Peran Internet pada Penggunaan WIFI, ISP, dan Media Sosial pada Masyarakat

Peran Internet pada Masyarakat
Ilustrasi Peran Internet pada Masyarakat (Sumber: Media Sosial dari freepik.com)

Internet yang merupakan jaringan computer yang digunakan untuk menghubungkan jutaan computerisasi di seluruh dunia.

Internet yang memiliki peran penting dalam melaksanakan komunikasi, dan mendapatkan informasi luas dari seluruh media yang ada, sehingga memudahkan masyarakat dunia dalam melakukan penyaluran pesan, dari satu poin ke poin lainnya dengan menggunakan jaringan jangka luas yang mudah diakses oleh masyarakat umum.

Media massa memiliki pengguna internet yang anonim dan heterogen, sehingga hal tersebut memiliki pengaruh berbeda-beda dari setiap penggunanya.

Pentingnya peran internet dalam pengaplikasian hidup di masyarakat, seperti dalam penggunaan WIFI yang memiliki peran penting dalam komunikasi masyarakat tentunya tak lepas dari pentingnya kelancaran jaringan internet dalam penggunaanya.

Seperti dalam layanan Internet Service Provider (ISP) yang dapat menghubungkan antara produsen dan konsumen agar dapat memperlancar jaringan serta memudahkan pengguna dalam mengakses suatu produk tertentu. Layanan tersebut yang dapat memudahkan dan memperlancar jaringan internet pengguna dalam produk tertentu memiliki peran penting untuk menghubungkan penggunanya.

Peran penggunaan WI-FI pada Masyarakat Lokal

WIFI berperan penting dalam komunikasi pribadi dan komunitas. Dengan  keberhasilan kabel sebagai media jaringan area  lokal, maka mulai dikembangkan media nirkabel dengan kecepatan serupa dengan media kabel yang biasa disebut  dengan jaringan area lokal nirkabel (WLAN).

Bagi pengguna yang selalu bepergian (mobile), WiFi menawarkan fleksibilitas lebih. Standar Wi-Fi pertama kali diterbitkan oleh European Telecommunications Standards Institute (ETSI) pada tahun 1995 dengan nama HiperLAN/1, diikuti oleh HiperLAN/2 pada tahun 2000.

Dengan Wi-Fi, koneksi antara klien dan pengguna dibuat melalui media nirkabel. seperti frekuensi radio (RF) dan inframerah (IR). Hal ini memungkinkan pengguna untuk selalu terhubung ke jaringan, meskipun perangkat mereka tidak terhubung ke  jaringan.

Cakupan Wi-Fi bervariasi tergantung pada penggunaan sistem dan lingkungan sebenarnya. Artinya, sekitar 100 meter di dalam bangunan bertembok dan hingga beberapa ribu meter di lingkungan atau garis pandang (LOS) yang tidak terhalang.

Akses pada Internet Service Provider

Akses Internet dikelola oleh Penyedia Layanan Internet (ISP) nasional maupun        seluruh dunia. Jaringan lintas batas negara terhubung melalui ISP nasional masing- masing negara. Di dalam suatu negara, Internet dikelola oleh ISP nasional, regional, dan internasional.

Ketiga jenis ISP ini mengelola akses Internet untuk pengguna akhir. ISP nasional dan global membagi jaringan atau akses Internet mereka antara ISP lokal atau regional dan jaringan seluler. Dalam jaringan seluler, sinyal internet didistribusikan melalui menara telepon seluler atau base station (BTS).

Kegunaan Media Sosial untuk Masyarakat

Kegunaan dari Media sosial sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat sebagai sarana penyebaran informasi dan kelangsungan hidup. Namun lain halnya ketika media sosial berada di tangan pelaku ekonomi. Terjadi pula perubahan penggunaan media sosial sebagai media komunikasi pemasaran digital.

Ada banyak aplikasi media sosial seperti Line, Facebook, Twitter, Instagram, Telegram, dll yang bisa digunakan sebagai media komunikasi dari segala macam berita serta informasi. Hal terpenting untuk melakukan kegiatan komunikasi adalah informasi yang disampaikan kepada khalayak.

Informasi dalam bentuk penyampaian komunikasi yang mudah dimengerti oleh masyarakat umum untuk memberikan dampak kemudahan bagi masyarakat yang menggunakan.

 

Penulis: Muhammad Agung Dwi Bramantyo
Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI