Celebrity Endorser sebagai Solusi Promosi Di Era Digital

Celebrity Endorser
Celebrity Endorser (Source: Pixabay.com)

Perkembangan zaman membawa kita ke era yang serba digital dimana mempromosikan suatu produk tidak perlu menggunakan media cetak lagi.

Mempromosikan melalui media sosial jauh lebih efisien seperti lewat instagram, tiktok, youtube, facebook dan masih banyak lagi. Nah dari berbagai media sosial ini muncullah para creator-creator seperti selebgram, selebtiktok dsb.

Selain para selebriti tak jarang para seleb sosial media ini mendapatkan endorser dari berbagai brand atau perusahaan untuk mempromosikan produk mereka. Lalu muncullah istilah celebrity endorser, apa pengertian dari celebritiy endorser itu?

Apa itu Celebrity Endorser?

Dalam pembuatan sebuah iklan diperlukan seseorang yang menarik perhatian dan dapat menyampaikan maksud dari iklan produk tersebut yang dikenal dengan istilah endorser.

Bacaan Lainnya

Endorser diharapkan dapat mendukung dan menyampaikan pesan yang ada dalam suatu iklan agar manfaat produk tersampaikan kepada konsumen (Harly & Octavia, 2014). Sehingga banyak perusahan yang menggunakan jasa selebriti untuk memasarkan produk mereka.

Celebrity endorser merupakan sebuah media bagi perusahaan untuk memperkenalkan produk mereka dan menarik para konsumen agar membeli produk mereka.

Menurut Shimp (2010 .p,329) Celebrity Endorser adalah seorang actor atau aktris, entertainer atau atlet yang mana dikenal atau diketahui umum atas keberhasilannya dibidang masing-masing untuk mendukung sebuah produk yang diiklankan.

Sedangkan menurut (Kotler & Keller, 2009 .p,132) Biasanya endorser yang sering digunakan perusahaan adalah berasal dari selebriti. Karena pesan yang dihantarkan oleh sumber yang menarik atau tokoh terkenal akan dapat menarik lebih banyak perhatian.

Apakah Celebrity Endorser Dapat Menjadi Solusi Promosi di Era Digital?

Pasti setiap orang memiliki idolanya masing-masing, apa yang dilakukan dan digunakan sang idola pasti sangat ingin ditiru. Apa yang dipakai oleh idolanya pasti akan dicari dan jika bisa dibeli.

Hal inilah yang membuat pelaku bisnis menggandeng para selebriti baik selebgram, selebtiktok dll untuk mempromosikan produk mereka.

Salah satu selebriti yang mendapatkan banyak endorse yaitu Prilly Latuconsina dimana sekali memasang feed ig bisa mendapatkan jutaan rupiah.

Perusahaan menggunakan jasa Prilly Latuconsina dikarenakan pengaruhnya didunia entertainment maupun sosial media dikarenakan gaya hidup sehatnya, prestasi ataupun fashion yang digunakan.

Dengan semakin terkenalkan orang tersebut maka akan banyak perusahaan yang akan bekerja sama dengan selebriti tersebut karena mereka dianggap penarik untuk merekomendasikan produk-produk yang akan dijual.

Pertimbangan sebelum Menerapkan Strategi Celebrity Endorser

Namun dalam menggunakan strategi Celebrity Endorser diperlukan beberapa pertimbangan yaitu :

1. Kualitas Endorser

Sebelum melakukan endorse alangkah lebih baiknya perusahaan mencari informasi terkait selebriti yang akan diajak bekerja sama apakah dapat dipercaya dan memiliki keahlian. Keahlian disini mengacu pada pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki endorser terhadap produk yang akan dipromosikan.

2. Daya Tarik Selebriti

Tentu endorser yang akan dipilih harus memiliki daya tariknya sendiri seperti memiliki penampilan yang menarik dengan ciri khas yang ada pada si selebriti seperti pada pakaian atau gaya make upnya , memiliki sikap yang ramah dan menyenangkan.

3. Memiliki Citra Diri yang Baik

Selain jumlah followers yang dimiliki, seorang selebriti harus memiliki citra diri yang baik didepan publik

4. Engagement Rate

Perusahaan tidak dapat menjamin produk atau jasa yang diiklankan selebriti tersebut akan dilihat sebanyak orang yang memfollow sosial medianya karena algoritma pada setiap kali post tidak dapat ditentukan oleh jumlah follower namun berkaitan dengan engagement rate.

5. Pertimbangan Lainnya

Para pelaku bisnis perlu mempertimbangkan hal lainnya seperti biaya untuk jasa endorsement, sulit atau mudahnya si selebriti untuk diajak bekerja sama, seberapa banyak merk produk lain yang sedang di endorse dan risiko kemungkinann bahwa selebriti yang dipilih akan berada dalam masalah dikemudian hari.

Dengan memperhatikan point-point diatas para pelaku bisnis dapat mempraktekan strategi celebrity endorser dengan baik sehingga perusahaan akan mendapat keuntungan dari promosi produk tersebut.

Kiki Dwi Nuraini

Penulis: Kiki Dwi Nuraini
Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah Universitas Ahmad Dahlan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses