KKN Kampus Mengajar 3 UAD Membangun Jiwa Nasionalisme Siswa dengan Pembiasaan Menyanyikan Lagu Nasional di SDN Plampang Kokap

Program Kampus Mengajar merupakan salah satu upaya Kemendikbud untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi pada peserta didik, membantu dan mendampingi guru di sekolah dalam melaksanakan adaptasi teknologi dan adaptasi administrasi sekolah.

Program Kampus Mengajar 3 ini biasanya dilaksankan perkelompok yang terdiri dari mahasiswa berbagai macam universitas dan prodi. Mahasiswa Kampus Mengajar 3 di SDN Plampang memberikan pembiasaan baru bagi anak peserta didik di sana dengan membangun jiwa nasionalisme kepada seluruh anak peserta didik.

Membangun jiwa nasionalisme kepada anak-anak Sekolah Dasar (SD) merupakan suatu hal penting untuk membentuk sikap dan semangat mereka yang harus dimiliki oleh setiap individu sebagai warga negara Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan wujud kecintaan dan hormat kepada tanah airnya yaitu Indonesia.

Baca Juga: Identitas Nasional, Jati Diri Suatu Bangsa

Bacaan Lainnya

Dengan membangun dan menanamkan jiwa nasionalisme kepada anak-anak apalagi anak Sekolah Dasar (SD) mereka dapat melakukan hal-hal yang terbaik bagi bangsa dan negaranya dalam menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia dengan meningkatkan martabat dunia di masa yang akan datang.

Terbentuknya jiwa dan semangat cinta tanah air kepada anak peserta didik harus diajarkan dari hal terkecil terlebih dulu baik itu di lingkungan sekolah, masyarakat, keluarga, dan negara. Membangun jiwa nasionalisme di sekolah misalnya sebagai guru kita harus memberikan contoh yang termasuk ke dalam nasionalis seperti menyanyikan lagu nasional.

Anak-anak SD menyanyikan lagu nasional.

Lagu-lagu nasional itu merupakan lagu yang bertemakan cinta tanah air yang latar belakangnya sejarah dan aspek kehidupan bangsa Indonesia. Lagu nasional sangat banyak yang dapat kita ajarkan kepada anak peserta didik, terutama lagu yang sering didengar dan kita nyanyikan di setiap kegiatan yaitu Lagu Indonesia Raya.

Lagu nasional terdiri dari beberapa lagu yakni, Indonesia Raya, Ibu Kita Kartini, Maju Tak Gentar, 17 Agustus, Garuda Pancasila, Rayuan Pulau Kelapa, dan masih banyak lagi. Dengan hal ini kita dapat mengajarkan setiap lirik dan irama kepada anak peserta didik agar dapat menghafal lagu-lagu nasional dan juga dapat dijadikan pembiasaan yang baik pada saat sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas.

Penulis dan tim Kampus Mengajar 3 biasanya melakukan pembisaan yang dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya terlebih dahulu dengan meminta siswa membawa buku lagu bagi yang belum hafal. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, kembali menyanyikan lagu nasional lainnya seperti Garuda Pancasila, Ibu Kita Kartini, dan sebagainya.

Baca Juga: Menumbuhkan Nasionalisme Peserta Didik Melalui Pendidikan Karakter

Mungkin dengan adanya pembiasaan baru ini dapat membuat anak peserta didik secara tidak langsung sudah melakukan cinta tanah air. Pembiasaan dilakukan secara terus-menerus supaya dengan cara ini anak peserta didik dapat selalu menumbuhkan rasa cinta tanah air di dalam dirinya.

Sekarang selama empat bulan pembiasaan itu dilaksanakan, anak-anak selalu melaksanakan pembiasaan itu tanpa diminta. Secara tidak langsung mereka tahu bahwa cara menerapkan, melaksanakan, menjalankan, dan membangun semagat nasionalisme sejak dini.

Penulis: Nadia Saprika Laradha (1900009028)
Mahasiswa Jurusan PPKN Universitas Ahmad Dahlan
Kelompok: I.A.2

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses