Mengupas Sisi Positif dan Negatif Game PUBG yang Mendasari MUI Menetapkan Fatwa Haram

Terjadinya penembakan di New Zealand pada bulan maret silam, memicu MUI memberikan langkah preventif untuk mengambil tindakan dimana MUI ini akan mengkaji game PUBG-mobile, apakah ada hubungannya dengan terorisme atau tidak, karena menurut MUI game PUBG mobile ini mempunyai nilai-nilai tersendiri dalam terorisme.

MUI mengambil tindakan preventif yaitu dengan tindakan pencegahan. Jadi, MUI mengkaji PUBG-mobile apakah pada game tersebut memang ada nilai-nilai terorismenya, kalau memang ada, akan dilakukan tindakan-tindakan seperti, adanya pembatasan game berdasarkan usia dan segala macam, serta jika memang tidak bisa dibatasi maka game tersebut akan langsung diharamkan.

Jika game PUBG-mobile ini diharamkan, ini tidak akan sama seperti alkohol ataupun babi yang haram tetapi masih bisa dicari. Jika game PUBG-mobile ini diharamkan, maka MUI akan merekomendasikan ke Kominfo. Kominfo ini mempunyai power untuk mem-block koneksi PUBG-mobile dan game ini tidak lagi bisa dimainkan dengan koneksi yang ada di Indonesia .

Sebenarnya tindakan MUI ini patut diapresiasi sebagai langkah preventif untuk melindungi masyarakat Indonesia dari bahaya, yang artinya MUI peduli dengan negara ini terutama masyarakat Indonesia itu sendiri.

Yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah benar PUBG-mobile mengandung terorisme. Mengapa ketika ada kejadian terorisme di New Zealand, kenapa hanya nama PUBG-mobile yang disebut. Kita tahu bahwa game failens itu banyak sekali ada GTA, counter strike, free fire dan sebagainya yang bisa dibilang sama dengan game PUBG ini karena mengandung unsur tembak-menembak, namun mengapa hanya nama PUBG-mobile ini saja yang digadang-gadang oleh MUI?

Menurut saya tindakan MUI ini sedikit kurang tepat, karena game ini lebih banyak memberikan nilai positif dibanding nilai negatif.

Sekarang, kita akan mengupas sedikit nilai-nilai negatif game PUBG-mobile antara lain sebagai berikut:

  1. Pada semua game bettle royal tidak hanya game PUBG-mobile, itu harus menjadi yang nomer satu, caranya yaitu kita harus membunuh satu persatu player yang ada, di sini memang ada kesan sangat menyeramkan, namun ingatlah bahwa ini hanyalah sebuah game bukan relive yang benar-benar terjadi.
  2. Pada game ini banyak sekali senjata-senjata yang digunakan. Yang ditakutkan hal ini akan menjadi inspirasi anak-anak muda jaman sekarang untuk menggunakan senjata tersebut di dunia nyata, yang menurut saya sedikit kurang masuk akal karena gamers juga bisa membedakan mana yang murni game dan mana yang memang benar-benar dunia nyata.

Untuk nilai positifnya, telah diuraikan beberapa manfaat game PUBG-mobile, sebagai berikut:

  1. Game PUBG – mobile ini sudah diunduh oleh ratusan juta orang dan katanya perbulannya itu ada dua ratusan juta orang yang memainkan game ini di seluruh dunia. Awalnya game ini hanya game biasa, semakin kesini game tersebut berkembang dengan sangat pesat.
  2. Banyak konten-konten kreator di youtube, facebook, instagram dan sebagainya itu lahir karena game PUBG-mobile ini. Hal ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan tersendiri untuk sebagian orang yang ahli dalam bidang game.
  3. Semakin berkembangnya game PUBG-mobile ini banyak komunitas-komunitas yang terbentuk dan tidak sedikit dari mereka yang melakukan gethering satu sama lain sesama komunitas di daerahnya, sehingga menimbulkan rasa saling mengenal dan silaturahmi dapat terjalin.

Contohnya di kabupaten Berau, Kalimantan telah diadakan road safety millenial dan panitia yang menyelenggarakan semuanya adalah dari pihak kepolisian. Dari pihak polisi ini menggunakan media game PUBG-mobile untuk menggaet anak muda terutama di Berau, supaya dapat mengikuti acara ini, karena akan diadakannya penyuluhan dari kapolres setempat, dimana kapolres menghimbau warga Berau untuk lebih berhati-hati lagi dalam berkendara. Dari situ terdapat nilai yang sangat positif sekali bukan, kita bisa mencari massa di game PUBG-mobile yang kita sukai lalu mengumpulkan mereka untuk kita kasih bimbingan terhadap masyarakat tentang keselamatan di jalan.

  • Contoh lainnya adalah ketika terjadinya bencana tsunami di Selat Sunda, banyak konten kreator yang mengumpulkan donasi dari live streaming, dimana para gamers bersatu untuk menggalang donasi untuk Selat Sunda dengan link websitenya adalah (wwww.kitabisa.com).
  • Game PUBG-mobile ini sudah menjadi salah satu industri game yang besar di Indonesia. Dimana game ini bisa memberikan pendapatan untuk orang-orang yang mendalami dunia esports. Dunia esports itu luas sekali ada pro player, teller ada content creator dan mereka bisa mendapatkan uang dari game PUBG-mobile ini serta bisa juga dijadikan pekerjaan utama karena game PUBG – mobile ini. dan seiring berkembangnya esports game PUBG-mobile ini memberikan lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang sebelumnya tidak bekerja menjadi mempunyai pekerjaan tetap.
  • Industri game terutama pro player ini banyak sekali yang mengharumkan nama Indonesia di luar sana. Misalnya di Dubai, nama indonesia diharumkan oleh para pro player pada PUBG-mobile, ada juga PUBG-PC dan supernayr, mereka mengibarkan bendera Indonesia disana. Apakah itu bukan sesuatu yang sangat positif sekali.

Jadi, menurut saya tindakan MUI yang akan mengharamkan PUBG-mobile ini tidaklah tepat karena game ini adalah game survival atau bertahan hidup dengan genre battle royale yang mengandung banyak nilai positif jika di aplikasikan secara benar.

Siska Rohanda Caroline
Mahasiswa Universitas Negeri Yokyakarta

Baca juga:
Asian Games 2018: Mengukir Prestasi Membangun Sinergi
Keuntungan Indonesia Menjadi Tuan Rumah Asian games 2018
Hoax dan Media Sosial

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI