Masuknya COVID-19 telah mengubah cara hidup kita secara drastis, kegiatan harian yang biasa kita lakukan seperti berbelanja, sekolah, dan bekerja mau tidak mau dilakukan secara daring untuk meminimalisir penyebaran virus. Kondisi ini juga menjadi tantangan bagi para pebisnis untuk memasarkan produknya. Karena kita hidup di era serba digital, teknologi yang ada dapat dijadikan solusi, tak terkecuali untuk pemasaran produk dan jasa yang sering kita dengar sebagai teknik digital marketing.
Digital marketing adalah satu teknik pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan perangkat elektronik seperti media sosial, website, marketplace dan lain-lain. Dengan adanya digital marketing ini, kita bisa mempromosikan produk atau jasa yang kita punya tanpa harus bertemu tatap dengan konsumen. Digital marketing memiliki banyak keunggulan untuk mendukung kegiatan bisnis, keunggulan yang saya maksud adalah sebagai berikut:
- Dapat menjangkau lebih banyak konsumen
Dengan digital marketing kita dapat menjangkau pembeli baru dari berbagai kalangan dan wilayah karena bersifat global.
- Menghemat biaya pemasaran
Dibandingkan dengan metode pemasaran secara offline, biaya untuk pemasaran digital lebih terjangkau bahkan ada yang gratis, seperti pemasaran melalui media sosial contohnya.
- Lebih mudah dievaluasi
Dengan digital marketing kita bisa memperoleh informasi mengenai iklan yang kita pasang, seperti berapa banyak orang yang melihat, menyukai, dan feedback-feedback yang diberikan konsumen. Dari informasi yang kita peroleh inilah kita dapat mengetahui jenis iklan seperti apa yang bisa menarik perhatian konsumen.
Baca Juga: Media Sosial Kurang Bermanfaat di Indonesia
Untuk dapat merasakan keuntungan-keuntungan digital marketing seperti yang sudah saya sebutkan diatas, kita dapat melakukan berbagai tren digital marketing saat ini, yaitu :
1. Membangun website
Dengan adanya situs web, pengusaha dapat memberi gambaran kepada konsumen mengenai jenis produk atau layanan apa yang ingin ditawarkan. Jadi situs web ini dapat digunakan oleh konsumen sebagai tempat untuk meneliti informasi produk sebelum melakukan pembelian, usahakan website yang dibangun menggunakan desain yang menarik dan selaras dengan produk yang dijual agar dapat menarik minat konsumen.
2. Membuat konten interaktif di media sosial
Lewat konten interaktif seperti survei, kuis, polling, dll. membantu kita mengumpulkan data tentang konsumen, dimana data ini kemudian dapat kita gunakan untuk meningkatkan penawaran produk dan layanan berdasarkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan. Konten ini dapat diunggah di berbagai platform sosial media yang sedang banyak diminati seperti Instagram, Tik Tok, dan Facebook.
3. Menggunakan layanan Google Ads
Google ads adalah program periklanan online yang disediakan oleh Google untuk membantu kita memasarkan produk atau layanan secara efektif dengan media online. Google memproses ratusan juta kata kunci setiap harinya, hal ini membantu pengguna menemukan produk yang diinginkan lebih cepat. Menggunakan platform ini dapat meningkatkan peluang keberhasilan bisnis kita dengan menargetkan audiens yang tepat.
Baca Juga: Adopsi Digital Marketing Guna Pulihkan Ekonomi Masyarakat di Kala Pandemi
4. Menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization)
SEO adalah salah satu teknik yang dapat meningkatkan popularitas bisnis secara online, dengan memudahkan website bisnis kita untuk ditemukan di halaman pencarian konsumen. SEO membuat website bisnis kita berada di peringkat yang bagus pada hasil pencarian Google, sehingga akan lebih banyak pengunjung yang datang ke website bisnis kita dan brand awareness kita akan meningkat.
5. Bergabung ke forum online marketplace
Marketplace adalah tempat dimana penjual dapat menjual barang secara online, contohnya: Shopee, Tokopedia, Lazada, dll. Melakukan aktivitas jual beli melalui marketplace dinilai lebih praktis dan efisien, karena kita tidak perlu menyewa tempat untuk membuka lapak jualan kita. Situs marketplace menyediakan berbagai fitur yang memudahkan konsumen, sehingga konsumen saat ini juga lebih suka berbelanja di situs marketplace. Dengan memasarkan produk kita di marketplace, kesempatan untuk menjangkau calon pembeli jauh lebih besar.
Baca Juga: Publisitas, Public Relations, dan Media Massa: Kunci Kebangkitan Bisnis di Masa Pandemi
Tren-tren digital marketing akan berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi, akan ada tren-tren baru yang akan lahir di masa mendatang.
Munculnya covid-19 memang sangat merugikan bagi berbagai sektor, namun dengan perkembangan teknologi bisa membantu para pembisnis untuk tetap bertahan di tengah krisis yang terjadi.
Made Viana Tameira
Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
Editor: Diana Pratiwi