Kulit Buah Naga Ampuh Atasi Kolesterol dan Diabetes

kulit buah naga
Foto: erakini.com

Oleh: Dita Humaira
Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat

Sebagai negara agraris, Indonesia menyimpan berbagai jenis tanaman yang dapat digunakan dalam bidang kesehatan. Potensi ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah maupun mengobati berbagai penyakit, baik dari penyakit yang ringan sampai dengan mematikan. Salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk pengobatan adalah tanaman buah naga.

Tanaman buah naga dengan nama ilmiah Hylocereus sp. adalah salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan di daerah tropis seperti Indonesia. Tanaman ini termasuk jenis kaktus dari famili Cactaceae dan subfamili Hylocereanea yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah naga terdiri dari beberapa jenis, diantaranya adalah Hylocereus undatus yang berdaging putih berkulit merah, Hylocereus megalanthus yang berdaging putih berkulit kuning dan Hylocereus costaricensis yang berdaging merah berkulit merah.

Buah naga menyimpan segudang manfaat, selain dari daging buahnya, manfaat tersebut juga dapat kita temukan pada kulit buah naga. Kandungan yang terdapat dalam kulit buah naga adalah vitamin C, vitamin E, vitamin B3, antioksidan, serat, flavonoid, fenol dan antosianin. Adapun beberapa manfaat dari kulit buah naga tersebut antara lain dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, kanker, tumor dan mengurangi risiko diabetes serta kadar kolesterol tinggi.

Penyakit kolesterol dan diabetes merupakan penyakit yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia. Tingginya kadar gula dalam darah penderita diabetes dapat memicu naiknya kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Untuk mencegah dan mengobati penyakit tersebut, kita dapat mengkonsumsi air seduhan dari kulit buah naga. Lalu bagaimanakah prosesnya?

Dari penelitian yang berjudul “Efek Pemberian Seduhan Kulit Buah Naga Merah (Hylocererus Polyhizus) Terhadap Kadar Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) Tikus Sprague Dawley Dislipidemia”, disebutkan bahwa kulit buah naga merah mengandung flavonoid yang berpotensi menurunkan kadar kolesterol LDL darah. Pada penelitian lain juga menyebutkan bahwa jenis flavonoid yang terkandung dalam buah naga merah adalah antosianin yang dapat berfungsi menurunkan kadar kolesterol dengan menghambat cholestryl ester transfer protein (CETP) dan menghambat enzim HMG-CoA reduktase.

Selain itu, menurut penelitian Devi E.R air seduhan dari kulit buah naga diketahui dapat menurunkan kadar glukosa darah. Hal ini dikarenakan antosianin yang dikandung kulit buah naga dapat mencegah resistensi insulin. Bahkan kandungan antosianin dari kulit buah naga ini sudah banyak digunakan di Tiongkok sebagai pengobatan tradisional untuk penderita diabetes.

Cara pembuatan air seduhan kulit buah naga ini juga sangatlah mudah, kita dapat membuatnya dengan cara mengiris kecil-kecil kulit buah naga dan menjemurnya sampai benar-benar kering. Setelah kering, irisan kulit buah naga dapat diseduh menggunakan air panas dan diminum dua kali sehari pada siang dan malam hari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita dapat mengkonsumsinya secara rutin dan teratur.

Itulah beberapa manfaat dari kulit buah naga yang belum banyak diketahui. Dari berbagai manfaat yang terkandung di dalam kulit buah naga ini tentu saja kita dapat menggunakannya sebagai pengobatan alternatif maupun mencegah berbagai masalah kesehatan lainnya. Selain mudah didapatkan, pemanfaatan kulit buah naga ini juga dapat mengurangi limbah sampah organik yang kita hasilkan. Hal ini tentu sangat baik dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

Sumber Referensi

https://www.indozone.id/health/lNsM9n/manfaat-kulit-buah-naga/read-all
https://tirto.id/manfaat-kulit-buah-naga-turunkan-kolesterol-hingga-cerahkan-kulit-en7d
http://eprints.undip.ac.id/52178/1/850_Lusi_Irmayanti.pdf
https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/916
https://media.neliti.com/media/publications/95978-ID-efek-pemberian-seduhan-kulit-buah-naga-m.pdf

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI