Body Image dalam Pandangan Islam

Membaca Al Quran

Aduh Alisku tipis banget, ih kulitku tidak semulu teman-temanku, Aduh hidungku tak semancung temanku, atau Alhamdulillah walupun kulitku gelap namun yang terpenting kulitku sehat

Kalimat diatasa mengenai persoalan yang akan dibahas kali ini. Apa itu body image? Body image adalah suatu perasaan pandangan serta  presepsi seseorang  terhadap fisik mereka sendiri  baik itu rasa bangga, rasa puas, ataupun rasa kecewa bahkan rasa  incruse terhadap dirinya sendiri yang ditimbulkan dari pemikiran mereka sendiri. Tidak dipungkiri seseorang sering sekali merasakan hal tersebut seperti melihat gaya tampilan mereka atau apapun yang terlihat di depan mata mereka yang dianggap dan rasa sangat tidak bagus bahkan mereka merasa itu adalah kekurangan. disisi lain orang lain yang melihat hal tersebut tidak begitu perduli bahkan tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Tipe body image ada dua yaitu, body image positif dan negatif.  Body  image positif mereka merasa puas atas apa yang ia miliki walupun yang mereka miliki terkadang  tidak sesuai setandar kecantikan yang beredar dimasyarat. Body image positif sikap mereka lebih menghargai tubuh mereka dan memiliki rasa  bersyukur sehingga menimbulkan rasa percaya diri pada diri. Berbeda dengan body image negatif orang yang memiliki body image negatif lebih berbahaya karena meraka cenderung tidak mensyukur atas apa yang mereka miliki. Orang-orang yang memiliki sifat ini seringkali berkeinginan untuk mengubah bebarapa bagian bentuk tubuh hingga mereka merasa puas dengan keinginan  dan harapan yang mereka impikan.  Bahkan dari body image negatife ini membuat mereka merasa depresi  yang menyebabkan mereka minder di depan teman atau sekeliling mereka. Sikap mereka yang terlalu kritis dalam menilai dirinya sendiri.  Orang yang mengalami tipe ini cenderung merasa resah pada diri mereka.  bahkan mereka merasakan bahwa dirinya tidak seberuntung orang lain.

Body image tidak hanya dirasakan oleh perempuan namun juga lelaki, tak dipungkiri lelaki pun kerap kali merasakan hal tersebut namun cara pengungkpan atau cara mengatasi  persoalan tersebut  berbeda dengan perempuan. Kaum adam juga bisa merasakan isecure. Namun, untuk laki-laki cenderung lebih memilih diam sedangkan perempuan dengan cara mereka bertindak seperti pergi ke dokter kecantkan menjalankan tritmen atau lainya. Karena perempuan lebih cenderung meperhatikan penampilan . factor ketidakpuasan seseorang muncul salah satunya karena mereka memiliki konsep mempunyai tubuh ideal dalam pemikirany. Namun, mereka merasa bahwa tubuhnya belum memenuhi atau bahkan tidak memenuhi kriteria yang diinginkan tersebut. Jadi, body image dapat menyerang siapa saja baik perempuan maupun laki-laki, dari yang muda hingga yang tua bisa saja terkena body image ini. Contoh body image negatif ketika kita melihat orang yang menurut kita orang tersebut sangatkah sempurna. Namun, kita tidak tahu apakah orang yang kita lihat dan kita anggap sempurna itu sama dengan perkirakan kita? atau bahkan mereka juga mengalami body image tipe negatif dan mereka merasa itu sangat mengganggu walupun sangat sepele. Itu adalah pendapat orang yang melihat.  Namun, pandangan yang kita punya berbeda dengan cara pandangan yang mereka miliki. sebenaranya, ukuran kecantikan itu tidak ada, namun karena presepsi dan pandangan seseorang mengenai standar kecantikan yang marak di masyarakat dengan kriteria orang yang memiliki kulit putih, mulus, badan tinggi dan ideal. Dengan adanya pendapat tersebut membuat beberapa seseorang yang tidak memiliki kriteria tersebut merasa minder dan mengalami hal yang di sebut dengan negative body image.

Faktor  pendorong adanya body image baik positif maupun negatif ini dipengaruhi beberapa faktor luar seperti media sosial, pergaulan, lingkungan, dan keluarga.  salah satu faktor yang sangat  berpengaruh yaitu, media sosial. Di dalam media sosial kita tak jarang melihat model model yang mempromosikan baju atau lain sebaginya dan juga artis-artis yang bermunculan dengan keelokan badan yang ia miliki. Hal ini, membuat mereka berkeinginan agar mendapatkan tubuh ideal seperti yang mereka tonton. Dan dari sini muncul rasa kurang percaya diri dan tidak puas atas apa yang ia miliki. Memiliki rasa untuk bisa melakukan hal yang sama dan merasa bahwa ukuran kecantikan adalah hal yang sama dengan para selebritis maka kriteria tersebut harus dimiliki.

Lantas bagiamana islam memandang adanya body image negatife? Apakah boleh seseorang melakukan perubahan beberapa bentuk tubuh yang mereka miliki hanya untuk kepuasan semata?

Body image positif, seseorang lebih mensyukuri nikmat yang Allah beri dan menerima keadaan apa yang dimiliki,  tidak mengeluh atas sesuatu yang mungkin sedikit berbeda dengan kondisi  orang lain. Sikap yang timbul yaitu tidak ada kritik berlebihan dalam menanggapi kondisi tubuh mereka.

Bagi mereka yang mengalami body image negatife hingga mereka melakukan tindakan mengubah beberapa bagian tubuhnya. Mengubah ciptaan Allah paling banyak dilakukan oleh kaum hawa lebih tepatnya dalam hal kecantikan dan keelokan wajah beserta tubuhnya. Seorang wanita tentunya menginginkan wajah yang indah dan tubuh yang ideal. Apalagi di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini apapun yang ia inginkann asalkan ada uang akan mudah mereka peroleh .

Mengubah ciptaan Allah ada yang diperbolehkan ada yang tidak, diperbolehkan. Boleh mengubah yaitu apabila mengubah wajah atau badan yang mengalami kecacatan dari lahir dan sangat mengganggu aktivitas tubuh sehari-hari atau mengalami luka akibat kecelakaan seperti bibir sumbing atau lain sebagainya. sedangkan yang tidak diperbolehkan adalah mengubah wajah dan tubuh untuk kepentingan kecantikan dan keindahan diri, seperti tato, sulam alis merapikan atau merenggangkan gigi, oprasi plastik dan lain sebagianya hal tersebut dihukumi haram dan tidak disukai Allah swt. Karena hal terbesut dilakukan hanya untuk kesenangan semata dan kepuasan diri. Seperti Hadits Rasulullah SAW sebagai berikut.

لَعَنَ اللهُ الْوَاصِلَةَ وَ الْمُسْتَوْ صِلَة ، وَالْوَاشِرَةَ وَالْمُسْتَوْ شِرَة، وَالْوَ اشِمَةَ وَالْمُسْتَوْ شِمَة ، وَالْمُتَنَمِّصَات وَالْمُتَفَلِّجَات لِلْحُسْنِ الْمُغَيِّرَ اتِ خَلْقَ اللهِ

Rasulullah SAW bersabda, “Allah melaknat perempuan yang menyambung rambut, perempuan yang membantu menyambung rambut, perempuan yang menajamkan gigi, perempuan yang membantu menajamkan gigi, perempuan yang membantu menajamkan gigi, perempuan yang menato tubuh, perempuan yang membantu menato tubuh, perempuan yang mencabut alis, perempuan yang merenggangkan gigi demi berhias yang mana mengubah ciptaan Allah”.

Jadi, sikap yang harus kita tanamkan adalah mensyukuri sesuatu yang kita miliki sekarang. Karena setiap manusia memiliki keunikan masing-masing dan berbeda-beda. Serta menanamkan rasa safe-love.

Yunzil Aenul Ismi
Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya

Editor : Muflih Gunawan

Baca juga:
Stop Body Shaming, Depresi Hingga Bunuh Diri
Please Don’t Body Shaming
Body Shamming Sebagai Alat Perusak Kepercayaan Diri

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI