Penerapan Strategi Pemasaran Penjualan Siswa SMPN 41 Surabaya dengan Produk Sirup Jahe melalui Pelatihan Editing

Penerapan Strategi Pemasaran Penjualan Siswa SMPN 41 Surabaya dengan Produk Sirup Jahe melalui Pelatihan Editing
Foto bersama setelah praktek pelatihan penjualan sirup jahe

Surabaya – Di era digital yang berkembang pesat ini, pemasaran produk melalui media sosial dan konten digital menjadi semakin penting. Untuk meningkatkan penjualan sirup jahe, SMPN 41 Surabaya telah menerapkan strategi pemasaran inovatif dengan melibatkan pelatihan editing bagi siswa. (30/5/2024)

Sirup jahe telah dikenal luas karena manfaatnya yang beragam, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan popularitasnya yang terus meningkat, SMPN 41 Surabaya melihat peluang untuk memasarkan produk ini kepada masyarakat dengan pendekatan yang kreatif.

Pada kegiatan penjualan sirup jahe, siswa SMPN 41 Surabaya memiliki Program kegiatan P5 (Pengembangan Pribadi dan Pengetahuan) yang harus diikuti oleh seluruh siswa.

Dalam Program tersebut siswa dapat meningkatkan keterampilan dalam memasarkan produk lokal yang bisa dijual dalam bentuk platfrom maupun secara langsung agar produk tersebut dapat dikenal di kalangan yang lebih luas.

Bacaan Lainnya

Mahasiswa MBKM (Program Merdeka Belajar Kampus) juga memberikan ilmu baru tentang pelatihan memasarkan produk dengan baik dengan berbagai skill dari mahasiswa MBKM, tujuan utama dari pelatihan tersebut adalah untuk membekali siswa dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan persuasi untuk mempromosikan produk kepada orang lain serta meningkatkan penjualan pada produk sirup jahe.

Penerapan Strategi Pemasaran Penjualan Siswa SMPN 41 Surabaya dengan Produk Sirup Jahe melalui Pelatihan Editing 1
Pembekalan materi editing untuk memasarkan penjualan sirup jahe

Pelatihan Editing merupakan bagian penting dalam melakukan penjualan, Namun sering kali banyak yang menghiraukan bagian tersebut karena editing sendiri memiliki banyak poin dalam pemasaran.

Melalui editing, pesan pemasaran tentang manfaat kesehatan, keunikan produk, dan nilai tambah sirup jahe dapat disampaikan secara jelas dan menarik kepada konsumen potensial.

Baca Juga: Tantangan Ekonomi bagi Generasi Z: Mencari Pekerjaan di Era Digital

Dengan adanya pelatihan editing diharapkan siswa dapat memahami pentingnya branding dalam semua materi promosi, termasuk logo, warna, brosur dan gaya bahasa, serta konten yang memperkuat identitas merek dan membangun kesan positif di benak konsumen.

Siswa SMPN 41 Surabaya yang bertempat pada Jl. Gembong Sekolahan No.5, Kapasan, Kec. Simokerto, Surabaya, Jawa Timur memperlihatkan semangat luar biasa dalam mengikuti pelatihan Editing dan sesi memasarkan produk sirup jahe bzuatan mereka sendir di kalangan luar.

Pelatihan ini berhasil menciptakan atmosfer kolaboratif dan pengembangan keterampilan dalam memasarkan sirup jahe. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 yang terdiri dari berbagai karakter dan kreativitas pada siswa. Seluruh mahasiswa MBKM dari SMPN 41 Surabaya dari Program Studi Ilmu Komunikasi menjadi pemateri dan pendamping dalam pelatihan tersebut.

Penerapan Strategi Pemasaran Penjualan Siswa SMPN 41 Surabaya dengan Produk Sirup Jahe melalui Pelatihan Editing 2
Penerapan cara berkomunikasi kepada konsumen agar tertarik pada produk

Pelaksanaan pelatihan dijalankan bulan Mei selama 2 minggu, Untuk pelaksaan program P5 ini dilaksanakan setiap hari sampai kamis. Sebelum program ini berjalan, tim MBKM Untag Surabaya tlah berkoordinasi dengan penanggung jawab P5 agar program berjalan dengan lancar sampai selesai.

Baca Juga: Pengembangan Potensi UMKM RW 02 Sidotopo Menuju Kampung Zero Waste bersama Program MBKM Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Penerapan strategi pemasaran melalui pelatihan editing telah membawa dampak positif bagi penjualan sirup jahe dari SMPN 41 Surabaya. Langkah-langkah ini tidak hanya meningkatkan kesadaran akan produk, tetapi juga memberdayakan siswa dengan keterampilan yang relevan di era digital ini.

Dengan terus mengembangkan dan menyesuaikan strategi pemasaran, SMPN 41 Surabaya dapat terus memperluas pangsa pasar dan memberikan manfaat bagi siswa serta masyarakat secara keseluruhan.

 

Penulis: Lailatul Al Faizah
Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

 

Editor: I. Khairunnisa

Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses