Kings Kebab Ciptakan Peluang Usaha bagi Mahasiswa di Saat Pandemi Covid-19

peluang usaha mahasiswa kings kebab

Dua Tahun belakangan ini pandemi melanda Indonesia, yang membuat perekonomian masyarakat Indonesia melemah, mulai dari PHK masal dan susahnya mencari pekerjaan baru.

Maka dari itu membuka usaha kecil adalah jalan untuk mengembangkan perkenomonian baik pribadi ataupun orang lain.

Usaha yang sedang hits adalah usaha kuliner atau makanan siap saji, contohnya adalah usaha yang dijalankan oleh salah satu mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM) yang bernama Hasnah Khoirun Nisa.

Bacaan Lainnya

Usaha yang dijalankannya adalah usaha kuliner yang bernama “KING’S KEBAB” menjual berbagai macam kebab dan burger di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara yang mulai berdiri dari bulan Juli 2021.

Baca juga: Duplikasi Cemilan Import Tingkatkan Penghasilan UMKM di Tengah Pandemi

Usaha yang berjalan mulai dari bulan Juli 2021 ini bermodal kecil saja hanya Rp. 15.000.000,- sudah bisa membuka usaha dengan pendapatan 300-500 ribu /hari, Usaha ini diperuntukkan untuk orang tuanya supaya banyak waktu luang di rumah dan tidak bekerja dengan orang lain.

“Dari pada tidak ada kegiatan di waktu pandemi ini, dan bekerja pun susah untuk mencarinya, mangkanya ada fikiran untuk membuka usaha kecil-kecilan dirumah saja untuk orang tua” ucap Hasna.

Selain untuk mencari nafkah dan mengisi waktu luang saja, usaha ini juga membantu banyak waktu untuk keluarga setiap harinya, tidak menguras tenaga dan pikiran lebih dalam bekerja, usaha milik sendiri dijalankan sendiri dan modal sendiri dan bisa mengatur waktu kerja sendiri, tidak berpangku tangan dengan atasan ataupun orang lain.

Usaha ini berjalan dengan baik dan meraih omset yang lumayan untuk UMKM sejenisnya, dan usaha ini pun akan bisa membatu mengurangi pengangguran di sekitar tempat usaha berdiri. Jadi mulailah dari sekarang untuk membuat UMKM agar membantu membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar.

Baca juga: Ide Bisnis Buket UMKM yang Dapat Mendatangkan Cuan

Analisis SWOT

Berikut merupakan analisis SWOT (Streng, Weakness, Opportunities, Threats), Yang kami simpulkan dalam usaha UMKM.

Strenght

Kekuatan dalam bisnis ini adalah dari cita rasa yang bervarian seperti rasa daging dan sayuran ditambah mayones dan saos yang lezat cocok untuk  semua kalangan sehingga target pasar sangat luas.

Weakness

Kelemahan yang ada pada bisnis ini adalah banyak nya kompotitor lain yang sama sama menjual barang yang sama derngan varian lebih unik dan menarik

Opportuinities

Peluang besar dalam bisnis kini dimulai dengan hal sederahana. Dengan berjualan memakai booth di area jajanan pasar.

Threats

Ancaman yang memungkin kan bisnis memngalami kerugian adalah resep kebab yang sederhana ini cenderung memperluas kompetitor dan minat masyarakat yang terkadang berubah-ubah juga menjadi tantangan bagi pembisnis untuk memulai usaha.

Maka dari itu, sebuah inovasi yang lebih kreatif perlu ada pada usaha yang dijalankan.

Baca juga: Bisnis Jasa Titip Solusi Bisnis Tanpa Modal!

Keunggulan Produk

Rasa yang terbilang sama dengan kebab lainnya, tetapi kebab yang ditawarkan ini memiliki ciri khas tersendiri dibanding kebab yang ada di luar. Harga lebih terbilang murah, kualitas pun tidak kalah dengan kebab yang memiliki harga yang mahal.

Tempat atau posisi penjualannya yang strategis dekat dengan sekolah, dan target yang di incar adalah anak sekolah dan masyarakat sekitar yang ada di gerai kebab tersebut

Penulis:

  1. Hasnah Khoirunissa
  2. Eka Sri Hastuti
  3. Abdul Fatah Jaelani

Mahasiswa Universitas Pamulang

Dosen Pembingbing: Afridayani S.E., M.M.

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0811-2564-888
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.