Segudang Manfaat dari Tanaman Jahe

Sering mengalami masalah pencernaan dikarenakan telat makan atau faktor yang lain? Kenali obatnya. Perut tiba-tiba sakit membuat aktivitas kita terganggu dan tidak suka dengan obat-obatan berbahan kimia maka jahe bisa jadi alternatif untuk mengatasi masalah pencernaan. Jahe sangat terkenal di berbagai negara di Asia tepatnya di China, India, sampai timur tengah. Jahe sudah dijadikan obat sejak ratusan tahun yang lalu, di China jahe sudah digunakan sebagai bahan baku obat oleh seorang tabib yang hidup pada zaman Kaisar Shen Nong hidup pada tahun 2000 sebelum masehi.

Jahe yang segar memiliki kandungan gingerol yang bagus untuk kesehatan, selain gingerol ada juga kandungan lain yang terdapat pada jahe seperti phenolic yang berfungsi meredakan gejala iritasi gastrointestinal gejala seperti muntah atau diare yang disebabkan infeksi atau peradangan pada dinding pencernaan, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut yang efeknya sakit pada perut, dan membantu pergerakan makanan. Jahe juga dapat membantu mengeluarkan gas berlebih pada pencernaan anda, seperti masalah kolik dan dispepsia dapat diatasi dengan jahe.

Jahe juga dapat mengurangi mual yang disbebakan oleh morning sickness, mual pada ibu hamil, vertigo, maupun mengurangi efek samping dari pengobatan kanker. Pilih lah jahe yang masih segar, strukturnya kokoh, halus dan tidak berjamur, dapat diolah menjadi minuman disarankan pakai air hangat, bisa juga dimakan secara mentah atau mencampur jahe dengan tanaman herbal lainnya seperti kayu manis, kunir, dll.

Taufiq Syah Putra
Universitas PGRI Madiun

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI