Pengembangan Materi Pembelajaran Tematik, Berikut Motivasi dan Manfaatnya

pembelajaran tematik
Ilustrasi pembelajaran tematik. (Gambar: Istochphoto.com)

Motivasi belajar merupakan dorongan atau daya penggerak yang ada di dalam diri peserta didik baik disadari maupun tidak disadari untuk melakukan aktivitas atau serangkaian kegiatan belajar guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dalam proses pembelajaran, peserta didik sangat membutuhkan motivasi baik itu dari guru, orang tua, maupun teman sebaya.

Adapun manfaat motivasi dalam pembelajaran bagi peserta didik yaitu: untuk membangun semangat peserta didik dalam proses pembelajaran, menumbuhkan semangat dan optimistis dari tiap siswa untuk bisa berprestasi, serta menumbuhkan semangat pantang menyerah pada diri tiap siswa.

Bacaan Lainnya

Motivasi dalam belajar dapat menentukan baik atau tidaknya dalam mencapai tujuan, sehingga semakin besar motivasi maka semakin besar kesuksesan dalam belajar, dan berdampak pada meningkatnya prestasi belajar peserta didik.

Baca juga: Keterlaksanaan Pembelajaran Tematik di SD, Apakah Berjalan dengan Lancar?

Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa digolongkan menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal seperti kecerdasan, faktor jasmaniah, faktor fisiologis, sikap, minat dan bakat. Selanjutnya, faktor eksternal yang dapat mempengaruhinya adalah keadaaan keluarga, keadaan sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Akibat yang terjadi apabila kurangnya motivasi pada peserta didik dalalm mengikuti pembelajaran yaitu: peserta didik tampak kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran, peserta didik tampak kurang aktif dalam mengerjakan tugas dan melaksanakan perintah yang guru berikan saat kegiatan pembelajaran, peserta didik masih pasif dalam menyampaikan pendapat, kurang percaya diri dalam mempresentasi hasil diskusi di depan kelas, dan ada peserta didik yang bermain sendiri, serta ada juga peserta didik yang melamun sehingga tidak memperhatikan pelajaran.

Untuk mendorong motivasi agar lebih aktif dalam meningkatkan prestasi belajar: Ketika siswa merasa termotivasi, mereka cenderung bekerja keras, berusaha, dan tidak mudah menyerah.

Motivasi yang tinggi dapat mendorong mereka untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik. Dengan pengembangan materi pembelajaran tematik yang memotivasi, siswa akan memiliki motivasi intrinsik yang kuat, yaitu motivasi yang berasal dari dalam diri mereka sendiri.

Dalam proses pembelajaran, maka memotivasi peserta didik itu sangat penting dilakukan oleh guru dalam pembelajaran di kelas.

Penulis: KELOMPOK 6

  1. ADILA
  2. ELISA FERLINA NDRUU
  3. FITRA KHOYRUNISA
  4. Hudia ramadani
  5. Zulvia ayunda

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Islam Riau

Dosen Pengampu: Dea Mustika, S.Pd, M.Pd

Editor: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI