Meningkatkan Efektivitas UMKM melalui Peran Inovasi Produk dan Pemanfaatan Digital Marketing

KKN Universitas Djuanda
Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 5 Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda-Bogor

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 5 Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda-Bogor merupakan salah satu bentuk pendidikan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Bertempat di Desa Megamendung UMKM Seblak Cemal-Cemil ini merupakan usaha di bidang kuliner khas Bandung yaitu seblak. Kegiatan usaha yang dilakukan pada awalnya berjalan secara face to face, dimana produk yang dijual hanya olahan seblak matang yang dipasarkan dilingkungan sekitar toko saja.

Kami kelompok 5, melangsungkan kegiatan ini dalam kurun waktu 1 bulan terhitung 22 Juli 2022 sampai 22 Agustus 2022. Beberapa program kerja yang disusun untuk UMKM dengan memfokuskan untuk membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya agar lebih maju. Program tersebut di antaranya  berupa produk inovasi seblak instan dan pemanfaatan media pemasaran secara digital/online, mengadakan pelatihan pada pelaku UMKM menyusun Laporan keuangan sederhana, membantu UMKM dalam membuat desain kemasan dan logo, agar produk nya mudah dikenali. 

Bacaan Lainnya

Pembuatan inovasi produk juga merupakan salah satu langkah yang harus ditempuh oleh pelaku usaha, tujuanya agar dapat bersaing dengan pelaku usaha lain yang semakin kreatif dan inovatif. Selain itu juga sebagai pemenuhan minat konsumen yang semakin beragam.

Adapun tujuan dari kegiatan ini, yaitu untuk membantu UMKM dalam bersaing di era modern, mengoptimalkan pangsa pasar dan memaksimalkan jaungkauan penyebaran produk agar dapat diperoleh oleh masyarakat dimanapun dengan kemasan yang praktis.

Penyusunan laporan keuangan sederhana juga menjadi faktor penting dalam menjalankan usaha, dengan begitu program pelatihan ini diharapkan dapat membantu Pelaku usaha untuk memperhitungkan dan memastikan biaya yang diperlukan,dan keuntungan yang didapatkan. Agar meminimalisir terjadinya kerugian dimasa mendatang.

Program pelatihan dalam memanajemen penggunaan media digital seperti market place dan media sosial juga kami lakukan, karena hal tersebut dianggap sangat penting, dan menjadi faktor pendukung dalam membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya agar mampu bersaing diera 5.0 seperti saat ini.

Laporan oleh:
Ketua Kelompok : Tuti Fauziah
Anggota : Siti Nurwita, Chika Rasyifa, Hari Irawan, Agung Rizki Awaludin, Ely Rahmawati, Riyan Abdurrozaq, Eca Intan Mahliza, Kartika

Editor: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0811-2564-888
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.