UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Saat ini, banyak sekali UMKM yang berdiri sehingga menciptakan persaingan antar penjual. Setiap penjual membutuhkan strategi inovasi untuk setiap produk-produk yang dijualnya.
Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa melakukan penelitian kepada salah satu UMKM yang berlokasi di Bekasi yang saat ini sedang berkembang yaitu Snacakes. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan kegiatan berupa wawancara kepada pemilik UMKM tersebut yaitu Kak Nisa Fadilatul Khusna yang juga merupakan Mahasiswa dari Universitas Pelita Bangsa.
Dalam artikel yang berjudul “Strategi Inovasi Produk Untuk UMKM Makanan di Bekasi agar Tetap Kompetitif” akan memuat profil usaha Snacakes, keuangan, persaingan bisnis, serta inovasi UMKM Snacakes.
Berikut adalah hasil wawancara dari kami:
PROFIL USAHA
Snacakes merupakan UMKM di bidang Food and Beverage Service (F&B). Visi dari UMKM ini adalah terus mempertahankan dan konsisten pada rasa produk dan memberikan kepuasan pada pelanggan. Berdiri sejak 10 September 2023. Snacakes memiliki outlet yang berlokasi di Jl. Imam Bonjol II No.16, Telaga Asih, Kec. Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
Produk yang ditawarkan oleh Snacakes sangat beragam. Mulai dari makanan manis, asin, maupun pedas, produk nya yaitu :
Es kul-kul, Corndog, Kentang goreng, Nuget, Cireng, Salad, Dimsum, Mie, dan Wonton.
KEUANGAN
Awal mula usaha ini dimulai dengan bantuan investor sebagai modal awal. Dalam operasional sehari-hari Snacakes dikelola dan dijalankan sendiri oleh Kak Nisa sebagai Pemilik Usaha. Sebagai wirausahawan muda Kak Nisa memanfaatkan teknologi dalam melakukan pembukuan keuangan. Snacakes melakukan pembukuan di aplikasi “Buku Warung” dan selalu di-update setiap hari.
PESAING
Strategi yang dilakukan Snacakes adalah fokus di produk yang dijual dengan membuat produk menarik di mata pelanggan dan selalu mempertahankan kualitas serta konsisten (seperti jam buka, rasa, dan layanan) sehingga membuat pelanggan merasa puas dan melakukan repeat order.
Untuk saat ini, tidak ada pesaing yang menjual produk yang sama dalam jarak yang dekat. Mungkin persaingan marketing di Media Online lumayan ketat karena jangkauannya yang lebih luas.
INOVASI
Meskipun Snacakes tergolong usaha yang baru berdiri, tetapi Snacakes sudah melakukan banyak Inovasi dan perkembangan sejak awal usaha ini berdiri. Yang awalnya menu yang ditawarkan hanya sedikit, lalu pemilik usaha berinovasi dengan menambah produk yang akan dijual. Sebelum menjual produk pun Kak Nisa melakukan peninjauan dahulu terhadap target pasarnya. Salah satu produk baru yang dijual di Snacakes adalah Wonton.
Dalam melakukan promosinya Snacakes juga selalu melakukan perkembangan. Karena usaha ini sudah memiliki outlet offline promosi yang awalnya hanya melalui oral atau mulut ke mulut, Whatsapp, TikTok, maupun Instagram sekarang Snacakes sudah tersedia di aplikasi e-commerce seperti GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood sehingga memudahkan pelanggan yang akan membeli di Snacakes.
Dengan ini pemilik usaha berharap pemasaran yang dilakukan akan semakin meluas sehingga semakin banyak orang yang mengetahui produk-produk Snacakes. Karena banyak brand-brand lain yang usahanya sudah besar, berdiri lebih lama dan sudah memiliki customer tetap, mengharuskan Snacakes terus berinovasi agar usaha ini berdiri lebih lama dan mampu bersaing.
Kualitas produk dan konsisten menjadi kekuatan dalam UMKM ini. Sedangkan kelemahan dalam usaha ini merupakan manajemen waktu, dikarenakan usaha ini masih dikelola sendiri oleh Kak Nisa tanpa karyawan. Apabila sedang ramai, customer jadi menunggu cukup lama untuk mendapatkan pesanannya. Lokasi outlet yang strategis menjadi peluang untuk Snacakes untuk banyak diketahui orang.
Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa selalu mendukung kemajuan UMKM yang sedang berkembang. Kami berharap dengan diadakan penelitian ini UMKM Snacakes semakin banyak dikenal oleh masyarakat.
Selain itu Mahasiswa juga mendapat bekal dan pelajaran untuk dapat mencari peluang agar bisa ikut serta membuka bisnis sendiri agar terus berinovatif memajukan UMKM di Indonesia. Semoga UMKM Indonesia terus maju dan berkembang, dan masyarakat Indonesia mendukung UMKM dengan cara membeli produk lokal Indonesia.
Penulis:
1. Dita Novita
2. Indri Nur Nabilla
3. Nabilatul Fiqro
4. Siti Nurfatimah
5. Risma Astin Yuliana
6. Azis Maemunah
7. Geby Rita Antikka
8. Jihan Jamilah Alayubi
Mahasiswa Manajemen Universitas Pelita Bangsa
Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru di Google News