Bandung–Mahasiswa peminatan Marketing Communication dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Ilmu Sosial, Universitas Telkom sukses menggelar acara puncak Urban Village 2025 bertema “Reka Rasa” dengan tagline “Mengemas Rasa dengan Gaya” pada Selasa, 3 Juni 2025 di Gedung Manterawu, Lantai 1, Telkom University.
Urban Village merupakan program tahunan yang menjadi wadah implementasi dari mata kuliah seperti Brand Communication, Copywriting, dan Event Management. Acara ini bertujuan mengintegrasikan teori melalui praktik, serta mendorong mahasiswa untuk berinovasi melalui proyek nyata bersama pelaku UMKM di Kota Bandung.
Tahun ini, Urban Village berfokus pada aktivasi UMKM lokal di sektor Food & Beverage. Kegiatan Urban Village telah berlangsung sejak Februari hingga puncaknya pada 3 Juni 2025, melalui rangkaian aktivasi UMKM di media sosial, perancangan hingga pelaksanaan aktivasi UMKM melalui event.
Mahasiswa Ilmu Komunikasi menggandeng sejumlah UMKM Bandung untuk menjalani proses brand activation event, sekaligus menyusun strategi komunikasi pemasaran yang relevan di era digital. Salah satu UMKM yang mencuri perhatian adalah Cikopi Mang Eko, brand roastery lokal yang menjadi mitra mahasiswa dalam proyek ini.
Cikopi Mang Eko adalah distributor biji kopi dan coffee roastery yang berhasil tampil sebagai UMKM bertumbuh yang telah memperoleh prestasi hingga ekspor ke luar negeri. Kegiatan yang dilakukan melalui booth Cikopi Mang Eko, mereka menghadirkan pengalaman brand yang interaktif dan edukatif. Pengunjung disambut dengan dua jenis tester biji kopi yaitu arabika dan robusta yang dikonsepkan sebagai permainan edukasi karakteristik rasa dari dua jenis biji kopi tersebut.
Baca Juga: Kopi dari Jiwa: Menyeduh Inspirasi, Menumbuhkan Inovasi
Cikopi Mang Eko mengusung konsep historical yang membawa pengunjung untuk mengetahui asal kopi yang mereka minum, menampilkan aktivitas multisensori yang mengajak pengunjung menyusuri perjalanan biji kopi dari mulai dipetik hingga menjadi produk siap saji, hingga permainan interaktif untuk memperoleh pengalaman tak terlupakan.
Melalui tagline “bring your cup, choose your bean”, tim Cikopi Mang Eko ingin menyampaikan pesan bahwa semua kalangan bisa menikmati kopi dengan mengetahui jenis beans beserta karakteristiknya masing-masing. Oleh karena itu, booth Cikopi Mang Eko menyediakan dari mulai bahan mentah hingga olahan jadi beans, lengkap dengan kesempatan mencium aroma, merasakan tekstur, hingga pengalaman menyeduh kopi menggunakan metode V60 dengan alat profesional.
Baca Juga: Apakah Mengkonsumsi Kopi Berbahaya bagi Tubuh?
Aktivasi ini dirancang untuk memaksimalkan multisensory activity demi menciptakan pengalaman yang mendalam dan menyeluruh terhadap brand. Cikopi Mang Eko juga tampil di panggung utama melalui drama musikal yang menceritakan perjalanan pendirian brand oleh sang owner, Mang Eko.
Bentuk pementasan ini diharapkan dapat menyampaikan cerita secara kompleks dan menyentuh, sekaligus membangun kedekatan emosional dengan audiens. Melalui berbagai bentuk aktivitas tersebut, Cikopi Mang Eko dinilai sukses membangun brand awareness dan engagement yang kuat di kalangan pengunjung.
Terbukti Cikopi Mang Eko menjadi pemenang dalam kategori multisensory booth activity. Aktivasi ini juga menunjukkan pemahaman mahasiswa terhadap pentingnya pengalaman konsumen atau consumer experience dalam strategi komunikasi pemasaran.
Urban Village 2025 menjadi bukti bahwa proses pembelajaran di perguruan tinggi tidak hanya berlangsung di ruang kelas, tetapi juga melalui kolaborasi nyata yang berdampak langsung bagi pengembangan UMKM lokal.
Penulis: Tim Cikopi Mang Eko
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Telkom
Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru di Google News
seruuu, gara-gara ini aku baru tau biji kopi bisa dimakan langsung kaaya kacang wkwk