Pandemi Covid-19 yang melanda negeri dalam beberapa tahun belakangan ini menjadi tantangan tersendiri bagi dunia kesehatan dan sektor bisnis secara keseluruhan. Banyak perusahaan mengalami kesulitan dan terpaksa menutup usahanya.
Namun, PT Astra Komponen Indonesia (ASKI) justru memanfaatkan tantangan tersebut untuk mencapai terobosan dengan melakukan ekspansi bisnis ke sektor alat kesehatan.
Melalui tagline “Grow for Nation and Grow for Innovation”, PT Astra Komponen Indonesia hadir dengan meluncurkan produk medical devices sebagai salah satu upaya untuk membantu mengurangi penyebaran virus Covid-19 dengan merek GRIN.
Baca Juga: BPJS Kesehatan bagi Masyarakat Kurang Mampu, Apakah Sudah Tepat Sasaran?
Sampai saat ini GRIN telah mengeluarkan lebih dari 10 produk yang membantu masyarakat Indonesia menjalani kehidupan yang lebih baik.
PT Astra Komponen Indonesia (ASKI) sendiri merupakan perusahaan dibawah naungan PT Astra Otoparts Tbk, yang bergerak dibidang manufaktur komponen otomotif berupa motorcycle plastic part, motorcycle seat, truck seat dan outer mirror.
Di bawah naungan PT Astra Otoparts Tbk, ASKI memiliki semangat membangun bangsa melalui terobosan-terobosan yang berkelanjutan.
Tentunya, terobosan tersebut tidak terlepas dari sistem pengendalian manajemen perusahaan yang memfokuskan pada pendayagunaan kapabilitas internal berupa kompetensi teknikal dan non-teknikal yang mumpuni, budaya organisasi yang kokoh.
Sistem manajemen yang mapan, jaringan yang luas dan kepercayaan pelanggan yang kuat serta brand value Astra yang tinggi.
Didukung oleh semangat digitalisasi, ASKI senantiasa meningkatkan efisiensi dan keunggulan operasional pada bisnis dengan tetap menerapkan pengendalian manajemen yang disiplin dan hati-hati, serta pelatihan untuk membangun Insan Astra yang inovatif dan berjiwa pemimpin.
Baca Juga: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kita Menjaga Kesehatan Mata
Keseluruhan penerapan inisiatif ini diyakini dapat membentuk daya tahan terbaik di tengah iklim persaingan yang semakin ketat. Sistem manajemen yang adaptif dan responsif menjadi kunci sukses ASKI dalam memasuki sektor alat kesehatan.
Perusahaan ini mampu menggabungkan keahlian manufaktur yang telah teruji dengan kebutuhan pasar yang terus berubah. Dalam menghadapi perubahan regulasi dan tuntutan pasar yang meningkat, manajemen dapat dengan cepat menyesuaikan proses produksinya dan memenuhi standar yang diperlukan.
Sistem manajemen menjadi landasan yang kuat bagi perusahaan dalam mengatasi perubahan lingkungan bisnis yang cepat dan mendukung transformasi kesehatan yang sedang berlangsung dengan menerapkan pendekatan yang adaptif dan responsif untuk menghadapi permintaan yang meningkat akan alat kesehatan berkualitas tinggi.
Melalui sistem manajemen yang terintegrasi, perusahaan dapat memantau dan mengelola rantai pasokannya dengan efisien, memastikan ketersediaan bahan baku yang tepat waktu, dan menjaga kualitas produk yang dihasilkan.
Baca Juga: Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Indonesia saat pandemi Covid-19
Selain itu, perusahaan menjalin kemitraan strategis dengan lembaga kesehatan dan institusi riset untuk saling bertukar pengetahuan dan berkolaborasi dalam mengembangkan solusi kesehatan yang lebih baik.
Sistem manajemen ASKI juga memfasilitasi komunikasi yang efektif dan kolaborasi antara berbagai departemen dan mitra eksternal, mempercepat laju inovasi dan pembaruan produk serta memperluas jaringan distribusinya demi memastikan ketersediaan alat kesehatan yang diperlukan di berbagai wilayah.
Dalam menghadapi tantangan logistik yang kompleks, sistem manajemen ASKI telah membantu dalam mengoptimalkan proses pengiriman dan distribusi, memastikan alat kesehatan dapat mencapai tujuan dengan tepat waktu.
Baca Juga: Manfaat Vitamin E untuk Menjaga Kesehatan Tubuh pada Masa Pandemi
Hasilnya sistem manajemen yang diterapkan perusahaan tidak hanya mampu mempertahankan kualitas dan efisiensi operasional perusahaan, tetapi juga mendorong inovasi dan transformasi dalam sektor kesehatan.
Maka dapat disimpulkan, dalam situasi yang tidak pasti, penting bagi perusahaan untuk memiliki sistem manajemen yang kuat, fleksibel, dan responsif terhadap perubahan lingkungan bisnis.
Dengan demikian, perusahaan dapat beradaptasi dengan cepat dengan mengidentifikasi peluang baru dan mempertahankan keberlanjutan dalam jangka panjang.
Penulis: Fitria Rima Isnaini
Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Pamulang
Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi