Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif periode ke-89 Unit IV.A.1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengadakan kegiatan sosialisasi terkait pentingnya memasarkan produk melalui digital marketing di RW 5, Kelurahan Ngampilan, Kemantren Ngampilan, Yogyakarta atau yang lebih dikenal sebagai Kampung Pathuk. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 21 November 2023 di Balai RW 5 Ngampilan.
Kegiatan sosialisasi ini melibatkan seluruh anggota unit IV.A.1, yaitu Yulinda Cahya Suryaningrum (Manajemen) selaku Ketua Unit, Rendy Yurize (PGSD) selaku Korcam, Artha Titi Sagita (PGSD) dan Fadhilah Salmaeka (BK) selaku Sekretaris, Rika Yuniarti (Perbankan Syariah) selaku Bendahara, Hudzaifah Hanafie Ahmad (Teknik Informatika) selaku Humas, serta Adistya Pramudea dan Moh. Akil Gawi (Ilmu Komunikasi) selaku PDD.
Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Nur Alifah Septiani, S.S., M.A. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Unit IV. A.1.
Kampung Pathuk merupakan daerah yang terkenal sebagai sentra pembuatan bakpia di D.I. Yogyakarta. Hampir seluruh warga di Kampung Pathuk memiliki usaha bakpia yang diproduksi sendiri.
Dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi ini, pihak KKN UAD bekerjasama dengan pihak Koperasi Sumekar yang merupakan koperasi di Kampung Pathuk.
Yulinda selaku ketua Unit IV.A.1 dalam sambutannya menyampaikan tujuan diadakannya sosialisasi digital marketing ini.
“Adapun kegiatan sosialisasi ini kami adakan dengan tujuan untuk membangun awareness bagi masyarakat, terutama bagi para pemilik UMKM Bakpia terkait pemanfaatan teknologi digital sebagai media pemasaran produk”.
Sosialisasi ini mengangkat beberapa topik penting, yaitu pengertian digital marketing, keunggulan digital marketing, pengelanan jenis-jenis digital marketing, serta contoh pemanfaatan langsung dari digital marketing sebagai media dalam memasarkan produk.
Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat yang hadir pada saat itu, termasuk Sumiyati yang merupakan Ketua dari Koperasi Sumekar.
“Kita pelaku usaha juga, dapat dibilang hampir semuanya memiliki usaha Bakpia sehingga kita menginginkan adanya sosialisasi terkait digital marketing” ujar Sumiyati dalam sambutannya, (21/11/23).
Harapannya, dengan diadakannya sosialisasi terkait digital marketing ini dapat membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang bagaimana cara mengoptimalkan pemasaran produk melalui media digital. Dengan begitu, UMKM yang berada di Kampung Pathuk dapat terus berkembang hingga ke seluruh pelosok negara.
Penulis: KKN Alternatif-89 Unit IV. A.1 UAD
Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan
Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News