TIM KKN Tematik Undip 2023 Ikut Membantu Kemajuan Desa melalui Pemetaan Persebaran Sarana & Prasarana di Desa Sukorejo, Kabupaten Sragen

KKN-T Undip
Dokumentasi Kegiatan Survey Lokasi (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Peta sarana dan prasarana merupakan peta yang memberikan informasi data spasial mengenai letak sarana dan prasarana yang terdapat di suatu wilayah seperti sarana kesehatan, pendidikan, pemerintahan, dan sebagainya.

Desa Sukorejo berada di Kecamatan Sambirejo, Sragen, Jawa Tengah. Desa ini juga dikenal sebagai Desa Wisata Organik Sukorejo (Deworejo). Sebanyak 2.642 jiwa penduduk tinggal di desa yang memiliki luas lahan 412,85 hektare ini.

Selama Balai Desa Sukorejo beroperasi, diketahui bahwa Desa Sukorejo sendiri belum memiliki peta persebaran sarana dan prasarana yang lengkap dan terbaru.

Bacaan Lainnya
DONASI

Saat ini peta yang dimiliki pihak Desa Sukorejo hanya sebatas Peta Administrasi sederhana dan belum diperbarui. Padahal peta sarana dan prasarana sangat penting untuk mengetahui lokasi suatu sarana dan prasarana.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Calvine Ananta Oktegar, mahasiswa KKN Tematik UNDIP 2023 dari program studi Teknik Geodesi membantu pembuatan peta persebaran sarana dan prasarana Desa Sukorejo.

Kegiatan pemetaan ini merupakan program dari IDBU-KKN Tematik Universitas Diponegoro dengan ketua pelaksana Dr. Ir. Cahya Setya Utama, S.Pt., M.Si., IPM. Peta ini memuat informasi tempat ibadah, pendidikan, kesehatan, dan fasilitas umum, serta pemerintahan.

Melalui pembuatan peta ini diharapkan dapat memberikan informasi serta gambaran yang cukup jelas terkait sarana dan prasarana yang terdapat pada Desa Sukorejo.

Dengan adanya peta persebaran sarana dan prasaran ini diharapkan juga dapat membantu pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pembangunan Desa Sukorejo secara berkelanjutan.

Terdapat beberapa tahapan dalam pembuatan peta persebaran sarana dan prasarana Desa Sukorejo, mulai dari pengumpulan data dengan meminta dari perangkat desa maupun survei lapangan, pengolahan data, dan layouting serta pencetakan peta.

Pembuatan peta dilakukan dengan menggunakan metode Geographic Information System (GIS) yang didapatkan dari keilmuan Geodesi.

Peta persebaran sarana dan prasarana ini diserahkan kepada pihak Desa Sukorejo sebagai upaya dalam membantu pembangunan berkelanjutan di Desa Sukorejo.

Pembuatan peta oleh mahasiswa KKN Tematik UNDIP ini mendapat apresiasi yang baik dari pemerintah dan masyarakat desa Sukorejo.

“Saya sangat senang sekali dengan program ini. Saya berharap dengan peta ini baik masyarakat Desa Sukorejo maupun pendatang dapat mengetahui dengan mudah sarana dan prasarana yang dapat digunakan di Desa Sukorejo ini” ujar Sukrisno Kepala Desa Sukorejo.

Peta Sarana dan Prasarana Desa Sukorejo

 

Penulis: Calvine Ananta Oktegar
Mahasiswa Teknik Geodesi, Universitas Diponegoro

 

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI