Pengaruh Kegunaan Brand Ambassador dalam Memperkenalkan Produk di Kalangan Masyarakat

The Brains and arrow on the surface. Brand ambassador concept.

Jika Ingin Mengenali Produk dalam Pelanggan Baru, Maka Kita Sebaiknya Kesampingkan Promosi Produk melalui Media Sosial

Pada sebuah produk harus memiliki sebuah kepercayaan dari pelanggan, karena bila sudah memiliki sebuah kepercayaan dari pelanggan akan menyebar keunggulan produk dari mulut ke mulut.

Maka dari kenyataannya terbukti lebih meningkatkan daya jual produk dibandingkan iklan media, dan dari itu kita harus mempunyai strateginya seperti menemukan orang yang menyukai brand Anda dan bersedia untuk terus menyebarkan berita positif dan keunggulan tentang brand Anda, kepada orang-orang sekitar (keluarga, kerabat, teman maupun rekan kerja).

Ada juga istilah yang sudah dikenal oleh publik dalam branding, terkait hal tersebut di atas adalah Duta Merek atau yang dikenal dalam bahasa Inggris adalah Brand Ambassador. Dari sini kita mengenal yuk apa itu Brand Ambasador dalam kesuksesan dalam suatu produk.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Efektivitas Penggunaan Brand Ambassador Korea bagi Brand Skincare Lokal di Kalangan Masyarakat

Mengenali Apa Itu Brand Ambassador

Brand Ambassador biasa dikenal oleh orang publik adalah orang-orang yang sebagai penyuka atau penggemar brand tersebut (biasanya public figure) dan secara kehidupan nyata yang menggunakan produk dalam sehari-harinya kemudian secara resmi anda merekrut sebagai ahli untuk mempromosikan brand.

Dengan secara online maupun offline mereka melakukan promosi melalui postingan akun media sosial pribadi mereka, di event produk resmi atau komunitas. Beda halnya dengan influencer yang mempromosikan produk menggunakan script.

Para influencer melakukan percakapan langsung dengan para pelanggan (kalangan masyarakat) yang tertarik pada brand produk yang diperkenalkan. Mereka mengandalkan pengalaman untuk memperkenalkan brand produk yang diwakilinya.

Syarat Menjadi Brand Ambassador

Adapun kriteria atau syarat dalam menjadi Brand Ambassador yang harus dimiliki:

1.     Mengetahui lengkap tentang brand produk yang diwakili;

2.     Berpenampilan kekinian atau yang menarik;

3.     Mempunyai sikap profesionalisme;

4.     Mempunyai kemampuan persuasif dan leadership;

5.     Mampu mengelola masukan atau komentar dari konsumen dengan baik.

Baca Juga: Apakah Brand Lokal Gampang Tembus Pasar Global?

Kesuksesan Brand Ambassador dalam Sebuah Brand

Kesuksesan Brand Ambassador membuat sebuah produk mendapatkan keuntungan, yaitu:

  1. Yang pertama adalah terletak pada komitmen yang berkelanjutan terhadap brand yang diwakili. Karena dari itu biasanya para Brand Ambassador setuju bekerja terhadap brand yang diwakili karena adanya hubungan (emosional) positif yang tercipta dengan brand yang diwakili, karena mereka mempromosikan brand produk yang diwakili dengan senang hati.
  2. Yang kedua adalah professional. Brand Ambassador dalam menarik konsumen membuat sebuah produk yang diwakilinya menjadi banyak penggemar. Pada keberhasilan dalam pengalaman dalam memperkenalkan produk membuat para penggemar membeli dan memakai produk yang diwakili.

Penulis:

Farhan Idhar Hidayat
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0811-2564-888
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.