Mahasiswa Kelompok 2 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) terintegrasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari UIN Raden Fatah Palembang melaksanakan sebuah kegiatan inovatif di SDN 46 Pagar Alam dengan mengusung penggunaan aplikasi Quizizz, sebuah platform pembelajaran berbasis kecerdasan buatan (AI).
Kegiatan ini menyasar siswa kelas IV dan bertujuan untuk menguji efektivitas media interaktif tersebut dalam meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa.
Dengan berbagai fitur-fitur menarik dan beragam, aplikasi Quizizz merupakan aplikasi digital yang memungkinkan guru membuat kuis interaktif dan permainan edukatif yang menyenangkan serta mudah diakses.
Aplikasi ini mendorong siswa untuk lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran, baik secara individu maupun berkelompok. Interaksi yang tercipta dalam penggunaan Quizizz mampu membangun kerja sama di antara siswa serta memperdalam pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan.
Teknologi berbasis AI yang digunakan dalam platform ini memungkinkan guru untuk memberikan umpan balik secara langsung, menganalisis hasil belajar dengan cepat, dan menyesuaikan materi sesuai kebutuhan masing-masing siswa. Hal ini tentu menjadi keunggulan tersendiri dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Pelaksanaan program ini dimulai dengan pelatihan khusus untuk guru kelas IV, dengan pendampingan dari dosen pembimbing lapangan (DPL) yaitu Bapak Amir Hamzah, Ibu Tutut Handayani, dan Bapak Miftahul Husni.
Dalam sesi pelatihan, para guru diperkenalkan cara menggunakan Quizizz dalam kegiatan belajar mengajar harian, termasuk bagaimana merancang soal, mengelola kelas digital, dan memanfaatkan hasil evaluasi dari platform tersebut.
Setelah sebelumnya telah selesai melakukan pelatihan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi praktik langsung bersama siswa. Anak-anak diajak untuk mengikuti kuis-kuis yang telah disiapkan oleh mahasiswa PKM. Hasilnya, siswa menunjukkan antusiasme dan partisipasi tinggi dalam mengikuti kuis interaktif tersebut.
Banyak dari mereka yang sebelumnya pasif kini menjadi lebih aktif, termotivasi oleh pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan bebas tekanan.
Keberhasilan ini sejalan dengan prinsip pembelajaran modern yang menekankan pentingnya pengalaman belajar yang positif dan menarik guna meningkatkan retensi informasi serta pemahaman konsep.
Penggunaan Quizizz telah memberikan alternatif yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini, dan membuktikan bahwa digitalisasi pembelajaran bisa dilakukan secara efektif bahkan di tingkat sekolah dasar.
Kegiatan ini tidak hanya berdampak positif pada siswa, tetapi juga menjadi dorongan bagi para guru untuk lebih terbuka terhadap inovasi teknologi dalam pendidikan. Diharapkan, penerapan media interaktif semacam ini dapat terus dilanjutkan dan dikembangkan sebagai bagian dari transformasi pendidikan di Indonesia.
Dengan demikian, inisiatif Mahasiswa PKM-KKN UIN Raden Fatah Palembang ini menjadi contoh nyata pemanfaatan teknologi digital dalam meningkatkan kualitas dan daya tarik proses pembelajaran di sekolah dasar.
Penulis: Reksa Nur Alisya
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Editor: Ika Ayuni Lestari