Peranan Pramuka di Era Modern

ilustrasi dari Pexels.

Pendidikan kepramukaan merupakan salah satu pendidikan non formal yang menjadi wadah pengembangan potensi diri serta memiliki akhlak mulia, pengendalian diri, dan kecakapan hidup untuk melahirkan kader penerus perjuangan bangsa dan negara. 

Perkembangan gerakan Pramuka mengalami pasang surut dalam kurun waktu tertentu. Akibatnya nilai yang terkandung dalam pembentukan kepribadian kaum muda menjadi tidak optimal.

Di kepramukaan harus memiliki rasa cinta tanah air, kepribadian yang kuat, kejujuran, sikap toleransi, dan bertanggung jawab untuk membela dan membangun bangsa. Remaja sekarang banyak yang melupakan ideologi bangsa sendiri. Banyak remaja sekarang yang lebih mengutamakan kesenangan semata.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Pentingnya Pendidikan Kepramukaan untuk Masa Depan

Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya remaja yang terjerumus aliran sesat seperti pergaulan bebas dan narkoba. Dengan demikian Pramuka sangat penting di era modern terutama dalam mengembangkan sifat patriotisme dan nasionalisme. Organisasi ini dapat menumbuhkan rasa kebersamaan antar anggota.

Kegiatan yang sering dilakukan dalam Pramuka seperti jambore, penjelajahan, perkemahan bakti, jelajah malam. Pramuka dapat membentuk karakter seseorang seperti  membentuk sifat kedisplinan.

Baca Juga: Pramuka, Obat Pencegah Penyakit Generasi Muda

Tujuan dari Pramuka adalah mendidik dan membina remaja untuk mengembangkan mental, moral, intelektual, dan spiritual untuk menjadi lebih baik dan berguna.  Dengan adanya kepramukaan maka kita akan terhindar dari aliran sesat.

Penulis:  Sabeth Mochamad Rizki
Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Editor: Ika Ayuni Lestari

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI