Masuk Peringkat 50 Besar Dunia, Times Higher Education University Impact Ranking Jadi Pemacu Perbaikan Proses UGM

Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., menilai pencapaian UGM masuk dalam daftar 50 besar dunia untuk aspek Gender Equality dan peringkat 70 besar dunia dalam aspek Decent Work and Economic Growth seperti yang dirilis Times Higher Education University Impact Ranking menjadi bukti kontribusi UGM dalam pencapaian The Sustainable Development Goals (SDGs).

Pada kedua aspek tersebut, Universitas Gadjah Mada menduduki peringkat pertama di Indonesia. Sedangkan secara keseluruhan Universitas Gadjah Mada menduduki peringkat 101-200 di dunia.

“Kontribusi UGM dalam pencapaian SDGs tidak diragukan lagi. Yang harus kita perbaiki bersama adalah proses dan manajemen yang lebih baik dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangan dalam berbagai aspek,”papar Panut, Senin (8/4).

Senada dengan itu, Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM, Prof. Indra Wijaya Kusuma, menambahkan pengakuan terhadap kesetaraan gender di Universitas Gadjah Mada di peringkat 50 besar dunia didasarkan kepada proporsi staf akademik wanita dan mahasiswi serta jumlah mahasiswi yang pertama dalam keluarga mengenyam pendidikan tinggi. Di samping itu, kebijakan Universitas Gadjah Mada untuk selalu memberikan kesempatan kepada wanita untuk dapat masuk dalam pendidikan tinggi juga mendukung pencapaian SDG tersebut.

Sementara itu, untuk aspek Decent Work and Economic Growth didasarkan kepada jumlah mahasiswa dan staf akademik maupun non akademik, dan pada kebijakan serta praktik di UGM yang tidak diskriminatif maupun komitmen untuk memperhatikan kesejahteraan staf. Aspek lain seperti Industry, Innovation, and Infrastructure, Reduced Inequalities, Climate Action, Peace Justice and Strong Institutions serta Partnership for the Goals, UGM mendapat peringkat 101+.

“Universitas Gadjah Mada akan meningkatkan kontribusinya terhadap pencapaian SDGs dan memperbaiki proses serta mekanisme pelaporan dan evaluasi yang terkait dengan pencapaian-pencapaian SDGs,”urai Indra.

Seperti diketahui, Times Higher Education, salah satu pemeringkat perguruan tinggi di dunia yang paling prestisius, minggu lalu (4 April 2019) untuk pertama kalinya merilis Times Higher Education University Impact Ranking. Pemeringkatan ini merupakan satu-satunya di dunia yang didasarkan kepada performa perguruan tinggi ditinjau dari aspek dalam sumbangsih bagi pencapaian Sustainability Development Goals (SDGs) dari PBB.  Pada tahun ini, THE baru menggunakan 11 aspek dari 17 aspek SDG yang ada.

Universitas Gadjah Mada termasuk satu dari 462 perguruan tinggi di dunia yang masuk dalam pemeringkatan ini. Dari Indonesia hanya ada 6 perguruan tinggi yang masuk dalam daftar yang dirilis THE. Universitas Gadjah Mada mengikuti seluruh 11 aspek yang dinilai oleh Times Higher Education. Universitas Gadjah Mada masuk dalam daftar 50 besar dunia untuk aspek Gender Equality dan peringkat 70 besar dunia dalam aspek Decent Work and Economic Growth. Pada kedua aspek tersebut, Universitas Gadjah Mada menduduki peringkat pertama di Indonesia dan secara keseluruhan Universitas Gadjah Mada menduduki peringkat 101-200 di dunia./akm

Baca juga:
Forum Dosen Akuntansi Publik Berkomitmen Membangun Desa Melalui BUMDes
Fanspage Shitposting Merugikan Pihak Kampus?
FKMB Yogyakarta Gelar Bina Akrab dan Panggadereng

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI