Perkembangan Teknologi dan Tingkat Pendidikan Tinggi Berkolaborasi: Pertumbuhan Ekonomi OTW Melambung Tinggi

Teknologi dan Pendidikan
Sumber: www.businessadministrationinformation.com

Teknologi adalah suatu sistem atau metode ilmiah yang diciptakan dengan tujuan praktis sehingga menghasilkan tingkat efisiensi dan efektifitas dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan hidup manusia. Sedangkan pendidikan merupakan proses bimbingan dan tuntunan dengan tujuan pengembangan kemampuan individu baik dari aspek pengetahuan, keterampilan, norma, sikap dan tingkah laku.

Perkembangan teknologi saat ini mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan yang semakin kaya dengan hasil penelitian yang dibuat oleh para ahli. Dunia teknologi saat ini dicirikan oleh kemajuan pesat dalam berbagai bidang, seperti komunikasi, informasi, dan ilmu data.

Penggunaan teknologi oleh masyarakat telah menghasilkan kemajuan besar dalam teknologi komunikasi dan informasi, seperti munculnya berbagai media baru dan peningkatan penggunaan smartphone dan internet. Digitalisasi masyarakat telah menyebabkan perubahan budaya yang cukup pesat, yang ditandai dengan fakta bahwa sekarang ini teknologi menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari dan mengubah kehidupan manusia dari yang sederhana menjadi modern.

Bacaan Lainnya
DONASI

Bahkan kehidupan orang baik yang di perkotaan dan pedesaan sekarang memerlukan perangkat digital. Hal ini menyebabkan gaya hidup digital di Indonesia ini menjadi baru. Meningkatnya penggunaan internet dan perangkat digital memberikan dampak terhadap perubahan budaya dan komunikasi salah satunya yaitu menyebabkan perilaku dan gaya hidup manusia berubah.

Pada tahun 2023, tingkat pendidikan Indonesia menduduki peringkat ke-67 dari 209 negara di Dunia. Ini menunjukkan bahwa masih ada kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Data dari tahun 2023 menunjukkan angka partisipasi dan kelulusan untuk berbagai tingkat pendidikan anak usia dini sebesar 68%, kelulusan untuk pendidikan dasar (SD) sebesar 100%, angka kelulusan pendidikan menengah sebesar 91,19%, kelulusan sekolah menengah atas (SMA) sebesar 78% dan tingkat kelulusan dari pendidikan tinggi sebesar 19%.

Transformasi digital dalam pendidikan merupakan hal yang penting, terdapat lebih dari 60 juta siswa di seluruh jenjang pendidikan yang belajar dari rumah akibat banyaknya sekolah yang ditutup. Penguasaan teknologi  adalah cara yang cukup efektif untuk memfasilitasi proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Pada masa kini, isu mengenai pertumbuhan ekonomi menjadi perbincangan dan masalah jangka panjang untuk perekonomian suatu negara. Banyak sekali opini-opini yang menyatakan bahwa tolak ukur keberhasilan pertumbuhan ekonomi suatu negara adalah ketika hasil dari strategi, usaha, bahkan pendapatan negara dapat dinikmati oleh segala lapisan masyarakatnya, baik dari lapisan masyarakat teratas sampai lapisan masyarakat terbawah.

Pihak yang beranggapan seperti demikian termasuk hal yang wajar, karena berdasarkan logikanya, pertumbuhan ekonomi yang baik adalah pertumbuhan atau perubahan yang menciptakan pemerataan penghasilan, pengentasan kemiskinan masyarakat, dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas untuk masyarakatnya. Pertumbuhan suatu perekonomian akan terus berubah dari masa ke masa yang tentunya karena dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia secara signifikan. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah Perkembangan Teknologi dan Tingkat Pendidikan. Kedua faktor ini ternyata saling berkaitan kuat dalam pengaruhnya terdapat pertumbuhan ekonomi

Penggunaan teknologi dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan inovasi, yang dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Kemajuan teknologi seperti otomatisasi dan teknologi digital dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dengan penggunaan teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, mengurangi biaya, dan membuka peluang baru bagi bisnis.

Salah satu contohnya adalah otomasi industri yang memanfaatkan Internet of Things (IoT) dan robotika, yang dapat memungkinkan proses menjadi lebih efisien dan mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja manual. Selain itu, pengembangan produk dan layanan baru dapat dihasilkan oleh kemajuan teknologi, menciptakan pasar baru dan meningkatkan permintaan pelanggan.

Hal ini dapat mengarah pada penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi. Otomatisasi dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dengan mengurangi kebutuhan tenaga kerja manual dan menyederhanakan proses.

Hal ini dapat menyebabkan penghematan biaya bagi perusahaan dan peningkatan output. Pertumbuhan ekonomi digital menciptakan permintaan akan pekerja dengan keterampilan digital, seperti coding dan analisis data. Hal ini dapat mengarah pada penciptaan lapangan kerja dan peningkatan produktivitas.

Menurut Ahsan dan Haque (2017), tidak ada satu negara pun di dunia ini yang dapat mencapai pembangunan ekonomi berkelanjutan tanpa adanya investasi modal manusia secara substansial. Dalam kata lain, Pendidikan akan mengangkat tingkat pemahaman dan efektifitas dalam pekerjaan, dan kemampuan dalam menggunakan teknologi yang dapat memudahkan proses produksi.

Peningkatan tersebut juga didorong dari kualitas sumber daya manusia yang ada. Sedangkan kualitas sumber daya manusia itu sendiri dapat dilihat dari tingkat Pendidikan yang dicapai. Semakin tinggi tingkat Pendidikan, maka semakin baik pula kualitas individu tersebut. Faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yaitu perkembangan teknologi.

Teknologi akan terus berubah dari masa ke masa. Perubahan tersebut lah yang akan mempengaruhi output dari pertumbuhan ekonomi. Mengapa demikian? Pengaruh perkembangan teknologi dalam pertumbuhan ekonomi sudah menjadi kajian penting sejak dahulu. Topik ini tidak akan ada ujungnya karena pada kenyataannya perkembangan teknologi tidak ada habisnya.

Dalam penelitian terdahulu, ada beberapa yang mengemukakan bahwa upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara yaitu dengan melakukan perbaikan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia dan teknologi. Meningkatnya penggunaan teknologi dapat menciptakan efektifitas dalam mempercepat output pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai modal penggerak.

Dampak kemajuan teknologi terhadap pertumbuhan ekonomi dapat kita amati dan nampaknya juga membawa perubahan  baik dalam banyak aspek. Perkembangan teknologi, khususnya teknologi digital, berperan penting dalam  pertumbuhan ekonomi dan inovasi, tidak hanya di Asia Tenggara tetapi juga seampai ke seluruh dunia. Hal ini mempengaruhi produktivitas, industrialisasi, permintaan tenaga kerja, pendidikan dan inovasi, yang semuanya penting bagi pembangunan ekonomi  berkelanjutan.

Oleh karena itu, kedua faktor tersebut sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi  Indonesia. Terlebih lagi, saat ini teknologi yang semakin maju nampaknya menuntut terciptanya sumber daya manusia yang semakin berkualitas, mampu memanfaatkannya secara bijak. Pendidikan berperan penting dalam membangun pertumbuhan ekonomi suatu daerah atau negara.

Semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin tinggi pula kualitas sumber daya manusianya sehingga dapat mendorong peningkatan kehidupan ekonomi masyarakat. Pertumbuhan ekonomi tidak hanya bergantung pada modal yang besar tetapi juga pada sumber daya manusia yang berkualitas.

Peran pendidikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan perekonomian sangatlah penting, terutama dalam mempersiapkan individu untuk memenuhi tuntutan pasar tenaga kerja yang semakin kompleks dan dinamis. Pendidikan memainkan peran penting dalam mempromosikan, mengajar dan mempersiapkan individu untuk mengadopsi dan menggunakan kemajuan teknologi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan produktivitas dan inovasi ekonomi.

Penulis: Tria Sasi Nurani
Mahasiswa S1 Ekonomi Pembangunan Universitas Tidar

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Daftar Pustaka

Agustn, Y. (2023, Oktober 10). Inovasi Teknologi dan Pertumbuhan Ekonomi: Menilai Kontribusi GDP. Retrieved from www.kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/yogijrrmx6696/6524e0a9ee794a577d257fb2/inovasi-teknologi-dan-pertumbuhan-ekonomi-menilai-kontribusi-gdp

Aprilia, Z. (2023, Agustus 18). Bukan Cuma Teknologi, Pendidikan Butuh Ini. Retrieved from www.cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20230818182012-25-464195/bukan-cuma-teknologi-pendidikan-ri-butuh-ini

Binus University Graduate Program. (2020, November 30). DIGITALISASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI. Retrieved from graduate.binus.ac.id: https://graduate.binus.ac.id/2020/11/30/digitalisasi-sebagai-upaya-meningkatkan-pertumbuhan-ekonomi/

Budiono, E. (2022, Juli 19). Perkembangan Teknologi Digital Berdampak Positif dan Negatif. Retrieved from infopublik.id: https://infopublik.id/kategori/nasional-sosial-budaya/650438/perkembangan-teknologi-digital-berdampak-positif-dan-negatif

Fahira, A. D. (2021). ANALISIS PENGARUH TEKNOLOGI DIGITAL PERTUMBUHAN EKONOMI (STUDI KASUS WILAYAH ASIA TENGGARA TAHUN 2010-2018). pp. 2-11.

Fathina, H. (2022, November 22). Ekonomi Digital: Manfaat, Karakteristik, Perkembangan, dan Tantangannya. Retrieved from ekonomi.bisnis.com: https://ekonomi.bisnis.com/read/20221122/9/1600731/ekonomi-digital-manfaat-karakteristik-perkembangan-dan-tantangannya

Fitriani. (2014, Desember 9). Perkembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi. Retrieved from acehprov.go.id: https://acehprov.go.id/berita/kategori/serba-serbi/80-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi

Hidayatullah. (2021, Juli 19). Pengaruh Kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi Terhadap Karakter Anak. Retrieved from disdik.lebakkab.go.id: https://disdik.lebakkab.go.id/detail/pengaruh-kemajuan-teknologi-komunikasi-dan-informasi-terhadap-karakter-anak

Karya, G. (2020, Desember 19). Teknologi Big Data Kunci Pesatnya Perkembangan Data Science. Retrieved from unpar.ac.id: https://unpar.ac.id/teknologi-big-data-kunci-pesatnya-perkembangan-data-science/

KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN REPUBLIK INDONESIA. (2021, Juli 15). Kemajuan IPTEK untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Inovasi. Retrieved from www.ekon.go.id: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3150/kemajuan-iptek-untuk-mendorong-pertumbuhan-ekonomi-dan-inovasi

pengelola web kemdikbud. (2021, Juli 13). Hasil Penelitian Ungkap Faktor Penting dalam Meraih Capaian Belajar Optimal. Retrieved from www.kemdikbud.go.id: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/07/hasil-penelitian-ungkap-faktor-penting-dalam-meraih-capaian-belajar-optimal

Putri, N. H. (2021, Agustus 5). Perkembangan Digitalisasi Ciptakan Perubahan Budaya Masyarakat. Retrieved from diskominfo.kaltimprov.go.id: https://diskominfo.kaltimprov.go.id/teknologi/perkembangan-digitalisasi-ciptakan-perubahan-budaya-masyarakat

Ritonga, S. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DUSUN FIRDAUS KECAMATAN BILAH HULU KABUPATEN LABUHANBATU. Tarbiyatul Bukhari, Jurnal Pendidikan, Agama dan Sains, 2-8.

Setyowati, E. (2001). TEKNOLOGI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI. JURNAL EKONOMI PEMBANGUNAN, 2-13.

WEPO. (2023, Maret 30). Peran Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Ekonomi. Retrieved from an-nur.ac.id: https://an-nur.ac.id/esy/peran-pendidikan-dalam-meningkatkan-kualitas-sumber-daya-manusia-dan-ekonomi.html

Yudi Supiyanto, H. S. (2020). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DESA LERAN WETAN KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN TAHUN 2017. Jurnal Oportunitas Unirow Tuban, 2-6.

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI