Pentingnya Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Pembelajaran IPS di SD
SDN Pagubugan 01, Cilacap, Jawa Tengah

Mengapa pembelajaran IPS itu penting? bahkan anak Sekolah Dasar sudah mulai mempelajarinya. Perlunya penekanan dalam kehidupan sehari-hari kita dan dibiasakan sejak usia Sekolah Dasar sebagaimana pengertian IPS itu sendiri yaitu bidang studi yang berkombinasi atau hasil perpaduam dari beberapa mata pelajaran seperti Ilmu Bumi, Sejarah, Ekonomi-Politik, Antropologi dan masih banyak lagi.

Tujuan dari pembelajaran ataupun Pendidikan IPS di SD ini dapat disimpulkan bahwa dengan mempelajari IPS peserta didik mampu melihat dan menjelaskan fenomena yang ada dalam masyarakat disekitarnya, baik kerja sama ataupun masalah-masalah yang timbul di sekitarnya.

Baca juga: Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Bacaan Lainnya
DONASI

Peserta didikan dapat mengetahui cara dalam sebuah interaksi secara langsung dengan sesama manusia lainnya, baik dalam kelompok kecil maupun besar.

Memudahkan manusia untuk hidup berdampingan pada masyarakat umum dengan mengetahui beberapa tradisi yang ada. Dan membantu juga dalam hal memperkuat nilai-nilai agama dalam aspek sosial beragama.

Peserta didik akan diberi pemahaman tentang kehidupan bermasyarakat dan beragama. Agar peserta didik dapat terbiasa untuk saling tolong menolong antar sesama manusia, bekerja sama, dan tidak membeda-bedakan agama, ras, suku, dan sebagainya.

Baca juga: IPS sebagai Bekal Bermasyarakat

Selain itu untuk memberikan pengingat kepada peserta didik bahwa kita semua sama dan tidak ada perbedaan. Dengan memperlajari IPS ini peserta didik mampu memberikan hal positif disetiap permasalahan yang ada di lingkungannya.

Penulis:
1. Titi Anjarini, M.Pd.
2. Wahyu Nia Nuari Sanjaya

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo

Editor: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI