Kegiatan KKNT yang dilakukan oleh Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur di Desa Musir Lor disambut dengan hangat oleh masyarakat setempat. Dengan membawa skema Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif, Kelompok KKNT 65 berhasil menarik antusias beberapa UMKM yang ada untuk berpartisipasi dalam berbagai program kerja yang telah dirancang.
Salah satu UMKM yang berpartisipasi adalah usaha kue basah yang dimiliki oleh warga bernama Ibu Heny. Melalui survei yang telah dilakukan sebelumnya, beberapa keluhan mengenai pemasaran dan branding telah disampaikan.
Berkaitan dengan branding produk, dilakukan pembuatan banner dengan design terbaru dan menarik. Untuk menciptakan kesan baru serta dapat menjadi tanda/ diketahui oleh masyarakat di sekitar. Karena pada sebelumnya Bu Heny tidak memiliki banner.
Baca Juga: Analisa dan Implementasi the Flower of Service pada UMKM Laundry
Dengan menciptakan banner baru di depan rumah Ibu Heny diharapkan dapat meningkatkan daya tarik produk serta minat konsumen.
Selain melakukan pemasangan banner untuk produk kue basah, mahasiswa juga melakukan pemasangan serta pembuatan untuk banner produk minuman kesehatan Ibu Heny. Dengan memberikan nuansa berwarna biru supaya berkesan menarik perhatian serta sesuai dengan tema air mineral.
Berkaitan dengan branding produk, dilakukan redesign logo kemasan. Redesign logo dilakukan untuk menciptakan kesan baru terhadap produk yang dijual. Dengan menciptakan nuansa baru dalam logo, diharapkan dapat meningkatkan daya tarik produk serta minat konsumen.
Pada gambar di atas merupakan contoh logo kemasan yang dimiliki oleh Ibu Marfiah, menurut beliau logo kemasan tersebut telah lama, tidak menarik dan kurang bagus. Proses rebranding yang ini yang menjadi kunci suatu produk dapat terus berkembang mengikuti zaman.
Rebranding adalah merupakan upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengubah total atau memperbaharui sebuah brand yang telah ada agar menjadi lebih baik dengan tidak mengabaikan tujuan awal perusahaan, yaitu berorientasi profit.
Baca Juga: Strategi untuk Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Era Banyaknya UMKM
Fungsi Rebranding bagi Bisnis
1. Terhubung dengan Audiens Baru
Rebranding dapat menawarkan stimulasi yang dibutuhkan bisnis Anda untuk menciptakan pertumbuhan baru di pasar yang terus berkembang.
2. Membedakan Diri Anda dari Pesaing Anda
Perubahan merek dapat menjadi cara paling efektif untuk membedakan penawaran dan pendekatan perusahaan Anda. Membedakan merek Anda menunjukkan kepada calon klien bahwa layanan Anda unik dan Anda adalah ahlinya.
3. Tetap Up to Date
Tren desain memainkan peran utama dalam bagaimana pelanggan potensial atau saat ini memandang perusahaan Anda dan semua yang ditawarkannya. Memastikan bahwa penampilan Anda selalu terbaru menunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda memperhatikan tren dalam industri yang ada.
4. Meningkatkan Keuntungan pada Bisnis
Menjangkau calon klien baru, menonjol dari pesaing Anda, menunjukkan keahlian Anda, dan memperluas pengaruh serta jangkauan produk dan layanan Anda adalah cara yang efektif untuk meningkatkan keuntungan Anda hanya dengan memberikan merek dan tampilan baru Anda.
Baca Juga: Peran Penting Sumber Daya Manusia bagi UMKM Usaha Ayam Geprek Kedai Neo
Dengan demikian, diharapkan branding dan strategi marketing yang dijalankan dapat membuahkan hasil yang memuaskan.
Selain itu, program kerja yang dilakukan Kelompok 65 diharapkan dapat menjadi langkah awal kemajuan UMKM di Desa Musir Lor, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk kedepannya (Indra Rasendriya/ tim kelompok 65).
Penulis: Indra Rasendriya Pratama
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jatim
Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi