Manajemen Pelayanan Publik

Judul              : Manajemen Pelayanan Publik
Penulis           : Hayat, S.AP., M.Si.
Penerbit         : PT RajaGrafindo Persada, Jakarta
Cetakan         : I, 2017
Tebal              : xviii, 226 halaman, 21 cm
ISBN               : 978-602-425-080-5

Buku ini membahas tentang pelayanan publik yang merupakan pelayanan dasar dalam setiap pemerintahan yang berfungsi penting sebagai penilaian kinerja aparatur pemerintahan ataupun pemerintahannya sendiri. Dalam buku ini juga disebutkan bahwa tidak mudah untuk mengubah mindset, karakter, manajemen dan sistem yang ada dalam pengelolaan sumber daya aparaturnya, seperti: (1) Budaya kinerja dan pelayanan yang belum tertanam dengan baik; (2) Aparatur masih dipandang bukan profesi; (3) Pengaruh politik dan aspek nepotisme.

Pelayanan adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari proses penyelenggaraan pemerintah, karena kebutuhan masyarakat terhadap pemerintah itu administratif, dan masyarakatpun banyak aktif dan partisipatif dalam proses pemerintahan juga. Karena seperti tugas dari pelayanan publik sendiri adalah melayani seluruh aspek yang dibutuhkan oleh masyrakat yang pastinya harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Maka, dari itu suatu pemerintahan pasti ingin memiliki sumberdaya aparatur yang baik dalam memberikan pelayanan publik. Karena aparaturlah yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

Pelayanan publik yang berkualitas dapat dilakukan dengan memberikan sistem pelayanan yang mengutamakan kepentingan masyarakat terlebih dahulu. Faktor-faktor untuk mengoptimalkan pelayanan publik di antaranya adalah kepemimpinan, budaya organisasi, kelembagaan, tata kerja, standar pelayanan, pengelolaan pengaduan masyarakat, pengendalian dan evaluasi, sarana prasarana, dll.

Dalam kinerjanya sendiri harus bisa mempertanggung jawabkan atas proses perencanaan dalam mencapai tujuan. Baik dan buruknya juga tergantung pada pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Sumber daya manusia yang baik juga menetukan kinerja dalam pemerintahan yang baik. Untuk menciptakan sumber daya yang berkualitas bisa dilakukakn dengan merekrut pegawai dengan menyeleksi setiap orang yang akan dipilih demi meningkatkan kualitas pelayanan publik menjadi lebih baik.

Penulis juga menceritakan bagaimana proses reformasi birokrasi pelayanan publik untuk menciptakan good governance atau pemerintahan yang baik sebagai tujuan utamanya. Jadi, dalam buku ini banyak sekali hal yang bisa kita pelajari untuk berbenah diri ketika kelak kita menjadi aparatur negara yang melayani masyarakat dengan baik. Tidak hanya untuk pencitraan nama sendiri tapi untuk menjadikan diri jauh lebih baik lagi. Karena sumber daya manusia yang baik akan menciptakan kinerja yang baik pula.

Dalam buku ini bahasanya mudah untuk dipahami dan bisa dimengerti arti dari tiap babnya, namun bab yang dimiliki kurang lengkap, sehingga para pembaca bisa kesulitan dalam mengerjakan tugas yang menggunakan resensi buku ini.

Octivari Rosania Alfrida
(NPM : 21701091129)
Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI