Kedaireka merupakan platform dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang dirancang sebagai sebuah ekosistem untuk memberi ruang bagi dosen dan mahasiswa bertemu dengan pelaku industri, berbincang layaknya sedang berada di sebuah kedai, lalu berkolaborasi dan melahirkan gagasan inovatif dengan orientasi mendukung kebutuhan teknologi dan pengembangan di DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri).
Dalam mewujudkan implementasi gagasan tersebut, Kemendikbudristek mendukung dengan skema pendanaan Matching Fund. Adapun salah satu Tim dari UPN “Veteran” Jawa Timur berkesempatan untuk bekerjasama dengan CV, Raissa Beauty selaku DUDI dalam program Matching Fund.
Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangkaian program Matching Fund ini adalah Pelatihan Digital Marketing. Saat ini zaman yang serba digital membuka peluang tumbuhnya berbagai usaha baru disertai persaingan yang kian ketat. Penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas, tak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh para pelaku bisnis.
Mereka saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya. Oleh karena itu pentingnya dilakukanpelatihan tentang digital marketing agar para pelaku bisnis, utamanya di CV. Raissa Beauty agar dapat unggul dan bersaing seiring perkembangan teknologi.
Pelatihan digital marketing dilaksanakan pada tanggal 10 November 2022 bertempat di PT. Satu Hati Untuk Negeri (SHUN) yang merupakan perusahaan induk dari CV. Raissa Beauty. Dalam pelatihan kali ini, materi Digital Marketing disampaikan oleh Bapak Singgih Prayogo yang merupakan seorang Digital marketer, Owner bisnis, CEO, Trainer, Mentor, dan Konsultan bisnis dan marketing.
Beliau memiliki latar belakang yang telah berpengalaman dan ahli di bidang digital marketing ini, diantaranya adalah sebagai CEO Shaliha Hijab serta Founder @berlcosmetics_layvi, Mentor dan Trainer tetap dari B-Erl Cosmetic Jawa Timur, hingga Digital Marketing Consultant Larissa Aesthetic Center Mojokerto dan Jember. Keahlian beliau ini dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang telah diraihnya, antara lain “Top 1 Reseller Reseller Billionaire Store” dan “Top 10 Distributor Billionaire Store (VIP Partner)”.
Digital marketing adalah usaha pemasaran produk dengan memanfaatkan media digital serta jaringan internet. Jika dulu media untuk melakukan pemasaran bergantung pada selembar flyer ataupun baliho, kini para pebisnis bisa dengan mudah memanfaatkan berbagai platform yang terdapat di smartphone untuk melakukan pemasaran digital. Konten yang dibuat dalam usaha digital marketing tentu memiliki kiat-kiat tersendiri agar dapat unggul dan bersaing.
Materi digital marketing yang disampaikan mencakup teori dasar marketing-branding, teori dasar digital marketing, urgensi branding-marketing-selling terhadap suatu bisnis, strategi digital marketing, penerapan digital marketing di sosial media, breakdown contoh konten digital marketing, dan copywriting beserta praktik pembuatannya.
“Bisnis itu pasti berubah, kita harus menyesuaikan perubahan dengan memilih mau ikut berubah atau dirubah” tegas Pak Singgih sebagai kutipan penyemangat.
Poin penting yang disampaikan beliau adalah perlunya branding suatu bisnis dan strategi marketing berbasis digital dengan konten-konten media sosial yang menarik dan konsisten untuk meraih loyalitas konsumen akan produk yang dipasarkan hingga mencapai tujuan dari branding dan marketing yang bermuara pada target penjualan.
Selain itu, buyer persona dapat digunakan sebagai penentu metode marketing dan media penjualan guna menciptakan demand dan target pasar spesifik yang kuat. Harapannya dari materi yang disampaikan, kedepannya digital marketing dapat diimplementasikan dalam CV. Raissa Beauty semaksimal mungkin.
Penulis: Alifia Rosida
Mahasiswa Jurusan Teknologi Pangan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur