Sebagai upaya dalam membangun serta mengembangkan UMKM yang dikembangkan oleh pemerintah sehingga mahasiswa serta mahasiswi dari Universitas International Batam (UIB) menjadi salah satu yang melakukan penelitian dan pendampingan untuk mendukung UMKM di bidang kuliner yaitu Sister Loubak dengan menggunakan analisa The Flower of Service.
Dengan adanya penerapan analisis Flower of Service ini penulis memiliki tujuan untuk meningkatkan kulitas dan pelayanan Sister Loubak agar semakin maksimal dan dikenal oleh banyak orang.
Baca Juga: Analisa dan Implementasi the Flower of Service pada UMKM Laundry
Flower of Service
Flower of service adalah konsep yang dapat membantu para pengusaha dalam memahami produk yang akan ditawarkan kepada pelanggan dengan lebih baik. Flower of service mempunyai dua komponen yaiu produk inti (Facilitating Services) dan layanan pelengkap (Enhancing Services).
Produk inti
 Produk inti yang merupakan fasilitas layanan (Facilitating Services) didasarkan pada manfaat utama yang diberikan perusahaan untuk menanggapi masalah dan kebutuhan konsumen. Fasilitas layanan dibagi menjadi empat bagian, yaitu:
- Informasi (Information): Pelanggan selalu butuh akan informasi. Pengusaha wajib memastikan bahwa infomasi yang disediakan harus benar, akurat, dan tepat. Informasi yang disediakan oleh pengusaha dapat mencakup tentang waktu operasional, harga jual suatu produk, serta tempat lokasi usaha.
- Rumah Makan Loubak belum mempunyai informasi yang lengkap seperti letak tempat, harga, dan waktu operasionalnya sehingga pelanggan kesusahan untuk mencari informasi tersebut.Â
- Pengambilan pesanan (order taking): pengambilan pesanan terdiri dari pendaftaran, pesanan masuk (bisa melalui manual atau via telepon), dan reservasi.
- Rumah Makan Loubak mengambil pesanan bisa melalui via telepon, reservasi, manual, serta dari aplikasi makanan online.
- Penagihan (Billing): Tagihan harus akurat dan tepat waktu karna akan menimbulkan risiko yang besar jika tagihan tidak akurat dan tepat waktu. Penagihan bisa dilakukan dengan metode tagihan melalui mesin, tagihan langsung, dan self-billing.
- Rumah Makan Loubak menagih tagihan dengan cara tagihan langsung dan sistem nota.
- Masukan: Rumah Makan Loubak bisa menambahkan sistem tagihan melalui email pembeli jadi bill yang diterima pembeli berupa file yang berada di email.
- Pembayaran (payment): pembayaran produk bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti membayar dengan uang tunai, Qris, dan E-wallet (OVO, Dana, Gopay, Shoppepay).
- Rumah Makan Loubak menerima pembayaran melalui uang tunai dan Gopay.
- Masukan: Rumah Makan Loubak bisa menambahkan sistem pembayaran Qris agar semua platform E-wallet bisa membayarnya.
Layanan Pelengkap (Enhancing Services)
Layanan pelengkap ini merupakan layanan tambahan untuk mendorong fasilitas layanan agar suatu produk dapat dibedakan dengan produk kompetitor, layanan pelengkap (Enhancing Services) memiliki empat layanan yang terdiri dari:
- Konsultasi (consultation): Memberikan saran untuk pertanyaan pelanggan dan saran tersebut sesuai dengan kondisi masing-masing pelanggan.
- Rumah Makan Loubak merekomendasikan makanan yang paling disukai pembeli kepada pembeli baru.
- keramahan (Hospitality): memperlakukan setiap konsumen dengan baik dengan cara melayani dengan senyumam, sapa, serta kesopanan, bisa juga dengan cara menyediakan welcome drink, kursi menunggu yang nyaman, handuk hangat, dan sebagainya.
- Rumah Makan loubak melayani pelanggan dengan baik, mereka selalu menyapa serta senyum dan sangat sopan kepada pelanggan.
- Masukan: Rumah Makan Loubak dapat menambahkan kursi untuk pelanggan menunggu makanan yang dibawa pulang.
- Keamanan (Safekeeping): Memberikan rasa aman kepada pelanggan saat ingin menjualkan produk atau jasa, seperti menyediakan loker untuk menyimpan tas, mempunyai CCTV untuk mengawasi tindakan kejahatan, dan security untuk membantu menjaga di sekitar tempat layanan jasa atau penjualan produk.
- Rumah Makan Loubak memiliki sistem keamanan yang baik, karena memiliki CCTV, dan satpam di sekitar Rumah Makan.
- Pengecualian (Exceptions): layanan yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak direncanakan seperti keluhan konsumen atau kompensasi atas layanan yang tidak baik. Penjual harus bisa menemukan solusi dengan cepat dan tepat untuk mengatasi permasalahan yang ada.
Mengembangkan Flower Of Services di Rumah Makan Loubak
- Membuat Instagram untuk Rumah Makan Loubak sebagai media pemasaran agar diketahui banyak orang, di dalam Instagram tersebut terdapat berbagai macam informasi seperti letak lokasi Rumah Makan Loubak berada, daftar menu dan harga, serta waktu operasional Rumah Makan Loubak.
- Membuat Menu online yang ada di Instagram agar memudahkan pelanggan untuk melihat menu yang berada di Rumah Makan Loubak.
Baca Juga: Penerapan Media Sosial, Webprofil, dan Google Maps pada UMKM
Demikian tulisan ini dibuat, semoga saran dan masukan dari penulis dapat membantu untuk mengembangkan Rumah Makan Loubak menjadi lebih baik dalam melakukan pelayanan terhadap pelanggan.
Penulis:Â
1. Fadhillah Insani
2. Vanesha Brecilia
3. Risky Widiyanti
4. Ferawati
5. Agustina
Mahasiswa Manajemen Universitas Internasional Batam
Editor: Ika Ayuni Lestari    Â
Bahasa: Rahmat Al Kafi