Pemanfaatan Gadget sebagai Media Informasi dan Strategi Pemasaran Bisnis

KKN
Pengabdian Masyarakat IAIN Fattahul Muluk Papua.

Di era sekarang ini, di mana dunia terus menunjukkan kemajuan teknologinya di berbagai aspek kehidupan, seperti sekarang membawa perubahan pada gaya hidup masyarakat.

Pengaruh teknologi membuat masyarakat dipermudah dalam melakukan kegiatan tertentu, bahkan ada yang mengalami ketergantungan.

Melalui jaringan internet, berbagai informasi dapat diakses dengan menggunakan fasilitas elektronik gadget seperti handphone atau smartphone, komputer, laptop, notebook, dan tablet.

Bacaan Lainnya
DONASI

Kemajuan teknologi yang semakin pesat menjadikan gadget sebagai suatu tren di kalangan masyarakat. Hal ini menjadikan gadget sebagai salah satu kebutuhan mendasar.

Ketersediaan smartphone dengan fitur internet sebagai jaringan dengan tingkat akses yang mengglobal dan beberapa fasilitas dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan baik dalam dunia bisnis maupun non bisnis.

Sekarang ini gadget dimanfaatkan sebagai sarana promosi dan marketing bagi pelaku bisnis online dalam menawarkan produknya.

Namun masih terdapat kekurangan salah satunya masih banyak siswa yang belum mengenal dan merasa asing jika mendengar kata lembaga keuangan.

Terlebih lagi masih banyak juga tidak dapat membedakan antara lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan non bank. Serta masih banyak yang belum mengetahui peranan lembaga keuangan dalam perekonomian di suatu negara.

Pengabdian masyarakat ini mengidentifikasi beberapa permasalahan sebagai berikut:

  1. Pemasaran bisnis yang melibatkan gadget sering kali mengandalkan media sosial dan platform digital lainnya;
  2. Dengan semakin banyaknya bisnis yang menggunakan gadget sebagai media pemasaran, persaingan dalam menarik perhatian konsumen juga semakin meningkat.

Untuk meningkatkan jangkauan bisnis dan meningkatkan visibilitas merek. Melalui gadget, bisnis dapat menjangkau audiensi yang lebih luas dan potensial, baik melalui media sosial, situs web, aplikasi, atau platform digital lainnya.

Untuk mengetahui pemahaman masyarakat terhadap penggunaan gadget dan aplikasi WA, kami menggunakan metode berikut:

  1. Penyampaian materi
    Penyampaian materi yang berisi tentang Pemanfaatan Gadget sebagai Media Informasi dan Strategis Pemasaran Bisnis oleh pemateri menggunakan media Power Point.
  2. Tanya Jawa dan Diskusi
    Masyarakat diberikan kesempatan untuk bertanya perihal materi tersebut kepada pemateri.

Pelaksanaan kegiatan PKM ini terdiri dari dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua.

Kegiatan pengabdian mayarakat ini mulai dilakukan sejak bulan Juni 2023 dengan melakukan survei awal. Kegiatan tersebut berbentuk sosialisasi dan edukasi yang menampilkan dua narasumber dari mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua.

Dalam penyampaiannya, narasumber pertama Doni Prasetio Anggono, memberikan pemahaman tentang WA Business sebagai platform pemasaran serta fungsi dan fitur yang ada di dalamnya. Dan pemateri kedua menjelaskan tentang beberapa Platform Digital Sebagai Media Pemasaran.

Kegiatan sosialisasi menjadi terbuka karena diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh masyarakat yang penasaran bagaimana cara berjualan serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjualkan dagangannya di platform digital.

Peserta pada kegiatan pengabdian masyarakat terdiri dari Abang-Abang LANTAMAL X. Narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa Prodi Perbankan Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua.

Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua, diharapkan agar masyarakat yang sedang memulai usaha bisa mencoba peruntukan untuk memulai menjual daganganya di platform digital, agar mudah dikenal orang serta dengan mudah diperjualbelikan.

Penulis: 
1. Doni Prasetyo Anggono
2.
Ardian Reza Ibrahim 
3.
Fadhilah 
4. Hajrah Putri Febriani 
5. Siti Rahmianti 
6. Pitri Desi Handayani

Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua

Dosen Pengampu: Fachrudin Fiqri Affandy, M.E.

Editor: Ika Ayuni Lestari     

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI