Kuliah Kerja Nyata Kampus Mengajar Angkatan 3 berlangsung selama bulan Maret-Juni 2022 berlokasi di SD Negeri 2 Sokanegara.
Salah satu mahasiswa yang berasal dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Reni Tri Mardianti dibantu oleh empat rekan mahasiswa dari Universitas yang berbeda-beda menginisiasi kegiatan “Program Alfabet” sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki teknik menulis bagi siswa yang masih salah ketika menulis huruf alfabet.
Kegiatan ini menyasar mereka yang berada pada usia Sekolah Dasar kelas 1 dan 2 di SD Negeri 2 Sokanegara, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD yang harus dilatihkan oleh guru kepada siswa.
Menulis adalah permulaan yang ditujukan kepada siswa kelas rendah yaitu kelas satu hingga kelas tiga Sekolah Dasar, sedangkan kelas empat hingga kelas enam diberi pembelajaran menulis lanjutan.
“Banyak siswa yang masih keliru menulis huruf. Misalkan menulis huruf “g” kecil, ditulis dari bawah ke atas dan menulis seperti huruf “g”, “j”, “y” masih menggantung diatas garis buku,” ujar Ibu Rodiyah, salah satu guru pengajar di SDN 2 Sokanegara.
Melihat hal itu, kami berinisiatif mengadakan program alfabet. Program Alfabet adalah pengajaran tentang teknik penulisan huruf alfabet yang benar. Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu agar siswa kelas satu dan dua yang masih keliru ketika menulis huruf, dapat memahami lebih baik setelah diberitahu teknik penulisan huruf alfabet yang benar.
Kegiatan Program Alfabet ini dimulai, pertama kami menulis huruf alfabet dari A-Z serta menjelaskan tata cara penulisannya kepada siswa. Kemudian, siswa disuruh untuk menulisnya di buku tulis masing-masing.
Kami mengecek satu persatu siswa apakah teknik penulisannya sudah benar mengikuti petunjuk atau belum. Kami membantu siswa yang masih kesulitan atau masih salah dalam teknik penulisan huruf Alfabet.
Baca Juga: Menghidupkan Kembali Sumber Pengetahuan SD Bopkri Gunung Ijo Melalui KKN Kampus Mengajar UAD
Setelah itu, kami mengucapkan bunyi suara huruf alfabet tersebut dengan keras dan lantang. Hal ini bertujuan untuk mengulas kembali pemahaman siswa dalam menulis setiap huruf agar tidak keliru dengan huruf yang hampir sama.
Selanjutnya, siswa mengucapkan ulang huruf yang diucapkan pengajar sembari memperhatikan papan tulis setelah selesai.
Untuk tahap lanjutan kami ingin mengetahui pengelompokkan siswa yang sudah bisa membaca dengan yang belum bisa membaca, kami menuliskan beberapa kalimat di kertas dan siswa berurutan satu persatu maju ke depan meja guru untuk mengeja atau membaca kalimat tersebut.
Dengan hal itu, dapat dibuat data siswa-siswa mana saja yang sudah bisa membaca dan yang belum lancar membaca serta kami buat kategori atau pengelompokkannya. Kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik. Siswa juga antusias mengikuti kegiatan sampai akhir dengan semangat.
Reni terjun langsung untuk memandu para siswa dalam kegiatan ini. Reni mengatakan, kegiatan program alfabet ini dapat melatih tingkat menulis siswa agar nantinya setelah naik ke jenjang kelas yang lebih tinggi mereka tidak kesulitan dalam menulis.
“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa dalam teknik penulisan huruf alfabet yang benar serta meningkatkan kemampuan menulis siswa di SD Negeri 2 Sokanegara,” ungkapnya.
Penulis: Reni Tri Mardianti
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi