Mengapa Era Digital dan Globalisasi Memiliki Urgensi di Bidang Akutansi

Bidang Akutansi
Ilustrasi Era Digital dan Globalisasi di Bidang Akutansi

Akuntansi adalah suatu proses pencatatan,pengukuran,pelaporan, dan analisis transaksi keuangan secara sistematis.

Akuntansi ini bertujuan untuk menghasilkan informasi yang relevan dan akurat sehingga jurusan akuntansi memiliki prospek kerja yang luas dan banyak diincar oleh perusahaan. Tidak heran jika jurusan akuntansi menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati.

Kuliah dibidang akuntansi adalah salah satu pilihan pendidikan yang paling relevan dalam menghadapi tantangan yang dihadapi dalam dunia bisnis modern. Di era digital dan globalisasi saat ini, kebutuhan akan professional akuntansi yang terampil dalam beradaptasi dengan perubahan cepat dalam dunia ekonomi sangatlah penting.

Keberadaan akuntansi di era digital dan globalisasi sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan kemajuan digital. Dalam era digital, akuntansi mengalami transformasi signifikan dalam hal penggunaan software akuntansi dan aplikasi digital untuk mempermudah dan mempercepat proses akuntansi.

Akuntansi juga mengalami perubahan dalam hal standar akuntansi internasional yang harus diikuti oleh perusahaan-perusahaan di seluruh dunia.

Standar akuntansi internasional seperti IFRS (International Financial Reporting Standards) memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dapat dibandingkan secara global.

Selain itu, keberadaan akuntansi di era digital dan globalisasi juga mempengaruhi peran dan tanggung jawab akuntan. Akuntan harus terus mengikuti perkembangan teknologi dan memiliki digital intelligence agar dapat bertahan dan bersaing di dunia digital.

Mereka juga perlu memiliki kemampuan dalam penguasaan teknologi informasi agar dapat mengikuti laju perkembangan teknologi yang pesat. Keberadaan akuntansi juga memberikan keuntungan dalam hal efisiensi kerja dan aksesibilitas informasi.

Penggunaan software akuntansi dan aplikasi digital dapat mempermudah dan mempercepat proses akuntansi, sehingga pekerjaan dapat terselesaikan dengan waktu yang lebih cepat dan kapasitas dalam mengerjakan pekerjaan menjadi lebih besar. Selain itu, standar akuntansi internasional juga memungkinkan perusahaan untuk membandingkan kinerja keuangan mereka dengan perusahaan lain di seluruh dunia.

Akuntansi sangat penting di era digital dan globalisasi karena dapat memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada manajer untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Dalam era digital, dengan adanya kemajuan teknologi informasi dan sistem komunikasi yang real-time, akuntansi dapat memberikan informasi secara langsung kepada manajer melalui personal komputer, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih cepat dan efektif. Selain itu, dalam era globalisasi, perusahaan harus beroperasi di pasar yang semakin kompetitif dan kompleks.

Akuntansi dapat membantu perusahaan dalam memahami posisi persaingan dan menganalisis pesaing, sehingga perusahaan dapat merencanakan strategi yang tepat untuk mencapai keunggulan kompetitif.

Akuntansi juga penting dalam memenuhi persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku di berbagai negara. Dalam era globalisasi, perusahaan seringkali harus beroperasi di berbagai negara dengan peraturan yang berbeda-beda.

Akuntansi dapat membantu perusahaan dalam mematuhi peraturan-peraturan tersebut dan menjaga kepatuhan perusahaan terhadap standar akuntansi internasional.

Dengan demikian, akuntansi memiliki peran yang sangat penting dalam era digital dan globalisasi, baik dalam pengambilan keputusan, pengelolaan sumber daya, strategi perusahaan, maupun kepatuhan terhadap peraturan-peraturan yang berlaku.

Perkembangan sistem akuntansi di era digital dan globalisasi telah mengalami kemajuan yang signifikan. Dalam era ini, teknologi informasi telah memainkan peran penting dalam mengubah cara perusahaan melakukan aktivitas bisnisnya.

Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah membawa inovasi dalam segala aspek yang berhubungan dengan produksi, pemasaran, pembukuan, akuntansi, dan manajemen keuangan.

Pemanfaatan teknologi informasi dalam sistem akuntansi memungkinkan perusahaan untuk mengakses informasi dengan lebih mudah dan terkendali.

Penggunaan software akuntansi telah meningkatkan mutu dalam pelaporan keuangan dan mempermudah tugas akuntan dalam melakukan pekerjaannya. Sistem akuntansi berbasis komputer juga telah menyederhanakan metode audit dengan menggunakan perangkat lunak audit yang memudahkan proses audit berbasis komputer.

Selain itu, perkembangan teknologi informasi juga telah mempengaruhi praktik audit. Auditor dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait teknologi informasi dalam melakukan proses auditnya.

Mereka harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan bisnis yang terkait dengan teknologi digital yang diterapkan dalam perusahaan klien.

Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi informasi menjadi sangat penting. Perusahaan yang mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi dan menerapkan strategi pasar yang sesuai akan memiliki daya saing yang tinggi dan mampu bersaing dalam skala regional maupun global.

Oleh karena itu, perusahaan harus terus mengembangkan sistem akuntansi mereka agar dapat memanfaatkan teknologi informasi dengan efektif dan efisien.

Jika seorang akuntansi tidak mengikuti perkembangan di era digital dan globalisasi, akan ada beberapa dampak yang dapat terjadi. Dampak yang pertama yaitu keterbatasan akses informasi, dalam era digital dan globalisasi, akses terhadap informasi menjadi sangat penting.

Jika seorang akuntansi tidak mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), mereka mungkin kesulitan untuk mendapatkan akses ke informasi terbaru tentang peraturan akuntansi, praktik terbaik, dan perkembangan industri.

Hal ini dapat menghambat kemampuan mereka untuk memberikan layanan yang kompetitif dan relevan kepada klien mereka. Selanjutnya dampak yang ke dua adalah ketidakmampuan menggunakan alat dan sistem terbaru, dalam era digital, banyak alat dan sistem akuntansi yang terus berkembang dan diperbarui.

Jika seorang akuntansi tidak mengikuti perkembangan ini, mereka mungkin tidak dapat menggunakan alat-alat dan sistem terbaru yang dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pekerjaan mereka.

Hal ini dapat menghambat kemampuan mereka untuk memberikan layanan yang efektif dan efisien kepada klien mereka. Kemudian dampak yang terakhir ialah keterbatasan dalam beradaptasi dengan perubahan regulasi perkembangan di era digital dan globalisasi seringkali diikuti oleh perubahan regulasi yang signifikan.

Jika seorang akuntansi tidak mengikuti perkembangan ini, mereka mungkin tidak dapat dengan cepat dan efektif beradaptasi dengan perubahan regulasi yang mempengaruhi praktik akuntansi. Hal ini dapat mengakibatkan ketidakpatuhan terhadap peraturan dan risiko hukum yang dapat merugikan klien mereka.

Dalam era digital dan globalisasi, akuntansi memegang peranan penting dalam mempercepat inovasi dan meningkatkan nilai layanan digital. Akuntan perlu memperhatikan perkembangan teknologi dan memiliki digital intelligence agar dapat bersaing dalam dunia digital.

Penggunaan aplikasi digital dalam akuntansi dapat meningkatkan efisiensi karyawan dan perusahaan, serta mempermudah pembuatan pembukuan. Selain itu, penggunaan software akuntansi dapat mempermudah pekerjaan yang berkaitan dengan akuntansi, meningkatkan efisiensi kerja, dan memperluas tujuan kerja yang ingin dicapai.

Oleh karena itu, penting bagi akuntan untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan mempersiapkan diri untuk revolusi industri 5.0.

 

Penulis: Fajri Restiningsih
Mahasiswa S1 Akuntansi, Universitas Tidar

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Referensi

Butarbutar, H. N. (2020). Transformasi Peran Akuntan di Era Society 5.0. TransformasI Peran Akuntan Di Era Society 5.0, 1(1).

Hamidah, S. N. (2021). Implementasi Teknologi Informasi Dalam Perusahaan Dan Audit Sebagai Bentuk Revolusi Bisnis Pada Era Digital. conference.um.ac.id, (p. 7). Malang.

Hariadi, B. (2005). PERKEMBANGAN PRAKTEK AKUNTANSI MANAJEMEN DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN BISNIS. tema.ub.ac.id, (p. 172). Malang.

Nazar, m. R. (2023). Pengaruh Era Digital Terhadap Dunia Akuntansi . jptam.org, (p. 4).

Negara, O. J., Husain, M. K., & Khong, I. (2023). Peran Transformasi Teknologi Informasi di Era Industri 4.0 Pada Profesi Akuntansi. … , Pendidikan Dan Teknologi …

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI