Implementasi Etika Komunikasi Media Sosial dan Penerapannya dalam Fungsi Pemasaran Produk UMKM Berbasis Digitalisasi

KKN
Dokumentasi Kelompok 28 FBD Jantra FISIP FIB.

Sukodono, Dampit, Kabupaten Malang – Tim KKN (Kuliah Kerja Nyata) FISIP (Fakultas Ilmu Sosial Politik) FIB (Fakultas Ilmu Budaya) kelompok 28 telah berhasil menyelenggarakan program kerja sosialisasi media sosial, branding dan marketing  pada 12 Juli 2024 yang berlokasi di Balai Desa Sukodono.

Program kerja ini mendapatkan sambutan yang hangat serta antusias dari para peserta yang terdiri dari ibu-ibu PKK serta pengelola UMKM desa.

Program kerja ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan pengelola UMKM untuk melatih serta memperkenalkan masyarakat Desa Sukodono agar lebih terbuka dalam menggunakan sosial media untuk keperluan branding serta marketing produk penjualan mereka melalui platform sosial media seperti TikTok dan Instagram.

Sosialisasi ini dihadiri oleh 5 orang perwakilan dari organisasi PKK dan 5 orang dari pengelola UMKM desa. Sosialisasi ini menghadirkan 3 pemateri yang berasal dari kelompok KKN Jantra 28 sendiri.

Bacaan Lainnya

Ketiga pemateri tersebut terdiri dari Ike Janiazahra dari Fakultas Ilmu Sosial Politik dengan Program Studi Ilmu Komunikasi, Muhammad Ronald Recky Kurniawan dari Fakultas Ilmu Sosial Politik dengan Program Studi Sosiologi, dan Zaki Prasetia Suryadi dari Fakultas Ilmu Budaya dengan Prodi Bahasa dan Sastra Prancis.

Baca Juga: Berikan Inovasi Berbisnis: KKN FBD Jantra 14 Universitas Brawijaya Menggelar Workshop in Class di SMPN 01 Wajak

Dokumentasi Kelompok 28 FBD Jantra FISIP FIB.

Koordinator KKN Jantra 28 menyatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan masyarakat Sukodono tentang branding sosial media dan muja memperluas cakupan pemasaran produk UMKM desa melalui marketing sosial media.

“Dengan adanya sosialisasi ini, kami berharap agar masyarakat desa lebih terbuka terhadap manfaat dalam menggunakan sosial media, terutama untuk para pengelola UMKM desa untuk mengembangkan jangkauan pasar mereka melalui marketing sosial media,” ujar beliau.

Program kerja ini dimaksudkan untuk aspek pemberdayaan bagi masyarakat Desa Sukodono terutama ibu-ibu PKK agar mereka mampu memasarkan hasil olah produk pertanian melalui pemanfaatan media sosial.

Baca Juga: Membangun Generasi Entrepreneur: KKN FBD JANTRA 14 Universitas Brawijaya Gelar Sosialisasi Penanaman Jiwa Entrepreneurship

Selanjutnya aspek yang kani harapkan terhadap berlangsungnya acara ini yaitu mampu memenuhi program keberlanjutan desa untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat yang tentu aspek tersebut menjadi fokus utama kami.

Penulis: Zaki Prasetia Suryadi dan Muhammad Ronnald
Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses