Ruteng – Mahasiswa program studi Manajemen (Pemasaran) Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta telah melaksanakan program magang pada PT PLN UP3 (Persero) Ruteng yang berlokasi di Jl. Mbaumuku, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur selama 1,5 bulan mulai dari tanggal 20 Januari sampai dengan 07 Maret 2025.
Sudah melaksanakan program magang yang dimana banyak sekali pengalaman yang penulis dapatkan dari PT.PLN UP3 (persero) Ruteng yang berlokasi di Jl. Mbaumuku ,kec Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. 86511 dari tanggal 20 Januari sampai dengan 07 Maret 2025.
Tujuan dilaksanakan program magang adalah untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman bagaimana cara pegawai dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan memberikan pelayanan data yang berkualitas kepada pelanggan baru.
Dalam pelaksanaan program magang, peserta magang menemukan permasalahan sering pada proses mengisi data pelanggan yang masih menggunakan manual. Hal tersebut membuat lambat dalam proses pekerjaan.
Selain itu peserta magang mengamati terbatasnya informasi terkait diskon dan aktivitas promosi pada social media platfrom seperti berupa informasi diskon untuk membeli pulsa listrik dan mengenai aplikasi PLN Mobile.
Adapun solusi yang dapat peserta program magang sarankan kepada PT. PLN UP3 (Persero) Ruteng di antaranya: 1) Pihak PT. PLN UP3 (Persero) Ruteng menyediakan lebih banyak komputer agar proses kerja dapat berjalan dengan efisien; 2) Memperbanyak sosialisasi kepada masyarakat dengan menggunakan platfrom media sosial, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram dan juga aplikasi PLN Mobile agar pelanggan mengetahui informasi tentang pentingnya menghemat listrik dan menghindari padam sewaktu-waktu; 3) Untuk menghindari padam sewaktu-waktu jika listrik habis, sebaiknya PT. PLN UP3 (Persero) Ruteng memeriksa sistem listrik secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan atau kebocoran agar bisa terhindar dari padamnya listrik serta dapat menggantikan mesin yang lama dengan yang lebih canggih.
“Program magang ini memberikan saya pengalaman yang sangat berharga dan pemahaman mendalam tentang bagaimana cara melayani pelanggan serta menangani pelanggan dalam masalah menggunakan aplikasi PLN Mobile. Banyak pelanggan yang belum tahu cara menggunakannya,” ujar Arni Ngole, salah satu peserta program magang di PT. PLN UP3 (Persero) Ruteng.
PLN UP3 (Persero) Ruteng menyambut dengan baik kehadiran mahasiswa untuk melaksanakan program magang. “Kami percaya bahwa program magang ini bermanfaat untuk kedua pihak, baik untuk mahasiswa yang mendapatkan pengalaman dalam bekerja maupun untuk kami yang mendapatkan energi dan ide baru dari para peserta magang,” imbuh salah mentor yang ada pada PT. PLN (Persero) Ruteng.
Program magang ini merupakan bagian dari komitmen UST Yogyakarta dalam membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan teori yang telah dipelajari selama duduk di bangku perkuliahan agar dapat beradaptasi dengan dunia kerja.
Selain itu, UST Yogyakarta berharap bahwa para mahasiswa yang mengikuti program magang dapat meningkatkan soft skills yang ada di dalam diri individu dan siap menjadi lulusan yang berkualitas, siap bersaing, dan berkontribusi dalam membangun bangsa.
Penulis: Maria Ngole (2022008183)
Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Dosen Pembimbing: Nurul Myristica Indraswari, S.M.B., M.SC.
Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru di Google News