Universitas Serjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Menggelar Pengabdian Masyarakat di Kota Yogyakarta: mengintegrasikan Tri N Ki Hadjar Dewantara

Pengabdian Masyarakat
Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Yogyakarta-Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta mengadakan kegiatan pengbdian kepada masyarakat di PT Lapak Karya (Tempat Custom Packagin Box Kemasan Kotak Kardus Premium), Kecamatan Mantrijenon, Kota Yogyakarta, pada 15 Oktober 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh enam mahasiswa Falkultas Ekonomi Program Study Manajemen, dengan tema: Harus Berani Menyelesaikan Pekerjaan dengan Penuh Tanggung Jawab Tanpa Melibatkan Orang Lain.

Kegiatan ini berhasil dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Manajemen Falkutas Ekonomi UST, dengan tujuan memperkenalkan dan mengaplikasikan ajaran Trilogi Kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara kepada masyarakat setempat.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa program studi manajemen fakultas ekonomi UST berhasil dilaksanakan dengan lancar dan disambut dengan hangat oleh pemilik PT Lapak Karya yang mengikuti sosialisasi. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh PT Lapak Karya serta memberikan solusi.

Bacaan Lainnya

Rangkaian pengabdian kepada masyarakat adalah observasi, berdasarkan hasil observasi ditemukan kendala yang dihadapi oleh PT lapak Karya salah satunya belum ada orang yang benar-benar kompeten untuk mendampingi pengembangan dalam menggelolah keuangan. Setelah mengetahui kendala tersebut, kami memberikan saran atau solusi kepada PT Lapak Karya.

Tempat sosialisasi yang diselenggarakan oleh mahasiswa UST program studi manajemen fakultas ekonomi bertempat di PT Lapak Karya.

Dengan mengintegrasikan ajaran kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara-Tri N (Niteni, Nirokake, Nambahi), prinsip ini mengajarkan pendekatan pembelajaran berbasis pengamatan (niteni), peniruan yang baik (nirokke), dan pengembangan (nambahi).

Hal ini bisa diartikan sebagai kemampuan untuk belajar dari pengalaman keuangan sebelumnya, meniru praktik keuangan yang baik, serta selalu berinovasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas keuangan.

Melalui pendekatan ini, PT Lapak Karya dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan keuangan, perusahaan dapat memberikan pelatihan penggunaan Microsoft Excel kepada karyawan atau pengguna.

Baca Juga: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Menggelar Pengabdian Masyarakat di Bidang Usaha Fotocopy: Peran Pengalaman Karyawan dalam Meningkatkan Layanan

Dengan keterampilan ini, pencatatan pendapatan dan pengeluaran menjadi lebih mudah, sehingga berkontribusi pada analisis keuangan yang lebih baik dan pengambilan keputusan yang lebih tepat.

Diharapkan melalui pelatihan ini, PT Lapak Karya dapat meningkatkan transparansi dan efisiensi pengelolaan keuangan agar dapat mengelola operasional perusahaan dengan lebih baik.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen UST dalam mengimplementasikan ajaran Ki Hadjar Dewantara, pendiri Tamansiswa dan Bapak Pendidikan Nasional.

Kami berharap program ini dapat memberikan dampak jangka panjang, tidak hanya dalam meningkatkan kapasitas kepemimpinan PT Lapak Karya tetapi juga dalam menciptakan perubahan sosial yang berkelanjutan di PT Lapak Karya.

Dengan program ini, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa semakin mempertegas peranannya sebagai institusi pendidikan yang tidak hanya berfokus pada pengajaran, tetapi juga pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Penulis:
1. Nora Pirasti
2. Nia Ramadani
3. Resti
4. Rambu Liarang Kaweda Djati
5. Ordiana Seuk
6. Melkianus Bili
7. Johannes Maysan Damanik, S.E.,M.Sc., (Dosen)
Mahasiswa Manajemen Universitas Sarjanwiyata Tamansiswa

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses