Tips Menjadi Lebih Produktif

Produktif
Produktif

Di era modern seperti sekarang ini banyak sekali kemudahan bagi Anda untuk melakukan sesuatu. Anda semakin mudah untuk mengakses internet yang menyebabkan Anda bisa mengetahui informasi yang ada di dunia ini dengan cepat lewat sebuah smartphone. Tetapi, kemudahan akses yang ada membuat beberapa orang salah untuk menggunakannya. Akankah lebih baik jika kita memanfaatkan akses tersebut untuk menjadi lebih produktif.

Memang ada yang secara tepat dalam menggunakannya dan ada pula yang salah dalam menggunakannya. Keberadaan smartphone sekarang ini terkadang membuat orang terlena. Sebagai contoh penggunaan smartphone yang kurang tepat yaitu digunakan untuk bermain game online, melihat drama korea, bermain media social yang terlalu lama, dan sebagainya.

Hal semacam itu yang menyebabkan seseorang menjadi tidak produkitf. Memang tidak ada salahnya untuk bermain game online, melihat drama korea, bermain media social, bila masih dalam batas yang wajar. Anda tidak boleh membuang-buang waktu dengan mengerjakan aktivitas yang tidak bernilai. Keadaan sekarang menuntut Anda untuk berkembang setiap harinya. Apabila Anda tidak memiliki kemajuan, maka Anda akan tertinggal dari yang lain.

Karena itu, diperlukan sebuah manajemen diri yang berfungsi untuk mendisiplinkan Anda. Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan hidup yang produktif.

Membuat Daftar To Do List

To Do List merupakan sebuah daftar yang memuat tentang segala macam kegiatan harian yang akan Anda lakukan, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Disadari atau tidak, banyak waktu Anda yang terbuang dengan sia-sia, tetapi Anda bisa meminimalkan hal itu dengan membuat to do list. Membuat to do list akan membuat kegiatan Anda menjadi terarah. Kegiatan yang tercantum dalam daftar to do list merupakan prioritas yang harus Anda lakukan.

Menghindari Distraksi/Overthinking

Sebelum melakukan sesuatu, Anda mungkin sering dihadapkan dengan overthinking. Overthinking adalah sebuah pikiran yang belum pasti terjadi dan ini yang menyebabkan orang merasa ragu-ragu setiap kali ingin memulai sebuah kegiatan. Pikiran ini seharusnya dihilangkan karena bisa menghambat sesorang dalam melakukan kegiatan yang produktif.

Mempunyai Tujuan yang Jelas

Banyak dari Anda yang sering mendapatkan sebuah pertanyaan dari orang lain, “Apa yang kamu inginkan dalam 10 tahun ke depan?” Kemudian Anda menjawab, “Saya ingin menjadi orang sukses.”

Apabila Anda menjawab seperti itu maka Anda termasuk orang yang belum memiliki tujuan yang jelas. Hal ini dikarenakan kata sukses yang dimaksud masih bersifat abstrak dan belum tahu cara untuk mewujudkan kesuksesan tersebut. Penting bagi Anda untuk memiliki sebuah tujuan yang jelas karena tujuan itu akan mendorong Anda untuk melakukan kegiatan produktif di setiap harinya. Sehingga, ke depannya Anda semakin mudah untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan.

Terus Belajar

Belajar dan terus belajar merupakan sesuatu yang harus dilakukan di era modern seperti sekarang ini. Belajar bukan hanya dilakukan di lembaga formal seperti sekolah, tetapi Anda juga bisa belajar di luar lembaga formal. Keberadaan smartphone dapat membawa dampak positif bagi Anda, membuat Anda bisa belajar di mana pun dan kapan pun. Sebagai contoh, Anda bisa belajar lewat Google, Youtube, dan aplikasi belajar Ruangguru.

Selain belajar lewat smartphone, Anda juga bisa belajar melalui lembaga non formal. Sebagai contoh, organisasi, seminar/webinar, lembaga pelatihan/kursus, dan masih banyak lagi. Terdapat beberapa manfaat jika anda belajar melalui lembaga non formal, antara lain yaitu meningkatkan kemampuan akademik, membantu lebih fokus untuk memperdalam hal yang disukai, dan juga Anda bisa mendapatkan relasi yang banyak. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak belajar karena belajar akan membawa Anda ke arah kesuksesan.

Hindari untuk Menunda-nunda Pekerjaan

Sering kali Anda selalu meremehkan pekerjaan kecil sehingga Anda memilih untuk menunda-nunda pekerjaan tersebut dengan berkata, “nanti saja, deh.” Secara tidak langsung, Anda telah menanamkan rasa malas di dalam diri Anda. Apabila pekerjaan itu tidak segera dikerjakan, maka akan berakibat pekerjaan yang Anda dapatkan semakin banyak hari demi hari.

Hal ini seperti kata pepatah “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.” Saat deadline tiba maka Anda akan kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan ini harus Anda hilangkan karena menyebabkan hilangnya produktifitas dari diri Anda dan juga menyebabkan apa yang Anda kerjakan jadi kurang maksimal.

Itulah beberapa informasi yang saya berikan tentang tips menjadi lebih produktif. Semoga ke depannya Anda bisa lebih produkif dalam menjalani kehidupan ini. Selamat mencoba dan tetap semangat.

Mike Surya Wardani
Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya

Editor: Sharfina Alya Dianti

Baca Juga:
Memberdayakan Ekonomi Usia Produktif
Tetap Produktif Meskipun Di Rumah Aja
Kaum Muda Milenial Tetap Produktif dan Kontributif di masa Pandemi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI