Dalam era digital ini untuk mempersiapkan generasi masa depan transformasi pendidikan menjadi semakin penting. Salah satu aspek penting dalam pembelajaran adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), terutama di tingkat sekolah dasar.
Istilah teknologi informasi (Information Technology) mulai populer di akhir dekade 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi dikenal dengan teknologi komputer atau pengolahan data elektronik atau EDP (Electronic Data Processing).
Umumnya, pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi itu sendiri biasanya menggunakan LKS atau buku ataupun LCD. Tetapi apa jadinya kalau pembelajaran menggunakan teknologi aplikasi serta artificial intelligence?.
Di Indonesia sendiri integrasi teknologi ke dalam pendidikan sekolah dasar sangat penting untuk pengembangan literasi digital dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Salah satu pendekatan inovatif adalah penggunaan aplikasi edukasi seperti ‘‘Mengenal TIK’’ yang menggabungkan robotika dan kecerdasan buatan untuk meningkatkan pengalaman belajar.
Dengan kemajuan dalam bidang robotika dan kecerdasan buatan, ada peluang besar untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif bagi siswa. Aplikasi “Mengenal TIK” menjadi contoh nyata bagaimana integrasi teknologi ini dapat membawa perubahan positif dalam pembelajaran TIK di kelas 5 sekolah dasar.
Aplikasi ‘‘Mengenal TIK’’ dirancang untuk memperkenalkan siswa pada dasar-dasar teknologi, dengan fokus pada pengembangan keterampilan dan strategi pemecahan masalah.
Dengan menggabungkan robotika dan kecerdasan buatan, aplikasi ini memberikan pengalaman belajar yang komprehensif yang tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis siswa, tetapi juga menumbuhkan pemikiran kritis dan kreativitas.
Dengan aplikasi ini guru juga dapat merekomendasikan kepada siswanya untuk beralih ke pembelajaran asyik dan menyenangkan dalam menggunakan aplikasi ini. Sasaran utama pada aplikasi ini ialah siswa sekolah dasar kelas 5 yang mana di sekolah dasar ini juga terdapat mata pelajaran TIK.
Mereka telah memperoleh keterampilan dasar dalam membaca dan menulis, dan mereka juga dapat belajar secara mandiri melalui perangkat digital, seperti smartphone/ Android, dengan bantuan panduan yang jelas.
Aplikasi bisa dilengkapi dengan fitur panduan pengguna yang merinci fungsi setiap tombol, memastikan bahwa siswa dapat dengan mudah mengoperasikan aplikasi.
Baca Juga: Mendukung Pembelajaran Masa Depan: Peran Robotik dan Kecerdasan Buatan dalam Dunia Pendidikan
Penjelasan awal pada setiap topik materi disediakan sebagai langkah persiapan motivasi, membantu siswa untuk tetap fokus dan terlibat dalam proses pembelajaran.
Dengan pengembangan aplikasi melalui design yang bagus dan menarik serta menyesuaikan dengan backgroundnya dapat menambah daya tarik anak sekolah dasar terutama kelas 5 sekolah dasar.
Penulis: Fikri Lazuardi Imani
Mahasiswa Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Universitas Airlangga
Editor: Ika Ayuni Lestari
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru di Google News
Daftar Pustaka
Dr. Munir, MIT. (2009). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Di akses pada 5 Mei 2024. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/BUKU/Kurikulum%20Berbasis%20Teknologi%20Informasi%20dan%20Komunikasi.pdf
Belajar Era Digital. (18 Juni 2023). Inovasi Pemanfaatan Teknologi dan Macam Teknologi Untuk Pembelajaran. Di akses pada 5 Mei 2024. | Belajar Era Digital. [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=CnvE7X7qIKA