Perkembangan Peserta Didik dalam Konsep Pembelajaran Era Digital

Sumber: pixabay.com

Dengan adanya pembelajaran media digital melatih siswa untuk memahami  teknologi yang samakin maju dan adanya fitur- fitur yang sangat menarik bagi siswa. Akses yang sangat fleksibel dan kegunaan manfaat yang sangat bermacam macam.

Berbagai jenis media yang digunakan sangat membantu guru dan perserta didik, dalam  proses pembelajaran materi yang bisa dikembangkan oleh guru sangat membantu meningkatkan pemahaman siswa.

Terbentuknya kolaborasi komunikasi yang diterapkan antara guru dan siswa, adanya forum diskusi dan interaksi sosial dan pemahaman bersama akan meningkatkan proses pembelajran yang baik dan menyenagkan.

Bacaan Lainnya
DONASI

Kegunaan pembelajaran melalui e-learning sangat mengoptimalkan administrasi  saat pembelajaran, dan sangat menyediakan pengumpulan tugas dan meteri yang sangat memudahkan tugas tugas guru.

Diera saat ini haruslah siap menerima akan kemajuan teknologi, yang semakin maju di era globalisasi, yang sangat berubah dalam memperkenlakan media digital adanya proses adaptasi kepada siswa dan pengenalan apa itu media digital.

Keterampiran yang sangat diperlukan di erah globalisasi melalui perkenal media yang diterapkan bisa dalam kegiatan webinar atau diskusi guru dan siswa.

Pengenalan media bisa secara langsung dan online tapi alagkah lebih baik penggunan media pembelajaran didampingi oleh orangtua .

Di dalam pernilaian online sangat memudahkan guru untuk memberikan penilaian ke pada siswa dan mempersingkat waktu dari tugas yang dikerjakan oleh siswa dan sangat dapat melacak kemajuan siswa dalam pembelajaran.

Dengan penerapan media digital didalam pembelajara, dapat menciptakan lingkungan, pembelajaran yang lebih dinamis dan sangat interaktif, sesuai dengan kemajuan zaman saat ini. Dengan adanya kegiatan pembelajaran secara digital akan membuat meningkatkan motivasi siswa dan mempersiapkan generasi untuk menghadapi tuntutan global yang semakin digital.

Adanya apalikasi yang sangat menawarkan berbagai viktur edukasi yang mengajak siswa untuk bisa belajar sambil bermain. Sangat mendukung pembelajaran jarak jauh didalam situasi tertentu sangat di sarankan menggunakan media digital saat pembelajaran.

Data yang dihasilkan di meda digital sangat akuran data tersebut adalah perkembangan saat pembelajaran online guru, sangat mudah meperbarui materi secara real-time, sangat mejadikan pembelajaran dinamis dalam penyajian perkembangan ilmu pengetahuan.

Peningkatan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran anak-anak mereka melalui platform digital sangat bisa membantu orangtua. melihat kemajuan mereka, komunikasi orang tua dengan guru hal yang sangat penting dalam pembelajaran digital

Kemampuan kognitif dalam pembelajaran digital sangat meningkatkan pemahaman konsep yang lebih baik kemapuan visual

Menigkatkan daya ingat dengan adanya visual, dapat memperkuat proses penerimaan informasi yang didapatkan oleh siswa.

Meningkatkan ketelampiran metakognif melalui pemantauan dan refleksi  atas kemajuan siswa  mengatur poses kesadaran diri secara individu saat belajar dan sangat memungkinkan untuk mengenal kelemahan dan kesulitan dalam memahami suatu materi dan dapat mengambil langkah–langkah untuk mengatasi hambatan-hambatan  tersebut.

Berdasarkan pendapat Narasumber di Sekolah Mts Islamiyah Kedaung, Gg Nangka, RT.2/RW.3 Kedaung, Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, disimpulkan seperti berikut:

Narasumber 1 : Ilham Kamandanu, S.Ak.

perkembangan perserta didik dierah digital bagitu pesat karena saat ini perserta didik dituntun untuk cakap digital dimana perkembangan zaman serba moderen perkembangan zaman semua serba digital otomatis sebagai perserta didik yang baik harus menggikuti perkembangan zaman.

Narasumber 2 : Fitriah Aini, S.Pd.

Konsep belajar pada eradigital. adalah suatu sistem yang dapat memfasilitasi pembelajar agar mampu belajar dengan lebih luas, lebih banyak dan bervariasi. Konsep belajar pada era ini, selain memberikan modivikasi pada dunia pendidikan mengenai kecakapan digital, selain itu juga para pendidik sudah waktunya untuk terbuka dan memiliki intergritas mengenai digitalisasi.

Konsep ini juga dapat membuat kegiatan belajar lebih menarik dan mampu mendorong para peserta didik untuk lebih kreatif dan inovatif, seorang pendidik pun tidak lupa untuk memberikan, rambu -rambu belajar di era digital masa kini. Karena selain banyaknya   hal- hal positif pun tidak menutup kemungkinan hadir sisi-sisi negatif, bila mana kita tidak mengetahui rambu-rambu konsep belajar di era digitalisasi ini.

 

Penulis: Yurli Malina
Mahasiswa Jurusan PPKN, Universitas Pamulang

Editor: I. Chairunnisa

Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI