Mahasiswa KKN-T UNDIP Beri Edukasi Digital Marketing melalui “Google Business” dalam Pengoptimalan UMKM di Desa Sukorejo, Sambirejo, Sragen

Universitas Diponegoro
Mahasiswa KKN-T UNDIP

Desa Sukorejo, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen merupakan salah satu desa yang memiliki potensi wilayah yang menjanjikan untuk kegiatan bisnis (UMKM), salah satu di antaranya adalah Wedang Uwuh yang terkenal dengan bahan-bahan dasar dalam pembuatannya, seperti; jahe merah, kunyit, gula pasir pilihan, dan rempah-rempah lainnya yang tentu memiliki banyak manfaat.

Namun, dalam hal ini masih terdapat permasalahan dalam pemasaran produk yang dilakukan, yaitu beberapa UMKM di wilayah ini masih menggunakan metode pemasaran secara tradisional (mulut ke mulut). Sukorejo, Kabupaten Sragen (15/08).

Sementara itu, saat ini, di era digital, penting bagi pelaku usaha UMKM untuk memperhatikan digital marketing sebagai salah satu faktor kunci untuk mengembangkan bisnis mereka.

Bacaan Lainnya
DONASI

Digital marketing merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para pengusaha untuk memasarkan produk atau merek mereka menggunakan teknologi informasi digital, seperti media elektronik dan internet.

Keuntungan besar dari digital marketing adalah penghematan biaya promosi dan kemampuan untuk menjangkau pasar target dengan lebih luas, membuatnya menjadi strategi pemasaran yang sangat menjanjikan untuk diadopsi.

Berkaitan dengan hal tersebut, Charles Nicolas Sitanggang, mahasiswa KKN Tematik UNDIP 2023 dari program studi Akuntansi membantu para pelaku UMKM dalam memberikan edukasi terkait pemahaman tentang digital marketing agar produk UMKM lebih dikenal oleh masyarakat luas, baik lokal maupun dari luar wilayah.

Kegiatan edukasi ini merupakan program dari IDBU-KKN Tematik Universitas Diponegoro dengan ketua pelaksana Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S.Pt., M.Si., IPM dalam menyelenggarakan sosialisasi dan edukasi untuk memperkenalkan digital marketing kepada para pelaku UMKM di Desa Sukorejo.

Sosialisasi dan edukasi terkait digital marketing tersebut dilaksanakan mulai pada tanggal 4 Agustus 2023 dengan menggunakan katalog sebagai media edukasi dan praktik secara langsung menggunakan smartphone dari pelaku UMKM.

Materi sosialisasi dan edukasi tersebut meliputi penjelasan mengenai pengertian digital marketing, pembuatan akun dan profil Google Business, pengoptimalan pemasaran, serta manfaat dari penerapannya.

Selain itu, mahasiswa KKN Tematik UNDIP juga memberikan panduan dan cara efektif dalam menggunakan media digital untuk memasarkan produk UMKM. “Program ini sangat membantu saya dalam melakukan pemasaran secara online (digital), karena sebelumnya saya hanya menjual produk wedang uwuh ini melalui mulut ke mulut dan dibantu promosikan oleh tetangga melalui media chat,” ujar Ibu Sugiarti, pelaku UMKM wedang uwuh.

Diharapkan melalui sosialisasi dan edukasi ini, para pelaku UMKM di Desa Sukorejo, Kecamatan Sambirejo dapat memperoleh wawasan yang berguna untuk meningkatkan penjualan atas produknya dan dapat bersaing dengan pesaing lainnya.

Pengimplementasian digital marketing diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk dan pada akhirnya ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Sukorejo, Kecamatan Sambirejo, Sragen.

Penulis : Charles Nicolas Sitanggang
Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro
DPL: Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S.Pt., M.Si., IPM

Editor: Ika Ayuni Lestari     

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI