Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SMP Al Mubarak

Google Classroom dalam PJJ

Perkembangan teknologi dan informasi telah ada sejak zaman pra-aksara. Seiring dengan berjalannya waktu, zaman telah berganti. Perkembangan teknologi dan komunikasi semakin maju dan pesat. Penggunaan platform pembelajaran sangatlah dianjurkan bagi semua sekolah pada masa pandemi ini. Pemerintah Daerah Kota Tangerang telah menetapkan kebijakan proses belajar mengajar tidak lagi dilakukan di kelas atau secara tatap muka, melainkan dilakukan di rumah atau secara daring. Kebijakan tersebut pun sudah diterapkan di SMP Al Mubarak untuk mengikuti peraturan yang sudah dibuat.

Baca Juga: Jatuh Bangun Sekolah Online di Masa Pandemi Covid-19

Salah satu pengajar Bahasa Indonesia di SMP Al Mubarak sudah mengubah model pembelajaran yang biasanya tatap muka menjadi daring. Dengan menggunakan layanan Google Classroom,pembelajaran daring dapat dilaksanakan. Google Classroom merupakan salah satu platform pembelajaran yang menempati posisi teratas saat ini sebagai platform yang dapat membantu pengajar dan siswa untuk kegiatan belajar mengajar. Selain itu, penyampaian materi hingga pengumpulan tugas pun dapat dilakukan dengan Google Classroom. Pemanfaatan platform tersebut dapat dikaitkan dengan konsep teknologi semiotika pada mata kuliah Information and Communication Technology (ICT) Pendidikan Bahasa Indoensia Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta.

Baca Juga: Teknologi Semiotika: Mengatasi Permasalahan PJJ di Masa Pandemi

Bacaan Lainnya

Dengan dikaitkannya konsep semiotika, para pengajar harus memahami ilmu tanda. Hubungan dengan teori lainnya sangat berkelanjutan, salah satunya ialah teknologi. Sering sekali terdengar kata PJJ yaitu Pembelajaran Jarak Jauh di masa pandemi covid-19 ini. Melalui kata tersebut, yang terlintas di pikiran kemungkinan besar mengenai belajar dari rumah, online atau daring, koneksi internet, serta menggunakan laptop,gawai, dan sebagainya.Melalui pemikiran tersebut, teknologi semiotika berperan. Dengan pemikiran seperti itu, terdapat sebuah tanda yang memberikan informasi terkait proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Pembelajaran Jarak Jauh ini menjadikan pengajar sekaligus siswa untuk memahami, menyampaikan, menanalisis, serta memudahkan proses KBM.

Keunggulan Google Classroom

Keunggulan dari Google Classroom, salah satunya adalah fitur people untuk mengundang pengguna Google Classroom. Fitur stream memberikan pengumuman atau papan informasi. Fitur classwork merupakan bentuk tugas yang terdiri dari tugas kelompok dan tugas individu, serta kuis. Selain itu, fitur create assignment mencakup title, instruction, point, due date, dan topic untuk pemberian tugas. Quiz assignment memberikan kuis yang inovatif, terbuka, dan responsif terhadap pandangan yang baru.

Baca Juga: Google Classroom Platform Sebagai Platform Belajar di Singapore Intercultural Schools (SIS) Jakarta

Sesuai dengan fungsinya, teknologi semiotika telah menggabungkan Google Drive untuk penyimpanan tugas, Google Docs, Sheets, Slide untuk penulisan tugas, dan Gmail untuk berkomunikasi dari pengajar ke siswa. Bagi pengajar, platform ini seperti platform pendidikan yang berbasis media sosial yang membawa siswa ke ruang kelas. Kelas menjadi lebih interaktif dan menyenangkan dengan latihan di platform tersebut. Platform ini sudah tersedia bagi pengguna selular perangkat iOS dan Android sehingga lebih memudahkan untuk melakukan pembelajaran, pengecekan, dan pengumpulan tugas di mana saja tanpa harus membawa laptop. Idealnya lagi, melalui gawai orang tua siswa lebih mudah untuk memantau pembelajaran sang anak di manapun berada dengan Google Classroom.

Ufa Lugina Bililmi
Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta

Editor : Sitti Fathimah Herdarina Darsim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses