Peran Pemuda Milenial dalam Perekonomian Indonesia

Solusi Perbankan Syariah Pandemi

Pemuda merupakan penerus generasi tua yang mempunyai tanggung jawab menjaga dan meneruskan Indonesia menjadi maju. Pemuda adalah sumber daya manusia yang begitu penting sehingga mereka dituntut untuk bisa berperan dalam mengembangkan wawasan serta keberanian untuk menjawab dinamika kehidupan.

Sebagai generasi penerus bangsa, pemuda merupakan salah satu peran penting dalam perekonomian di Indonesia. Indonesia adalah negara yang memiliki potensi ekonomi yang tinggi, potensi yang mulai diperhatikan dunia internasional. Ekonomi Indonesia merupakan terbesar di Asia Tenggara memiliki sejumlah karakteristik yang menempatkan negara ini dalam posisi yang bagus untuk mengalami perkembangan ekonomi yang pesat.

Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir ada dukungan kuat dari pemerintah pusat untuk mengengkang ketergantungan Indonesia pada ekspor komoditas (mentah), sekaligus meningkatkan peran industri manufaktur dalam perekonomian. Pembangunan infrastruktur juga merupakan tujuan utama pemerintah, dan yang perlu menyebabkan efek multiplier dalam perekonomian.

Baca Juga: Siapa Bilang Milenial Tidak Bisa Mulai Investasi? Simak Artikel Ini Sampai Selesai, ya!

Bacaan Lainnya

Pada tahun 2020 perekonomian dunia termasuk Indonesia mengalami tantangan dan hambatan yang sangat berat, yaitu adanya pandemi Covid-19. Di berbagai negara yang terpapar Covid-19 memberlakukan kebijakan lock down atau melakukan pembatasan yang bertujuan untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Adanya kebijakan lock down, pembatasan sosial berskala besar atau kebijakan lainnya guna percepatan penanganan Covid-19 maka berimplikasi pada melemahnya ekonomi. Dengan melemahnya perekonomian dunia saat ini, sebenarnya Indonesia bisa memanfaatkan momentum ini untuk melaju pesat di bidang perekonomian, karena Sumber Daya Alam yang dimiliki Indonesia dapat dimanfaatkan untuk peningkatan perekonomian.

Para generasi milenial Indonesia sangat bisa untuk memiliki andil yang besar dalam memajukan perekonomian Indonesia dengan cara mengembangkan, memanfaatkan dan merealisasikan ide kreatif mereka. Generasi milenial memiliki peluang besar dalam memajukan dan meningkatkan perekonomian Indonesia dengan melalui industri kreatif. Industri kreatif merupakan industri yang memanfaatkan keterampilan atau skill, kreativitaskan, dan bakat yang dimiliki oleh seseorang guna menciptakan kesejahteraan.

Baca Juga: Pentingnya Investasi Untuk Generasi Milenial

Para generasi muda sebenarnya memiliki kekuatan untuk mengembangkan dan meningkatkan perekonomian Indonesia. Para pemuda di era digital ini juga memiliki kelebihan yaitu dapat menguasai teknologi dan hal tersebut dapat dikolaborasikan dengan ide-ide kreatif yang mereka miliki.

Di samping kekuatan yang dimiliki oleh para pemuda Indonesia sebagai pelaku ekonomi kreatif, disisi lain Indonesia memiliki modal yang luar biasa besar guna mengembangkan dan meningkatkan ekonomi kreatif. Modal besar Indonesia dalam hal ini adalah memiliki SDA yang berlimpah serta beragam, dari SDA yang banyak tersebut dapat menjadi pemantik sehingga tercipta keberagaman ide yang kreatif dan inovatif yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ekonomi kreatif.

Adanya kekuatan yang dimiliki oleh para pemuda Indonesia menjadikan terbukanya peluang yang dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat yaitu karena terbukanya lapangan pekerjaan baru. Terciptanya lapangan pekerjaan baru di industri kreatif dapat pada beberapa sektor, yaitu pada bidang pengembangan aplikasi atau permainan, pembuatan film atau content creator, desain produk atau desain interior, dalam bidang musik, fotografi dan masih banyak lagi sub sektor dari industri kreatif.

Baca Juga: Pemberian Cashback dari Aplikasi Uang Elektronik yang Menarik Bagi Generasi Milenial

Namun dari segala kekuatan dan modal yang ada serta adanya peluang yang dapat diperoleh oleh Indonesia, disisi lain Indonesia memiliki kelemahan (weakness) yang dapat mengancam dan membahayakan kelancaran dari peningkatan ekonomi.

Pertama, industri kreatif pada era sekarang ini masih banyak yang menyepelekan, masih terdapat masyarakat yang memandang sebelah mata para pelaku ekonomi kreatif. Kedua, teknologi di Indonesia masih tertinggal dari beberapa negara-negara maju. Ketiga, masih saja terdapat masyarakat yang tidak dapat mengapresiasi karya milik orang lain.

Virda A’ ini
Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Editor: Diana Pratiwi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses