8 Flowers of Service Home Laundry

Logo Universitas Internasional Batam
Gambar Logo Universitas Internasional Batam (Sumber: Penulis)

Pendahuluan

1.1 Profil Mitra Lokasi kegiatan

Home laundry merupakan perusahaan jasa pelayanan yang menyediakan pelayanan membersihkan pakaian yang telah dititipkan.

Home laundry sudah beroperasi selama 9 tahun. Home laundry terletak di Jl. Taman Kota Mas No. 3A, dengan kontak yang bisa dihubungi adalah 0823-9133-7968.

Selain menyediakan pelayanan membersihkan pakaian, Home Laundry juga menjual produknya sendiri yang berkaitan dengan mencuci pakaian, seperti parfum laundry, deterjen, pelembut pakaian, pelicin setrika.

Bacaan Lainnya

1.2 Latar Belakang Pelaksanaan Proyek

Laundry adalah salah satu bagian dalam pengelolaan jasa cuci-mencuci atas semua pakaian yang telah dititipkan untuk dibersihkan. Jasa laundry menjadi alternatif bagi sebagian orang yang memiliki aktivitas padat namun tidak sempat untuk mencuci pakaiannya sendiri.

Disamping berbagai kesibukan yang padat serta waktu yang semakin sempit dalam beraktivitas, mencuci pakaian menjadi permasalahan sendiri bagi setiap orang.

Pada website Facebook dari Home laundry menyatakan bahwa omset mereka menurun hingga 30% ketika covid 19 sehingga kita mencoba untuk membantu dengan cara menyebarkan/mempublikasikan di media massa jika memungkinkan agar omset home laundry perlahan akan meningkat.  

Banyak usaha laundry yang telah didirikan di berbagai tempat, tidak hanya di perkotaan namun juga di pedesaan. Terdapat jenis usaha laundry yang umum ditemukan, diantaranya yaitu laundry kiloan dan laundry koin.

Pada laundry kiloan pengguna mengantarkan pakaian kotor kemudian melakukan pembayaran sesuai berat pakaian yang dicuci dan menunggu beberapa hari hingga pakaian tersebut selesai dicuci.

Pada laundry koin menerapkan sistem pencucian satu mesin satu pelanggan dengan menukarkan uang tunai dengan koin agar dapat melakukan pencucian.

Tinjauan Pustaka

2.1 Tinjauan Pustaka

Bunga Pelayanan memiliki dua komponen:

1. Produk inti

Produk inti berbasis pada manfaat-manfaat utama yang diberikan perusahaan untuk menjawab masalah serta kebutuhan yang dimiliki konsumen.

2. Layanan pendukung

Produk inti sering berbagi berbagai elemen layanan tambahan yang serupa. Di sekeliling produk inti adalah varian kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan jasa yang disebut dengan layanan pelengkap. Layanan pelengkap memainkan dua peran penting.

Memfasilitasi Layanan Tambahan

1. Informasi

Untuk mendapatkan nilai penuh dari setiap barang atau jasa, pelanggan memerlukan informasi yang relevan. Pelanggan dan prospek baru sangat haus akan informasi.

Kebutuhan pelanggan dapat mencakup petunjuk arah ke situs tempat produk dijual (atau detail cara memesannya), jam layanan, harga, dan petunjuk penggunaan. Untuk jam operasional dari Home Laundry ini adalah mulai dari jam 8 pagi hingga 8 malam.

Informasi lebih lanjut, terkadang diwajibkan oleh undang-undang, dapat mencakup ketentuan penjualan dan penggunaan, peringatan, pengingat, dan pemberitahuan perubahan.

2. Penerimaan Pesanan

Setelah pelanggan siap untuk membeli, elemen pelengkap utama mulai berperan menerima aplikasi, pesanan, dan reservasi. Pengambilan pesanan mencakup aplikasi, entri pesanan, dan reservasi atau check-in.
Reservasi (termasuk janji temu dan check-in) mewakili jenis pengambilan pesanan khusus yang memberikan hak kepada pelanggan untuk unit layanan tertentu.

Entri pesanan dapat diterima melalui berbagai sumber seperti melalui tenaga penjualan, telepon dan email, atau online.

Proses pengambilan pesanan harus sopan, cepat, dan akurat sehingga pelanggan tidak membuang waktu dan menanggung upaya mental atau fisik yang tidak perlu.

Teknologi dapat digunakan untuk membuat pengambilan pesanan menjadi lebih mudah dan lebih cepat bagi pelanggan dan pemasok.

Kuncinya terletak pada meminimalkan waktu dan upaya yang diperlukan kedua belah pihak, sekaligus memastikan kelengkapan dan akurasi.

3. Penagihan

Penagihan adalah umum untuk hampir semua layanan (kecuali jika layanan diberikan secara gratis). Tagihan yang tidak akurat, tidak terbaca, atau tidak lengkap berisiko mengecewakan pelanggan yang mungkin, sampai saat itu, cukup puas dengan pengalaman mereka, atau lebih buruk lagi, kegagalan seperti itu menambah kerugian jika pelanggan sudah tidak puas.

Penagihan juga harus tepat waktu, karena mendorong pembayaran lebih cepat. Prosedurnya berkisar dari pernyataan lisan hingga harga yang ditampilkan mesin, dan dari faktur tulisan tangan hingga laporan bulanan aktivitas akun dan biaya.

Mungkin pendekatan yang paling sederhana adalah penagihan mandiri, di mana pelanggan menghitung jumlah pesanan dan mengesahkan pembayaran kartu atau menulis cek.

Dalam kasus seperti itu, penagihan dan pembayaran digabungkan menjadi satu tindakan, meskipun penjual mungkin masih perlu memeriksa keakuratannya.

Pelanggan biasanya mengharapkan tagihan menjadi jelas dan informatif, dan diperinci dengan cara yang memperjelas bagaimana totalnya dihitung.

Tidak ada pencetakan kabur atau tulisan tangan yang tidak terbaca. Riset pemasaran dapat membantu di sini, dengan menanyakan kepada pelanggan informasi apa yang mereka inginkan dan bagaimana mereka ingin mengatur dan menyajikannya.

4. Pembayaran

Dalam kebanyakan kasus, tagihan mengharuskan pelanggan untuk mengambil tindakan pembayaran (dan tindakan tersebut mungkin sangat lambat datang).

Ada berbagai pilihan pembayaran, tetapi semua pelanggan mengharapkan kemudahan dan kenyamanan. Sebagian besar pembayaran masih berupa uang tunai atau kartu kredit.

Alternatif lain termasuk voucher, kupon, atau tiket prabayar dan alat elektronik lainnya seperti PayPal, yang menawarkan cara pembayaran yang bebas repot dan aman terutama karena semakin banyak belanja dilakukan secara online.

Perusahaan mendapat manfaat dari pembayaran tepat waktu, karena mengurangi jumlah piutang.

Meningkatkan Layanan Tambahan

1. Konsultasi

Konseling mewakili pendekatan konsultasi yang lebih halus karena melibatkan membantu pelanggan lebih memahami situasi mereka sehingga mereka dapat menemukan solusi dan program tindakan “sendiri” mereka.

Pendekatan ini dapat menjadi pelengkap yang sangat berharga untuk layanan seperti perawatan kesehatan, dimana bagian dari tantangannya adalah membuat pelanggan mengambil pandangan jangka panjang tentang situasi pribadi mereka dan mengadopsi perilaku yang lebih sehat, seringkali melibatkan perubahan gaya hidup yang signifikan.

2. Keramahan

Layanan yang berhubungan dengan keramahtamahan, idealnya, mencerminkan kesenangan saat bertemu dengan pelanggan baru dan menyapa pelanggan lama ketika mereka kembali.

Bisnis yang dikelola dengan baik mencoba, setidaknya dengan cara kecil, untuk memastikan karyawan mereka memperlakukan pelanggan sebagai tamu.

Kesopanan dan pertimbangan untuk kebutuhan pelanggan berlaku untuk pertemuan tatap muka dan interaksi telepon. Keramahtamahan menemukan ekspresi sepenuhnya dalam pertemuan tatap muka.

3. Diamankan

Bisnis yang bertanggung jawab sangat memperhatikan masalah keselamatan dan keamanan bagi pelanggan yang mengunjungi lokasi perusahaan. Layanan penyimpanan tambahan mungkin melibatkan produk fisik yang dibeli atau disewa pelanggan.

Mereka mungkin termasuk pengemasan, pengambilan dan pengiriman, perakitan, pemasangan, pembersihan, dan inspeksi. Layanan ini dapat ditawarkan gratis atau dengan biaya tambahan.

4. Pengecualian

Pengecualian melibatkan layanan tambahan yang berada di luar rutinitas pemberian layanan normal. Bisnis yang cerdik mengantisipasi pengecualian dan mengembangkan rencana dan panduan darurat sebelumnya.

Dengan begitu, karyawan tidak akan terlihat tidak berdaya dan terkejut saat pelanggan meminta.

Metode Pelaksanaan Proyek

3.1 Metode pengumpulan data

Sugiyono (2013) mengungkapkan bahwa teknik pengumpulan data sebagai langkah yang paling strategis dalam penelitian karena tujuan utama dari penelitian tersebut adalah untuk mendapatkan data. Pada proyek kali ini, kelompok kami menggunakan metode pengambilan data:

1. Wawancara

Wawancara merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Wawancara adalah pengadministrasian angket secara lisan dan langsung terhadap masing-masing anggota sampel.

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa wawancara adalah suatu kejadian atau suatu proses interaksi antara pewawancara dan sumber informasi melalui komunikasi langsung atau dapat pula dikatakan bahwa wawancara merupakan percakapan tatap muka antara pewawancara dengan sumber informasi.

Menurut Slamet (2011) menyebutkan bahwa wawancara adalah cara yang dipakai untuk memperoleh informasi melalui kegiatan interaksi sosial antara peneliti dengan yang diteliti.

Menurut Herdiansyah tujuan utama dari proses wawancara untuk mendapatkan kata “paham” dari proses memahami tersebut, diperlukan banyak hal seperti kemampuan merangkai kata agar kalimat yang diutarakan mampu memotivasi orang untuk memberikan jawaban.

3.2 Tabel kegiatan

Hasil dan Pembahasan

4.1 Information

Berdasarkan hasil wawancara kami dengan salah satu orang yang bekerja di Home Laundry, kami mendapatkan beberapa informasi mengenai Home Laundry.

Jenis produk atau jenis layanan yang ditawarkan oleh Home Laundry adalah jasa yang memberikan pelayanan membersihkan pakaian, bedcover, sprei, karpet, boneka, gorden, sajadah, mukenah, setrika pakaian serta pengantaran dan penjemputan.

Berdasarkan informasi yang kami dapat melalui wawancara Bersama salah satu karyawan yang sudah bekerja selama 6 tahun disitu, Home Laundry sudah berjalan selama 9 tahun lamanya.  

Home Laundry menyediakan jasa tambahan berupa mengantarkan hasil cucian pakaian konsumen ke rumah meraka masing masing namun jasa tersebut hanya berlaku bagi rumah konsumen yang berada di sekitar komplek laundry tersebut.

Laundry tentunya identik dengan kebersihan dan kewangian akan pakaian. Home laundry menjaga kualitas tersebut dengan cara memisahkan warna pakaian yang sekiranya akan menimbulkan kelunturan warna jika digabung dengan pakaian lain.

4.2 Payment

Berdasarkan hasil wawancara kami dengan salah satu orang yang bekerja di Home Laundry, kami mendapatkan informasi mengenai pembayaran apa saja yang disediakan oleh Home Laundry yaitu:

  • Metode Pembayaran Tunai: Pembayaran dilakukan secara langsung di depan atau saat pengambilan pakaian dengan uang tunai. Pelanggan yang melakukan pembayaran di depan muka akan mendapatkan diskon sebesar 5%.
  • Transfer Bank: Pelanggan mentransfer uang ke rekening bank laundry sebagai pembayaran atas jasa pencucian yang dilakukan. Bisa juga dilakukan dengan menggunakan scan QRIS. Ketika pelanggan melakukan pembayaran melalui transfer bank, pelanggan perlu menunjukkan bukti transfer ketika pengambilan.
  • Kartu Debit/Kredit: Laundry menerima pembayaran melalui kartu debit atau kredit pelanggan. Pelanggan biasanya harus menunjukkan kartu tersebut dan melakukan pembayaran melalui mesin EDC (Electronic Data Capture).
  • E-Wallet: Laundry menerima pembayaran melalui dompet digital atau e-wallet seperti OVO, GoPay, dan lain-lain.
  • Online Payment: Laundry menerima pembayaran melalui sistem pembayaran online seperti PayPal, Stripe, atau yang serupa.

4.3 Order Taking

Pelanggan yang ingin menggunakan jasa laundry hanya perlu menitipkan pakaian kotor. Para pekerja akan menimbang pakaian kotor tersebut agar dapat menentukan harga sesuai dengan berat dari pakaian tersebut.

Karyawan akan memberikan nota folio yang dapat digunakan Ketika pakaian pelanggan telah selesai di laundry.

4.4 Biling

Penagihan yang dilakukan home laundry berupa nota, yang si tempelkan ke bungkusan laundry jika customer meminta pakaian yang sudah selesai diantarkan ke rumahnya, sedangkan customer yang datang langsung nota akan diberikan langsung ke customer tersebut.

Dengan nota ini menjadi bukti bahwa bisnis yang dijalani telah mendapatkan suatu kegiatan transaksi. Selain itu, nota penjualan sangat penting karena berfungsi sebagai dokumen yang digunakan untuk pembukuan keuangan.

Dengan kata lain, bukti akan dikumpulkan sebagai dokumentasi terjadinya sejumlah transaksi.

4.5 Consultation

Pelanggan dapat melakukan konsultasi terhadap pakaian yang ingin mereka cuci langsung kepada salah satu karyawan yang bekerja disana.

Jika konsumen yang memakai pakaian tersebut memiliki alergi terhadap bahan kimia tertentu dan konsumen juga dapat meminta saran dari karyawan yang bekerja disana.

Seperti apakah pakaian konsumen tersebut aman untuk dicuci dan apakah pakaian tersebut tidak luntur dan mungkin mereka akan menanyakan bagaimana cara agar pakaian mereka tersebut yg di cuci agar tidak luntur.

4.6 Safe keeping

Perusahaan Home Laundry memastikan bahwa laundry yang telah selesai dipacking ataupun dibungkus dengan sangat aman agar tetap terjaga baik dalam segi kebersihannya dan kewangiannya.

Pakaian dipacking dengan menggunakan plastik yang transparan dan mereka juga menyediakan bungkusan yang dapat memudahkan pelangannya dalam membawa laundryannya, bungkusan tersebut bernama Plastik Jinjing.

4.7 Hospitality

Di bagian depan tempat administrasi dan pengambilan pesanan terdapat 2 orang, 1 orang untuk melakukan bagian penyetrikaan di sebelah kasir dan satunya lagi orang yang mengambil pemesanan/menjaga bagian administrasi.

Respon yang dilakukan mereka tidak terlalu ramah dikarenakan mereka sibuk dengan kerjaannya.

Kesimpulan dan Rekomendasi

5.1 Kesimpulan

Home Laundry adalah jasa yang memberikan pelayanan membersihkan pakaian, bedcover, sprei, karpet, boneka, gorden, sajadah, mukenah, setrika pakaian serta pengantaran dan penjemputan.

Pelanggan yang ingin melakukan pemesanan hanya perlu menitipkan pakaian kotor mereka yang kemudian para pekerja akan menimbang pakaian tersebut, pelanggan dapat melakukan konsultasi terhadap pakaian yang ingin mereka cuci langsung kepada salah satu karyawan yang bekerja disana.

Penagihan yang dilakukan home laundry berupa nota yang ditempelkan ke pakaian yang sudah dibungkus jika customer meminta layanan delivery, sedangkan customer yang datang langsung nota akan diberikan langsung ke customer tersebut.

Yang mana nota ini akan menjadi bukti bahwa bisnis yang dijalani telah mendapatkan suatu kegiatan transaksi. Jenis metode pembayaran yang dipakai Home Laundry yaitu Metode Pembayaran tunai, transfer bank, kartu debit, e-wallet, dan online payment.

Perusahaan Home laundry juga membungkus pakaian yang sudah di laundry dengan aman agar terjaga dengan baik kebersihan maupun kewangiannya.

5.2 Saran

Home laundry bisa meningkatkan pemasarannya dengan cara mengubah atau memperbaiki design iklannya dengan design yang sesuai dengan tren saat ini agar dapat menarik perhatian lebih banyak orang baik kaum muda maupun yang sudah berusia.

Iklan yang disebarkan oleh home laundry melalui halaman facebooknya menggunakan design yang kurang menarik perhatian, iklan yang di design terlihat kaku dan jadul dan juga informasi yang tercantum di dalam tidak lengkap.

Seharusnya mereka mendeskripsikan jenis bau parfum di atas agar orang yang melihatnya mendapat gambaran bau seperti apa parfum tersebut.

Dokumentasi

Penulis:

  1. David Ezra Putra
  2. Anderson
  3. Eugene Kurniawan
  4. Sun Yiek Shea

Mahasiswa Management, Universitas Internasional Batam

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Referensi:

Lovelock, Christopher & Wirtz, Jochen. (2011). Services Marketing: People, Technology, Strategy, 7th edition.

Edi, Fandi Rosi Sarwo. 2016. “Teori  Wawancara Psikodignostik”, Teori Wawancara Psikodignostik – Fandi Rosi Sarwo Edi – Google Books, diakses 13 May 2023 Pukul 12:11.

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI