Ngopi Santay, Stress Bye-Bye: Ajak Gen Z Sadar Self-Care dan Kesehatan Mental

Dokumentasi Kegiatan Event Offline “Stress Out, Sing Loud” di Chika Coffee.
Dokumentasi Kegiatan Event Offline “Stress Out, Sing Loud” di Chika Coffee.

Tangerang Selatan— Chika Coffee menggelar kampanye “Ngopi Santay, Stress Bye-Bye” dalam bentuk event offline berjudul “Stress Out, Sing Loud” yang berlangsung pada hari Sabtu, 14 Juni 2025 di Chika Coffee dengan berkolaborasi bersama band lokal Temu Nada untuk membantu menghilangkan stress para pengunjung melalui penampilan live music yang menghibur.

Kampanye ini ditujukan untuk pelajar, mahasiswa, dan pekerja muda agar lebih peduli terhadap self-care dan manajemen stres. Bekerja sama dengan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya, kampanye ini dilakukan dengan agenda tim kampanye membawa banner interaktif yang berisi penjelasan kampanye, data terkait stress, tujuan dan strategi kampanye.

Serta terdapat survei singkat interaktif yang mengajak pengunjung untuk menempelkan stiker sesuai dengan suasana hati mereka, terdapat dua pilihan suasana hati, yaitu stress atau happy. Tim juga secara aktif berkeliling dari meja ke meja untuk menjelaskan maksud kampanye ini sembari membagikan freebies menarik kepada para pengunjung.

Kampanye ini dirancang sebagai ruang aman untuk berekspresi dan mengenali emosi diri sendiri, terutama di tengah rutinitas yang padat dan tekanan sosial yang kerap dihadapi generasi muda. Suasana coffee shop yang nyaman mendukung terciptanya percakapan ringan namun bermakna tentang kesehatan mental.

Bacaan Lainnya

Melalui kegiatan ini, Chika Coffee ingin menunjukkan bahwa self-care tidak harus rumit dan bisa dimulai dari hal sederhana seperti minum kopi secara bijak. Aktivitas yang tampak kecil ini diharapkan menjadi pemicu refleksi bagi para pengunjung terhadap kondisi emosional mereka. Kampanye ini juga membuktikan bahwa ruang publik seperti coffee shop bisa dimanfaatkan sebagai media edukasi sosial yang efektif khususnya bagi para Gen Z.

Baca Juga: Kopi dari Jiwa: Menyeduh Inspirasi, Menumbuhkan Inovasi

Kehadiran kampanye ini disambut baik oleh Chika Coffee karena kampanye ini dinilai sejalan dengan visi dan misi Chika Coffee. “Kami senang bisa menjadi bagian dari kampanye ini karena sejalan dengan semangat kami di Chika Coffee menyediakan ruang yang bukan hanya nyaman, tapi juga suportif. Kami percaya, secangkir kopi bisa menjadi awal dari percakapan yang berarti, bahkan untuk hal-hal yang sulit dibicarakan seperti stres,” ujar Jimmy selaku perwakilan dari Chika Coffee, Sabtu (14/6/2025).

Chika Coffee adalah kedai kopi lokal yang mengusung nilai inklusif, kreatif, dan komunitas. Chika Coffee percaya bahwa secangkir kopi dapat menjadi penghubung antar manusia, juga sebagai medium refleksi dan ruang rehat dari kesibukan harian.

Baca Juga: Meraih Mimpi dalam Secangkir Kopi

Dalam kampanye ini, Chika Coffee berkolaborasi dengan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya untuk berkolaborasi secara aktif dan kreatif dalam memberikan edukasi seputar konsumsi kopi secara bijak dapat berperan terhadap penurunan stress. Kolaborasi ini membuktikan bahwa brand lokal bisa berperan aktif dalam isu sosial dengan cara yang hangat dan berdampak.

Penulis :
1. Fitri Nurhayati
2. Sonia Evifania Diva
3. Gheona Priscilla Rannaesa
4. Cut Tsabita
5. Adi Chandra
Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunnan Jaya

Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses