Pentingnya Bisnis Online dalam Peningkatan Perekonomian

Bisnis Online
Ilustrasi Bisnis Online (Sumber: Media Sosial dari freepik.com)

Bisnis online mulai berkembang pada tahun 1990, yang dipelopori karena adanya perusahaan yang membeli barang-barang melalui computer dalam bentuk CompuServe.

Menurut data Statistik Market Insights, pada tahun 2022 jumlah pemakai lokapasar daring di Indonesia mencapai 178,94 juta orang.

Jumlah tersebut meningkat sebesar 12,79% jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya sebesar 158,65 juta orang yang menggunakan loka pasar daring.

Bacaan Lainnya

Pengguna e-commerce di Indonesia pada tahun 2023 mencapai 196,47 juta pengguna, setelah mengalami peningkatan selama sembilan tahun berturut-turut, diperkirakan akan mencapai titik puncak pada tahun 2027 dengan 244,67 juta pengguna.

Di Indonesia awal mula bisnis online dari munculnya IndoNet, pada waktu itu IndoNet muncul sebagai Internet Service Provider (ISP) pertama di Indonesia.

Kemunculan IndoNet tersebut digunakan sebagai awal dari pemanfaatan teknologi dalam bidang-bidang tertentu, terutama pada bisnis online yang banyak memanfaatkan teknologi saat ini.

Pada tahun 19965 muncul Dyviacom Intrabumi yang bergerak dalam bidang ritel dan telekomunikasi, hal tersebut menjadi kabar baik terutama bagi konsumen, karena dengan adanya internet proses transaksi jual beli menjadi lebih mudah.

Tahun 2010-2011 menjadi awal munculnya e-commerce di Indonesia, salah satunya adalah Go-Jek yang awal mulanya hanya untuk menjemput serta mengantar para pelanggan, namun sekarang fitur Gojek bertambah dari memesan makanan hingga membayar tagihan listrik dan telepon.

Go-Jek menjadi startup dengan level Unicorn karena valuasinya lebih dari 1 miliar, Go-Jek selalu memberikan inovasi di setiap pelayanannya agar pelanggan selalu merasa puas.

Hal baru yang selalu dilakukan oleh Go-Jek menjadi ide kepada e-commerce lainnya. Setelah adanya Gojek tersebut juga diikuti oleh e-commerce lainnya seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee serta e-commerce lainnya.

Bisnis online memiliki peran yang sangat penting untuk perekonomian di Indonesia. Dalam bidang perekonomian, bisnis online mengubah cara berpikir masyarakat yang masih tradisional tentang bagaimana menaikkan perekonomian.

Karena negara Indonesia termasuk dalam negara berkembang maka dari itu sektor perekonomian berlomba untuk mendapat keuntungan.

Bisnis online dapat meningkatkan aksesibilitas, kita bisa mendapatkan produk dari perusahaan dalam maupun luar negeri dengan kemudahan waktu serta biaya.

Dalam segi waktu kita tidak harus datang ke tokonya langsung, karena dengan adanya bisnis online tersebut kita dapat memesan dengan mudah, dalam segi biaya kita tidak membutuhkan banyak biaya diluar harga barang.

Adanya platform e-commerce juga bisa menjadi peluang yang jauh lebih besar dalam meningkatkan keuntungan dari perusahaan tersebut.

Kemajuan teknologi digital membuat bisnis menjadi lebih efisien dan dapat mengurangi biaya operasional serta meningkatkan keuntungan.

Dalam bisnis online mendorong kita untuk selalu berinovasi dalam segala aspek baik dari produk, cara pemasaran ataupun pelayanan.

Dalam dunia bisnis, semakin banyak orang mengetahui tentang bisnismu, maka semakin cepat bisnis mendapatkan keuntungan, karena banyaknya orang yang berminat dari produk yang dijual maka akan semakin menambah keuntungan.

Dalam menjangkau pasar yang lebih luas dalam bisnis online dapat menggunakan digital marketing yang lebih praktis dari pasar tradisional yaitu hanya dengan mempromosikan suatu barang atau jasa di dalam media massa atau media digital.

Analisis data dalam bisnis online sangat penting karena dari analisis data tersebut dapat menciptakan sebuah strategi baru bagi suatu perusahaan dalam hal target pasar, cara pemasaran yang lebih baik, dan dapat juga meningkatkan produktivitas.

Analisis data juga dapat memudahkan dalam mengambil keputusan berdasarkan data dan strategi, serta dapat mengurangi resiko yang mungkin dapat terjadi dan dapat mengambil peluang pasar berdasarkan fakta di lapangan.

Pelayanan yang baik adalah faktor utama untuk perusahaan menjalankan usahanya, karena pelayanan yang baik akan membuat pelanggan merasa puas dengan layanan yang mereka beli atau merasa puas dengan produk dari merek tersebut, hal tersebut juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan agar selalu mensupport bisnis tersebut.

Strategi penetapan harga juga sangat berpengaruh terhadap berkembangnya bisnis online, perusahaan harus bisa menetapkan harga yang tepat diantara banyaknya persaingan.

Harga yang ditetapkan juga harus sesuai dengan kualitas dari barang atau produk yang diterima, jika suatu perusahaan bisa menetapkan harga dengan tetap maka perusahaan tersebut bisa mendapatkan permintaan produk yang tinggi dan penjualan akan semakin meningkat.

Hal tersebut akan membuat laba yang diperoleh perusahaan akan semakin meningkat.

Banyaknya pesaing dalam bisnis online pastinya akan membuat bisnis mengalami pasang surut, mulai dari persaingan dalam produk maupun harga.

Namun di era sekarang banyak orang memilih untuk berbelanja secara online di sisi lain bisnis online menghemat waktu dalam berbelanja.

Bisnis online adalah salah satu bidang yang bisa membuat perekonimian di Indonesia meningkat, banyaknya orang yang menggunakan bisnis online dan banyaknya orang yang berbelanja di toko online, tentunya akan membuat pendapatan semakin meningkat.

Efek dari ramainya perdagangan online akan membuat perekonomian Indonesia yaitu pendapatan negara semakin meningkat karena diberlakukannya pajak dalam usaha tersebut, pendapatan suatu negara dari tahun ketahun akan semakin meningkat.

Dengan adanya bisnis online tersebut akan mengurangi pengangguran di Indonesia, karena bisnis online tersebut tetap membutuhkan tenaga kerja.

Sebagai warga Indonesia seharusnya kita memiliki kesadaran tentang perekonomian di suatu negara terutama di Indonesia, apakah perekonomian itu meningkat ataupun tidak.

Tentu saat ini untuk perekonomian di Indonesia sedang mengalami sedikit peningkatan. Dalam hal ini sebagai masyarakat memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis terutama di dunia bisnis online.

Tentu sudah tidak asing lagi mengenai hal tersebut, kenapa sih mereka memilih untuk melakukan bisnis online?

Salah satunya pasti karena modal yang relatif lebih sedikit, lalu jangkauannya luas, bisa beroperasi 24 jam dan promosi yang lebih terukur.

Tetapi dalam menjalankan suatu bisnis baik offline maupun online tentu dihadapkan oleh tantangan atau hambatan seperti banyaknya pesaing, ada pula tantangan mengenai penggunaan teknologi.

Tentu hal tersebut sangat berpengaruh dalam kelancaran bisnis yang kita jalani, dan selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu bagaimana kita bisa mempertahankan kepercayaan dan loyalitas konsumen.

Dalam menjalankan bisnis online kita juga dapat membantu negara dalam meningkatkan perekonomian serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Penulis:

  1. Siti Aisyah Salsa Aulia
  2. Rifki Naufal Taufikurrahman
  3. Catur Arintika Putri
  4. Mei Anggi Sergina

Mahasiswa D3 Akuntansi, Universitas Tidar

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0811-2564-888
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.