Strategi Pemasaran dalam Sistem Online

Strategi Pemasaran Sistem Online

Pemasaran online atau disebut juga Digital Marketing merupakan teknik pemasaran dengan bermodalkan internet. Selain bisa menjangkau ke seluruh dunia, pemasaran online bisa  menggunakan smartphone atau bisa dilakukan hanya di depan komputer Anda. Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang. Maka tidak heran jika pengguna internet setiap harinya selalu mengalami kenaikan yang sangat pesat.

Strategi apa yang pas untuk pemasaran online

Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran online bagi para UKM yang dapat kamu lakukan:

  • Wajib Memiliki Toko Virtual
  • Menggunakan Media Sosial sebagai Media Promosi
  • Melakukan teknik Blogging atau Konten di Website
  • Menjalankan Email Marketing
  • Menggunakan Situs Penyedia Iklan.

Baca Juga: Serba-Serbi Pemasaran Jasa

Bacaan Lainnya
DONASI

Tujuan dari strategi pemasaran online sebagai berikut:

1. Menekan Biaya Promosi

Biaya promosi biasanya cukup besar apalagi jika dilakukan secara langsung atau offline. Namun sejak adanya pemasaran online ini masalah biaya dapat diatasi. Tujuan pemasaran online ini yaitu untuk bisa mengurangi pengeluaran saat melakukan promosi produk. Tidak perlu membuat brosur, spanduk, maupun banner untuk bisa menarik pelanggan baru. Cukup memanfaatkan sosmed di gadget saja promosi bisa lebih luas jangkauannya.

2. Promosi Menjadi Lebih Menarik

Menggunakan media online tujuannya untuk membuat pemasaran jadi lebih menarik. Jika secara offline pemasaran menggunakan media seperti spanduk atau brosur, maka dalam media online bisa membuat kreasi dalam promosi produk. Bisa membuat promosi dalam bentuk gambar atau video. Tentu saja itu bisa lebih menarik perhatian dan mudah diingat oleh para konsumen.

3. Mudah dalam Pembelian

Tujuan pemasaran online selanjutnya yaitu untuk mempermudah transaksi pemesanan barang. Jadi pembeli bisa lebih mudah mendapatkan barang yang diinginkan. Tanpa perlu datang ke tempat penjualnya tersebut, cukup menggunakan smartphone apa saja bisa dibeli dan tinggal tunggu diantar ke alamat yang dituju.

Baca Juga: Pemasaran Go Digital Penopang saat Pandemi Covid-19

4. Layanan 24 jam

Pemasaran online ini tidak bisa dilakukan setiap saat tanpa ada batasan waktu. Hal ini tentu membuat jangkauan pasar jadi lebih luas. Sebab di luar sana ada orang yang aktif pagi hari ada yang aktif pada malam hari, jadi melakukan pemasaran secara online ini menjangkau siapa saja dari semua kalangan.

Jadi kesimpulan dari tujuan pemasaran online ini paling utama adalah untuk menaikkan penjualan dan menjangkau pasar lebih luas. Hal ini bisa menjadi strategi pemasaran yang cukup efektif dalam perdagangan digital

6 Strategi Pemasaran Online yang Paling Efektif

1. Personal branding

Bila ingin sukses berbisnis, maka kekuatan brand atau merek sangat penting. yang dimaksud dengan kekuatan merek. Dalam bisnis digital hal ini juga sesuatu yang sangat penting karena dengan search result merk kamu akan keluar di Google bila memang merk kamu sudah terkenal atau kuat.

2. Konten marketing

Konten Marketing adalah bentuk pemasaran yang berfokus pada pembuatan, penerbitan, dan pendistribusian konten untuk audiensi yang ditargetkan secara online. Pemasaran konten ini, pada umumnya berupa review produk. Cara ini cukup ampuh untuk mendatangkan pembeli produk.

3. SEO (Search Engine Optimization)

SEO memiliki peranan yang sangat penting dalam strategi pemasaran bisnis secara online.  Melalui konten yang sudah di optimasi dengan teknik SEO akan membuat produk atau bisnis Anda lebih mudah menjangkau dan di jangkau oleh para konsumen. Melalui SEO juga pemasaran yang di lakukan juga jadi jauh lebih tertarget dengan audience yang potensial, sehingga konversi yang terjadi akan jadi lebih besar.

Baca Juga: Pentingnya Manajemen

4. Optimisasi konversi

Optimisasi konversi yaitu proses untuk membuat strategi bagaimana orang yang masuk ke situs kamu, dapat menjadi sumber uang. Contohnya dengan Google Ads. Atau bagaimana cara orang yang masuk ke situs kamu rata-rata harus membeli produk yang kamu jual, ini semua adalah cara untuk optimisasi konversi.

5. Sosial media marketing

Pemasaran yang digunakan dengan sarana seperti Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya. Walaupun cara ini belum bisa dipastikan bahwa produkmu akan terjual, tapi dengan menyebarkan melalui media sosial. Merek milikmu akan diketahui orang dan ini adalah langkah untuk meningkatkan kekuatan dari merek bisnismu.

6. Email marketing

Cara pemasaran satu ini sebenarnya sedikit mengganggu para konsumen, kamu seringkan dapat email spam yang tidak penting dan tidak tertarik untuk kamu baca. Isi dari email berupa penawaran produk atau jasa dari suatu perusahaan yang intinya mengajak kamu untuk menggunakan. 

Kenanga Asakiah
Mahasiswa Universitas Pamulang

Editor: Diana Pratiwi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI