Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Kondisi IPS di SD, sumber gambar dari Pexels.

Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tentang aktivitas ekonomi sangat rendah. Hal yang demikian dialami oleh siswa di Sekolah Dasar (SD).

Pada kegiatan sehari-hari menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang motivasi belajarnya sangat rendah, sehingga prestasi belajarnya menurun. Pada mata pelajaran IPS tentang aktivitas ekonomi.

Hamdani (2011:290) menjelaskan bahwa motivasi belajar dapat dibangkitkan, ditingkatkan, dan dipelihara oleh kondisi-kondisi luar, seperti penyajian pelajaran oleh guru dengan media bervariasi, metode yang tepat, komunikasi yang dinamis, dan sebagainya.

Baca Juga: IPS sebagai Bekal Bermasyarakat

Bacaan Lainnya

Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan adanya strategi atau metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi aktivitas ekonomi.

Penggunaan berbagai teknik dan metode yang inovatif diharapkan dapat menciptakan situasi pembelajaran yang kondusif.

Menurut Suprijono (2011:83), strategi pembelajaran merupakan kegiatan yang dipilih dan dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Baca Juga: Pentingnya Penerapan Pendidikan Akhlak Anak pada Siswa Sekolah Dasar

Strategi berupa urut-urutan kegiatan yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan tertentu. Strategi pembelajaran mencakup juga pengaturan materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik.

Penulis: Betti Dwi Wardaningsih, Eka Rahmawati, dan Titi Anjarini, M.Pd.
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo

Editor: Ika Ayuni Lestari

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses