Perencanaan bisnis merupakan satu langkah strategis bagi pencapaian tujuan suatu organisasi secara menyeluruh. Pesan-pesan bisnis yang terencana dengan baik sedangkan perencanaan pesan bisnis adalah proses komposisi penyusunan pesan bisnis.
Proses itu sendiri terdiri dari perencanaan tujuan audiens, ide, pengorganisasian ide; membuat draf, merangkai kata/ kalimat/ paragraf; dan merevisi.
Tujuan dalam perencanaan bisnis harus dievaluasi apakah tujuan realistis, waktu tepat, dan dapat diterima. Tujuan juga harus diuji apakah sesuai dengan kemampuan, ketepatan waktu dan orang, dan selaras dengan tujuan organisasi.
Baca Juga: Proses Komunikasi Bisnis
Untuk membuat perencanaan bisnis yang baik, komunikator perlu melakukan analisis audiens. Caranya adalah dengan mengembangkan profil audiens dan menganalisa pemuasan konsumen. Komunikator mengantisipasi rekasi audiens, memperkirakan jumlah, mengetahui hubungan komunikator dengan audiens apakah kenal atau tidak.
Perencanaan bisnis merupakan satu langkah strategis bagi pencapaian tujuan suatu organisasi secara menyeluruh. Pesan-pesan bisnis yang terencana dengan baik mempermudah pencapaian tujuan komunikasi.
Yang termasuk perencanaan pesan-pesan bisnis yaitu:
Pemahaman Proses Komposisi: Penyusunan proses komposisi seperti halnya proses menciptakan lagu; merencanakan lagu, membuat aransemen, dan menentukan musisinya hingga melakukan revisi-revisi hingga lagu enak didengar.
Perencanaan: Beberapa hal perlu diperhatikan dalam perencanaan di antaranya maksud komunikasi, sasaran audiens, ide pokok.
Pengorganisasian: Organisasi dan komposisi erat kaitannya dengan penyusunan kata kalimat, dan paragraf perlu diperhatikan penggunaan kata, kalimat, dan paragraf yang sederhana, mudah dimengerti, dan dilaksanakan.
Revisi: Seluruh maksud dan isi pesan ditelaah kembali dari substansi pesan yang akan disampaikan, gaya penulisan, struktur kalimat, dan bagaimana tingkat pemahaman.
Penentuan Tujuan: Tahap pertama dalam merencanakan suatu pesan bisnis adalah memikirkan maksud atau tujuan komunikasi. Untuk dapat melakukan hal itu, pertama anda harus menentukan tujuan yang jelas sesuai tujuan organisasi
Mengapa tujuan harus jelas: Penentuan tujuan yang jelas bagi suatu organisasi akan dapat membantu proses pengambilan keputusan.
Baca Juga: Apa Saja yang Diperlukan Saat Melakukan Presentasi Bisnis?
Tujuan komuikasi bisnis, secara umum ada tiga tujuan komunikasi bisnis yaitu:
- Memberi informasi: Tujuan pertama dalam komunikasi bisnis adalah memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain. Sebagai contoh, seorang pemimpin suatu perusahaan membutuhkan beberapa pegawai baru yang akan ditetapkan sebagai staf administrasi di kantor-kantor cabang yang ada. Untuk memperoleh pegawai yang diharapkan, ia dapat memasang iklan lowongan kerja melalui media surat kabar, majalah, radio, dan internet. Media komunikasi yang mana yang akan dipilih sangat bergantung kebijakan perusahaan mempertimbulkan kemampuan internal perusahaan tersebut.
- Melakukan persuasi: Tujuan kedua komunikasi bisnis adalah melakuan persuasi kepada pihak lain agar apapun yang disampaikan dapat dipahami dengan baik dan benar. Dilakukan, terutama berkaitan dengan negosiasi antara seseorang dengan orang lain dalam bisnis.
- Melakukan kolaborasi: Tujuan ketiga dalam komunikasi bisnis bisnis adalah melakukan kolaborasi atau kerjasama bisnis antara seseorang dengan orang lain. Melalui jalinan komunikasi bisnis tersebut seseorang dapat melakukan kerjasama bisnis, baik dengan perusahaan domestik maupun perusahaan asing.
Pentingnya Pengorganisasian yang Baik
Pengorganisasian yang baik:
- Subjek dan tujuan harus jelas;
- Semua informasi harus berhubungan dengan subjek dan tujuan;
- Ide-ide harus dikelompokkan dan disajikan dengan cara yang logis.
Apa sebenarnya manfaat pengorganisasian yang baik?
- Membantu audience memahami suatu pesan;
- Membantu audience menerima suatu pesan.
Menghemat waktu, apabila pesan tidak terorganisir dengan baik. Penyampaiannya akan menghabiskan waktu audience.
Mempermudah pekerjaan komunikator, pengorganisasian pesan-pesan yang baik dapat membantu pekerjaan komunikator, sehingga dapat selesai lebih cepat dan hemat waktu.
Penulis: Kelompok 6
1. Hestika (201011200674)
2. Indi Lestiawati (201011200351)
Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang
Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al-Kafi
Referensi:
- Bovee, Courtland L and John V. Thill, Komunikasi Bisnis, Edisi Kedelapan, PT Index
- Widyatmini, Pengantar Bisnis, Gunadarma, Jakarta, 1992