 kuota yang lolos pada posisi ini.
Bersama dengan keseluruhan 10 mahasiswa magang MSIB 6 bidang kehumasan dengan empat divisi berbeda yakni; Junior Public Relations Officer, Junior Creative Officer, Junior Videografer, dan Junior Graphic Designer, memulai magang sejak On Boarding serentak pada 16 Februari 2024 dan magang secara On Site di mitra LLDIKTI Wilayah VII pada 1 Maret 2024 hingga 30 Juni 2024.
Dalam magang MSIB 6 di mitra LLDIKTI Wilayah VII dengan nama “Magang Kinarya”, kegiatan utama dalam magang ini adalah fokus akan posisi yang telah dilamar pada divisi bidang nya masing-masing. Sejak awal masa pembekalan mahasiswa peserta Magang Kinarya mendapatkan pembekalan dari mentor mengenai Mitra dan juga mengenai bidang Kehumasan Pemerintahan.
Selain itu, setiap hari Jum’at terdapat pembelajaran kinarya yang berkolaborasi dengan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya sebagai narasumber. Dalam pembelajaran ini mahasiswa dan mentor dari mitra mendapatkan kesempatan untuk upgrading skill dalam optimalisasi kegiatan MSIB 6.
Posisi Junior Graphic Designer mengambil peran penting dalam media komunikasi Humas LLDIKTI Wilayah VII, sebab seluruh media publikasi dalam bentuk grafis memberikan kesempatan mahasiswa Magang Kinarya untuk terjun dalam mengeksekusi setiap project.
Adapun project yang telah Nurul Kerjakan selama program MSIB 6 di LLDIKTI Wilayah VII seperti mengolah konten grafis untuk media sosial Instagram, Facebook, X, TikTok hingga Youtube.
Kemudian, mengembangkan konten dengan lebih interaktif seperti inovasi peningkatan branding melalui optimalisasi visual konten, variasi penggunaan motion graphic dalam penyebaran informasi melalui media, dan turut serta dalam proses produksi majalah LLDIKTI Wilayah VII.
Nurul yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi semester 6 di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ini mengungkapkan jika ia sebelumnya tidak memiliki pengalaman yang terfokus khusus dalam bidang design.
Meskipun sempat mendapatkan mata kuliah Komunikasi Visual & Fotografi ia menegaskan hanya mempelajari bidang desain secara wajar tanpa adanya sertifikasi khusus diluar. Namun, saat adanya pengumuman seleksi mitra ia tidak menduga mendapatkan offering pada posisi tersebut.
Di samping itu, Nurul memang senang mempelajari desain grafis secara otodidak dan membuat beberapa portofolio dan project desain dalam komunitas yang ikuti di luar kampus.
Sebelumnya, ia memang memiliki keinginan kuat untuk mendapatkan kesempatan sebagai Graphic Designer. Tapi ia tidak pernah menduga akan mendapatkan kesempatan tersebut di Program MSIB 6 khususnya pada lembaga pemerintahan yakni LLDIKTI Wilayah VII.
Dengan serangkaian kegiatan magang tersebut ia sangat antusias untuk mempelajari banyak hal baru dan memaksimalkan kesempatan tersebut khususnya terkait desain. Nurul juga menyebutkan jika ia dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan terkait dunia desain grafis baik melalui mentor, pembelajaran otodidak untuk memenuhi target project yang sesuai, hingga dari rekan magang.
Adanya mahasiswa magang divisi Humas pada LLDIKTI Wilayah VII memberikan kontribusi dan perkembangan insight khususnya media sosial secara signifikan.
Terhitung sejak bulan pertama masa magang MSIB 6 dengan berbagai project yang ia handle secara pribadi dan tim dapat meningkatkan kualitas dan insight dari media sosial LLDIKTI. Adanya inovasi yang dilakukan oleh peserta Magang Kinarya ini juga turut meningkatkan branding mitra, meningkatkan ketertarikan audience, dan meraih goals baru dari segi media sosial.
Penulis: Nurul Hidayah
Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News