Meningkatkan Omzet Bisnis UMKM Dengan Go Digital

pict from Canva Studio

Seiring perkembangan zaman, peluang bisnis dan UMKM semakin maju pesat. Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat baik khususnya di bidang usaha mikro kecil dan menengah. Banyak pebisnis berlomba–lomba untuk memajukan usahanya dan meningkatkan omzet bisnis, salah satunya adalah dengan go digital.

Di era industri 4.0, teknologi seolah menjadi hal penting dan bisa diaplikasikan untuk berbagai bidang tak terkecuali bisnis. Secara umum, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang produktif untuk meningkatkan taraf hidup para pelaku usahanya.

Perkembangan zaman ini juga mendorong pertumbuhan UMKM yang sebelumnya mengandalkan penjualan konvensional, saat ini telah menggunakan teknik digital marketing baik skala besar maupun kecil. Lalu seperti apa cara dan aplikasi dari go digital ini? Akan kita kupas tuntas dalam pembahasan.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Digital Marketing Menurut Para Ahli dan Manfaatnya bagi Pelaku Bisnis

Peran Penting Digital Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Produk UMKM

Digital marketing adalah teknik penjualan barang dan jasa menggunakan teknologi internet baik berbasis web maupun ecommerce. Teknik ini diklaim efektif dan efisien dalam mempromosikan produk sehingga bisa terkonversi menjadi pembelian.

Teknik pemasaran dengan jaringan internet ini bukan hanya digunakan oleh maufaktur berskala besar saja, namun juga sudah banyak digunakan oleh pelaku UMKM. Penggunaan digital marketing unutk kebutuhan pemasaran produk UMKM terbukti efektif dan mampu menjangkau ke seluruh tanah air.

Jangkauan yang sangat luas ini juga didukung dengan adanya jasa kurir yang semakin lama semakin bertumbuh bahkan memberikan layanan pengantaran barang hingga ke pelosok dan perkampungan. Beberapa manfaat go digital untuk pemasaran produk dan jasa UMKM ini antara lain sebagai berikut.

1. Menghemat biaya promosi

Dengan memanfaatkan digital marketing sebagai teknik promosi, akan menghemat biaya promosi konvensional seperti brosur, spanduk, selebaran, iklan di TV, dan lain sebagainya. Promosi dengan go digital juga lebih mudah, hanya membutuhkan koneksi internet, laptop, maupun smartphone Anda.

Salah satu  iklan digital yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis UMKM adalah beriklan di media sosial. Mengapa demikian? Karena media sosial memiliki pengguna yang sangat banyak di Indonesia, mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Penggunaan iklan sosial media tentunya akan lebih banyak dilihat orang lain dan kemungkinan besar terkonversi menjadi transaksi akan lebih besar. Dengan biaya yang murah namun untung banyak, Anda bisa mencoba cara go digital ini.

Baca Juga: Digital Marketing sebagai Upaya Menarik Konsumen Saat Lockdown di Era Pandemi Covid-19, Bagaimana Caranya?

2. Meningkatkan omzet lebih tinggi

Go digital digencarkan oleh pemerintah kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah untuk bisa mendongkrak omzet bisnis mereka. Perkembangan teknologi yang semakin maju ini tentunya harus bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis yang lebih optimal.

Salah satu keuntungan dari go digital adalah bisa meningkatkan omzet lebih tinggi dari biasanya. Orang akan lebih mengenal produk yang Anda pasarkan. Setelah mengenal dan mengetahui berbagai keunggulan yang Anda tawarkan, pastinya akan lebih banyak orang tertarik dan membeli sehingga omzet bisnis Anda semakin tinggi.

3. Pemasaran produk menjadi sangat mudah

Dengan go digital, teknik pemasaran produk akan menjadi sangat mudah. Cukup dengan gadget, maka Anda akan bisa mengontrol semuanya mulai dari jenis produk, harga, hingga stok barang yang Anda miliki.

Kemudahan inilah yang banyak dirasakan oleh pengusaha dalam memasarkan produk secara online karena tidak perlu repot mengurus periklanan secara manual.

4. Bisnis menjadi lebih kompetitif

Kompetitif dalam hal ini adalah Anda bisa memantau secara langsung perkembangan bisnis yang Anda jalankan dari segi penjualan. Anda bisa memastikan semuanya berjalan lancar dan mengikuti perkembangan zaman untuk tahu tren apa yang sedang terjadi pada saat ini.

Hal ini tentu akan memberikan dampak positif untuk bisnis UMKM Anda dengan penyesuaian terhadap perkembangan dalam bidang produk tersebut, seperti jenis produk yang sedang tren dan diminati oleh masyarakat.

Baca Juga: Mahasiswa UMM Ikut Andil Kembangkan UMKM Usaha Keripik Singkong dengan Digital Marketing

5. Cara pemasaran yang variatif

Selain menjangkau lebih banyak market, pemasaran dengan teknik digital marketing ini juga menawarkan variasi yang banyak dan modern serta banyak diminati oleh masyarakat khususnya kaum milenial.

Di era modern ini, teknik marketing yang paling diminati adalah sosial media dan website. Dengan merabah ke teknik ini, dipastikan omzet penjualan produk Anda akan semakin tinggi karena produk lebih banyak dikenal.

6. Mempercepat transaksi

Transaksi yang kerap terjadi untuk bisnis yang go digital umumnya lebih cepat dan bisa terukur. Hal ini tentu disukai oleh pebisnis UMKM karena akan mendapatkan profit secara cepat dan bisa diukur.

Teknik digital marketing ini adalah pemasaran dengan cara online, sehingga apabila calon pembeli merasa tertarik maka hanya tinggal klik saja untuk melakukan pembelian. Inilah yang menyebabkan transaksi pada digital marketing berlangsung cepat.

7. Bisa menjalin hubungan baik dengan konsumen

Melakukan pemasaran dengan digital marketing akan memberikan jalinan hubungan yang baik antara penjual dan pembeli. Pembeli bisa melakukan repeat order dengan teknik yang sama pada saat pembelian pertama.

Penjual dan pembeli bisa melakukan komunikasi online melalui fitur chat room yang juga telah dikembangkan oleh kebanyak marketplace. Beberapa keuntungan go digital di atas tentunya bisa menjadi acuan Anda sebagai pebisnis UMKM untuk mendapatkan omzet yang lebih tinggi daripada penjualan produk secara konvensional.

Baca Juga: Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri Sosialisasi Digital Marketing & Pemanfaatan E-Commerce di Desa Silado

Jenis–Jenis Digital Marketing yang Efektif untuk Produk UMKM

Penggunaan strategi digital marketing untuk promosi produk UMKM sudah umum di Indonesia. Ada beberapa jenis yang populer dan efektif digunakan, antara lain sebagai berikut

1. Sosial Media Marketing

Sosial media adalah salah satu platform yang populer di Indonesia seperti Facebook dan Instagram. Penggunaan sosial media untuk kebutuhan pemasaran online sangat mudah untuk dilakukan.
Anda bisa menggunakan akun gratis dengan membuat fanpage. Namun ada juga yang berbayar agar lebih efektif yaitu social media ads.

2. Content Marketing

Content marketing ini bisa berupa website ataupun blog. Untuk membuatnya Anda bisa menggunakan versi gratisan menggunakan Blogspot maupun WordPress. Namun apabila ingin website yang labih professional, bisa menggunakan jasa hosting sehingga Anda hanya tinggal mengisi produknya saja

3. Search Engine Marketing (SEM)

Penggunaan digital marketing SEM ini harus memiliki website terlebih dahulu baik domain gratisan maupun domain berbayar. Penggunaan SEM akan memunculkan halaman produk Anda di halaman pertama dan paling atas di pencarian google dengan kata kunci tertentu yang sudah ditargetkan

4. Teknik afiliasi atau dropship

Teknik digital marketing yang satu ini mengandalkan pihak ketiga untuk memasarkan produk Anda. Dropshiper akan membantu penjualan produk Anda secara masih dengan digital marketing dengan bekal kemampuan dalam optimasi klan produk di dunia digital.

Beberapa jenis digital marketing tersebut tentu efektif digunakan untuk meningkatkan penjualan produk UMKM, baik skala besar maupun kecil.

Memanfaatkan digital marketing untuk mendongkrak penjualan merupakan hal yang tepat, efektif, dan efisien. Dengan teknik yang benar, tidak menutup kemungkinan bahwa transaksi Anda akan semakin tinggi dengan banyaknya permintaan yang masuk.

Peran digital marketing untuk produk UMKM juga sudah umum di Indonesia bahkan untuk produk kecil yang baru dikembangkan. Go digital akan membuat bisnis Anda semakin maju pesat dengan omzet yang tinggi.

Penulis: Candra Fajar Pangestu
Mahasiswa D3 Manajemen Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta

Editor: Ika Ayuni Lestari

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0811-2564-888
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.