Pemberdayaan UMKM di Kampung Karet: Meningkatkan Keterampilan Digital untuk Kesuksesan Bisnis

UMKM
Pemberdayaan UMKM di Kampung Karet.

Di era digital saat ini, kemampuan untuk memanfaatkan teknologi menjadi kunci bagi kesuksesan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Namun, para pelaku UMKM di Kampung Karet RW 10, Tajurlalang, masih menghadapi berbagai tantangan terutama dalam mengimplementasikan pemasaran digital.

Mereka hanya memiliki pengetahuan kewirausahaan yang minim, serta terbatas dalam penggunaan teknologi pemasaran digital, seperti WhatsApp Business.

Menyadari kebutuhan ini, tim dosen dan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Al-Azhar Indonesia, melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan bentuk kegiatan pemberdayaan para pelaku UMKM di Kampung Karet RW 10.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan digital marketing para pelaku UMKM tersebut sehingga dapat meningkatkan omset penjualan dan keuntungan usaha mereka.

Bacaan Lainnya

Kegiatan pemberdayaan yang dilaksanakan meliputi empat kegiatan, yaitu: 1) kegiatan sosialisasi digital marketing, 2) kegiatan pelatihan penggunaan WhatsApp Business, 3) pembentukan kelompok UMKM Kp. Karet RW 10 sebagai wadah supporting group, dan 4) kegiatan pendampingan praktik penggunaan WhatsApp Business.

Seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu bulan sejak 7 Juli hingga 7 Agustus 2024. Kegiatan berlokasi di Kampung Karet RW 10, Kelurahan Tajurhalang, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor. Para peserta berjumlah 27 orang yang semuanya merupakan para pelaku UMKM di Kampung Karet RW 10.

Jenis usaha mereka berbagai macam baik produk yang berbentuk barang maupun jasa, seperti warung kelontong, warung makanan-minuman, parfum, pakaian, ban bekas, jasa pertamanan, sumur bor, dan sebagainya.

Baca Juga: Mahasiswa Unida Lakukan Pemberdayaan UMKM melalui Digital Marketing

Kegiatan pertama dimulai dengan kegiatan sosialisasi digital marketing yang disampaikan oleh Bapak Sunarmo, S.E., M.Si. Melalui kegiatan ini, peserta dikenalkan tentang bagaimana perkembangan teknologi bisa mendukung kegiatan pemasaran UMKM melalui digital marketing.

Kegiatan kedua adalah kegiatan pelatihan pemanfaatan digital marketing dengan aplikasi WhatsApp Business yang disampaikan oleh Ibu Lufthia Sevriana, S.E., M.Si. Kegiatan pelatihan ini mengajarkan para peserta bagaimana cara menggunakan aplikasi WhatsApp Business untuk mempromosikan produk mereka secara luas dan lebih efektif.

Kegiatan ketiga adalah pembentukan Kelompok UMKM Kp. Karet RW10 yang dikoordinasikan oleh Ibu Syahfitri Suryaningsi Welkom, S.E., M.M. Pembentukan kelompok ini diharapkan dapat menjadi wadah supporting group bagi para peserta dalam mendukung kegiatan usahanya.

Ketiga kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari. Selanjutnya adalah kegiatan pendampingan penggunaan WhatsApp Business yang dilaksanakan selama satu bulan, yang didampingi oleh Ibu Syahfitri Suryaningsi Welkom, S.E., M.M. dan Tim Mahasiswa (Abdurrahman Azfa Nabhan Kamil, Muhammad Raihan, Aufa Dzihni Imanina, dan Meliana Rahmawati).

Kegiatan pendampingan ini adalah untuk memfasilitasi para peserta untuk mempraktikan penggunaan WhatsApp Business dalam memasarkan produk usaha mereka.

Keempat kegiatan tersebut dievaluasi dengan membagikan kuesioner kepada para peserta untuk mengukur dampak keberhasilan/ ketercapaian pelaksanaan kegiatan pemberdayaan tersebut.

Hasil dari seluruh rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam memanfaatkan digital marketing, khususnya WhatsApp Business.

Dengan keterampilan baru ini, para pelaku UMKM di Kampung Karet RW 10 mampu mempromosikan produknya secara lebih luas dan efektif sehingga berdampak pada peningkatan omset penjualan dan keuntungan usahanya. Hal ini berarti ada peningkatan produktivitas dari usaha mereka, sehingga diharapkan bisa turut meningkatkan kondisi perekonomian dan kesejahteraan keluarga mereka.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu kegiatan dalam Program Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat Grant Internal UAI Tahun 2024.

Baca Juga: Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMBY Menyelenggarakan Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Digital Marketing dan Promosi Online pada UMKM “Wayang Moeljosoehardjo”

Untuk itu disampaikan terimakasih pada Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) yang telah memberikan bantuan pendanaan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini, serta pada LPIPM-UAI yang telah membimbing selama proses kegiatan.

Terimakasih juga kepada pihak mitra, yaitu pemerintah Kampung Karet RW 10 beserta para usahawan UMKM di RW 10 yang menjadi peserta dalam kegiatan ini.

Penulis:
1. Syahfitri Suryaningsi Welkom
2. Sunarmo
3. Lufthia Sevriana
4. Asri Noer Rahmi
5. Abdurrahman Azfa N. K.
6. Muhammad Raihan
7. Aufa Dzihni I.
8. Meliana Rahmawati
Mahasiswa Manajemen Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI)

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses