Pendidikan dalam era digital merupakan hal sangat penting. Pendidikan dinilai sebagai penopang dalam membentuk generasi masa depan yang bernilai tinggi dan menjaga agar para generasi milenial tidak terjerumus tertelan oleh dunia digital yang sangat luas dan berbahaya jika tidak diiringi dengan etika dan tanggung jawab dalam menggunakan teknologi.
Pendidikan saat ini juga sudah beradaptasi dan berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Pembelajaran online pada masa ini telah menjadi salah satu pergeseran paradigma dalam dunia pendidikan yang tidak dapat diabaikan.
Dalam beberapa tahun terakhir, di saat dunia dilanda oleh virus Covid-19, saat itu pula kita menyaksikan pertumbuhan yang luar biasa dalam penggunaan pembelajaran online di semua tingkat pendidikan.
Pada masa kini, pembelajaran online tidak lagi menjadi alternatif bagi pendidikan konvensional, namun sudah menjadi bagian dari pengalaman belajar saat ini. Dengan adanya pembelajaran daring memungkinkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran dan sumber daya pendidikan kapan saja dan di mana saja, tanpa terikat oleh Batasan waktu dan lokasi.
Pembelajaran online dinilai memberikan fleksibilitas bagi peserta didik dan tenaga pendidik, di mana hal ini merupakan pengalaman belajar yang baru dan belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah pendidikan.
Selain memberikan kemudahan dalam fleksibilitas waktu dan lokasi, pembelajaran online juga banyak memilikimanfaat dan keunggulan yang tidak dapat disangkal. Melalui pembelajaran online, para peserta didik dapat memperluas wawasan dan ilmu dengan mempelajari berbagai mata pelajaran dan materi atau keterampilan yang mungkin tidak tersedia secara lokal.
Selain itu, penggunaan teknologi inivatif dalam pembelajaran online, seperti video belajar interaktif, simulasi, dan kecerdasan buatan, memberikan lebih banyak lagi pengalaman belajar yang menarik dan memotivasi siswa secara lebih efektif.
Artikel ini akan menjelajahi keberhasilan pembelajaran online dengan menggalilebih dalam tentang fleksibilitas waktu dan lokasi yang ditawarkan dan kesempatan meraih ilmu pendidikan bagi seluruh anggota pendidikan, baik siswa maupun guru.
Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk menambah pemahaman yang mendalam tentang pembelajaran online, dan diharapkan agar semakin memahami mengapa fenomena ini telah menjadi kekuatan yang tak terelakkan dalam dunia pendidikan saat ini.
Fleksibilitas Waktu dan Lokasi
Dengan adanya pembelajaran online saat ini telah mengubah cara pandang kita dalam meraih pendidikan. Salah satu keunggulan yang diberikan dalam penggunaan sistem pembelajaran online adalah fleksibilitas waktu dan lokasi yang ditawarkannya.
Para tenaga pendidik maupun peserta didik tidak lagi terikat oleh jadwal atau lokasi fisik tertentu. Kini seluruh anggota pendidikan dapat melakukan kegiatan belajar mengajar dimana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan mereka (Leonard, 2013) menyebutkan bahwa salah satu keunggulannya adalah dengan menggunakan E-learning, pengajar dapat menentukan waktu untuk belajar dimanapun dan pelajar dapat belajar sesuai dengan kemampuan masing-masing.
Sebelum adanya pembelajaran online, akses terhadap pendidikan berkualitas terbilang belum merata di seluruh Indonesia. Masih banyak daerah-daerah terpencil yang mendapatkan pendidikan yang kurang layak. Namun, dengan adanya pembelajaran online, para siswa yang tinggal di daerah terpencil sudah dapat mengakses materi pembelajaran dengan sumber daya pendidikan dari jarak jauh. Para peserta maupun tenaga pendidik dapat belajar melalui platform online tanpa harus melakukan perjalanan jauh atau meninggalkan lingkungan tempat tinggal mereka.
Dengan adanya pembelajaran online memberikan semua peserta didik di seluruh Indonesia mendapatkan kesempatan yang sama dalam meraih pendidikan yang berkualitas.
Tidak dapat dipungkiri bahwa media pembelajaran secara online sangat memungkinkan bagi siswa untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Media platform pembelajran online ini memberikan kesempatan kepada seluruh peserta didik dengan berbagai latar belakang yang berbeda.
Pembelajaran online cukup efektif untuk menggantikan pembelajaran konvensional serta mampu memberikan fleksibilitas dan kebebasan kepada peserta didik untuk mengatur waktu belajar dan kontrol penuh atas proses pembelajarannya sendiri.
Peserta didik dapat belajar pada waktu yang paling efektif bagi mereka, mengatur durasi belajar, dan mengulang materi jika diperlukan. Fleksibilitas ini memberi siswa kesempatan untuk mengatur belajar mereka sendiri, memperkuat kemandirian dalam mengelola waktu dan merencanakan pembelajaran. Fenomena pembelajaran online diharapkan terus berkembang dan akan menjadi pilihan utama bagi seluruh individu yang mencari pendidikan yang fleksibel dan terjangkau.
Aksesbilitas Global
Pendidikan merupakan bagian dari hak asasi manusia, artinya adalah seluruh individu di dunia berhak atas pendidikan yang layak dan berkualitas. Hal ini belum dapat terpenuhi di Indonesia karena masih banyak daerah yang terpencil dan kurang berkembang yang belum mendapatkan akses ke pendidikan, dimana hal tersebut menjadi tantangan yang besar dalam dunia pendidikan.
Keterbatasan geografis dan infrastruktur pendidikan seringkali menjadi hambatan utama dalam menyediakan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh individu. Dalam kasus ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan telah membuka jalan dan menjadi solusi baru dalam bentuk pembelajaran online.
Platform pembelajaran online telah muncul sebagai alternatif yang menjanjikan dalam mengatasi Batasan geografis dan kekurangan infrastruktur pendidikan. Banyak media dan alat yang dapat digunakan dan mudah ditemukan untuk dapat membantu proses pembelajaran online. Contohnya seperti komputer, tablet, laptop, atau bahkan telepon pintar.
Selain pilihan media yang beragam, sudah banyak pula berbagai program pendidikan daring seperti program pendidikan kelas virtual, kursus daring, dan aplikasi-aplikasi platform pembelajaran online lainnya.
Kini para peserta didik dapat mengakses materi pembelajaran dan berpartisipasi dalam diskusi secara online sesuai dengan jadwal yang mereka tentukan.
Perkembangan teknologi di bidang pendidikan sangat bermanfaat bagi seluruh peserta didik, terkhusus para peserta didik yang tinggal di daerah yang terpencil atau memiliki keterbatasan mobilitas. Mereka tidak lagi terikat oleh jarak geografis atau infrastruktur pendidikan yang
kurang berkualitas. Dengan adanya akses teknologi dan internet, maka seluruh peserta didik di seluruh dunia dapat memnafaatkan peluang belajar yang setara.
Selain itu, platform media pembelajaran online mampu memberikan akses ke berbagai sumber daya pendidikan yang tidak tersedia secara local, misalnya seperti video pembelajaran, modul interaktif, kelas daring, dan berbagai macam platform pendidikan online lainnya.
Para peserta didik juga dapat mengakses dan memilih tenaga pendidik terbaik di bidangnya tanpa harus berada di tempat yang sama secara fisik. Para peserta didik juga dapat berinteraksi dengan sesama siswa dari seluruh dunia dan mendapatkan wawasan yang lebih kaya tentang budaya dan perspektif yang berbeda dari yang mereka miliki.
Baca juga: https://mahasiswaindonesia.id/pembelajaran-tematik-di-sekolah-dasar-pengenalan-dan-analisis/
Mendukung Pembelajaran Mandiri
Pembelajaran online telah membuka jalan bagi pengembangan kemandirian siswa. Kelebihan lainnya dari pembelajran online adalah para siswa dapat mengatur ritme belajar dan mengeksplorasi minat pribadi mereka dengan lebih bebas menggunakan bantuan teknologi.
(Djiwandono, 2006) mengatakan salah satu keuntungan dari belajar menemukan adalah dapat mengajarkan keterampilan menyelesaikan masalah secara mandiri dan memaksa siswa untuk menganalisis dan memanipulasi informasi dan tidak hanya menyerap secara sederhana saja.
Dalam lingkungan pembelajaran konvensional, kurikulum seringkali terbatas pada topik tertentu yang ditentukan oleh kurikulum nasional atau kebijakan sekolah. Namun, dalam pembelajaran online, ada banyak sumber daya dan materi yang tersedia secara online dalam berbagai bidang studi.
Siswa dapat memilih untuk belajar lebih dalam tentang topik yang mereka minati di luar kurikulum inti. Mereka dapat mengakses sumber daya tambahan, seperti video, artikel, atau kursus online, yang memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi minat pribadi mereka dengan lebih mendalam.
Pembelajaran secara daring ini juga mampu meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa secara mandiri. Para siswa diberikan kebebasan untuk mengeksplore alat dan media yang ingin ia gunakan untuk menunjang pembelajaran. Banyak pilihan alat dan media yang kini tersedia untuk mengakses materi pembelajaran secara mandiri.
Para siswa juga menjadi lebih aktif dalam pembelajaran secara mandiri didukung oleh fitur-fitur interaktif seperti forum diskusi, tugas online, atau kuis daring. Siswa lebih termotivasi untuk berpartisipasi secara langsung dalam pembelajaran. Hal ini mendorong siswa untuk menjadi lebih mandiri dalam mencari informasi, berpikir kritis, dan menyampaikan pemikiran mereka sendiri.
Tantangan dan Solusi
Pembelajaran online menjadi alternatif populer dalam dunia pendidikan, meski terdapat tantangan yang terkait dengan pendekatan ini, salah satunya adalah keterbatasan interaksi sosial yang dialami oleh siswa.
Ketika siswa belajar di lingkungan virtual, mereka kehilangan interaksi tatap muka dengan teman sekelas dan guru, yang dapat mempengaruhi aspek sosial dan emosional dari pendidikan mereka. Namun, ada solusi yang efektif untuk mengatasi tantangan ini dan memastikan pengalaman pembelajaran online tetap positif dan bermakna bagi siswa.
Solusi tersebut antara lain menggunakan forum diskusi online dan mentoring virtual. Melalui forum ini, siswa dapat berinteraksi dengan sesama siswa dan guru dalam lingkungan virtual, membangun kolaborasi dan komunikasi, serta belajar dari sudut
pandang dan pengalaman orang lain. Dalam mentoring virtual, guru atau mentor dapat memberikan bimbingan dan dukungan yang lebih personal, membantu siswa memahami materi pembelajaran, memberikan umpan balik konstruktif, dan merencanakan tujuan pembelajaran mereka.
Selain itu, keterlibatan orang tua atau guru dalam pengawasan aktif juga dapat membantu siswa menjaga disiplin dan konsistensi dalam belajar. Solusi-solusi ini dapat membantu mengatasi keterbatasan interaksi sosial dalam pembelajaran online dan meningkatkan pengalaman belajar siswa secara keseluruhan.
Tantangan selanjutnya adalah kenyataan bahwa pembelajaran online seringkali mengharuskan siswa untuk mempelajari materi secara mandiri.
(Asmuni, 2020) Beberapa siswa mungkin menghadapi kesulitan dalam memahami materi tanpa kehadiran langsung dari guru atau tanpa interaksi dengan sesama siswa.
Tantangan ini dapat membuat siswa merasa kesulitan mengatasi hambatan pembelajaran dan membutuhkan bimbingan tambahan untuk memahami konsep yang kompleks.
Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan bahan ajar yang lengkap dan jelas, termasuk video pembelajaran, modul, atau tutorial online yang mendukung pemahaman mandiri siswa, menyediakan sumber daya tambahan seperti forum diskusi atau sesi tanya jawab online untuk membantu siswa memahami konsep yang sulit, mendorong interaksi online antara siswa dan guru untuk memberikan bimbingan individual dan klarifikasi.
(Suharwoto, 2020) Pembelajaran online memerlukan tingkat motivasi dan disiplin pribadi yang tinggi dari siswa. Tanpa pengawasan langsung, siswa perlu mampu mengatur waktu mereka sendiri, tetap fokus, dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Namun, beberapa siswa mungkin mengalami kesulitan dalam mempertahankan motivasi dan disiplin pribadi, terutama jika mereka tidak memiliki lingkungan yang kondusif atau dukungan yang memadai di sekitar mereka.
Solusi yang dapat dilakukan adalah menyusun jadwal pembelajaran yang terstruktur dengan target pencapaian yang jelas, menerapkan sistem reward atau penghargaan untuk siswa yang mencapai hasil belajar tertentu, melibatkan orang tua atau wali siswa dalam memotivasi dan memantau perkembangan belajar siswa secara online.
Faktor lingkungan kerap kali menjadi tantangan dalam menerapkan pembelajaran online. Di mana pembelajaran online membutuhkan lingkungan yang sesuai untuk siswa agar dapat fokus dan belajar dengan baik. Namun, tidak semua siswa memiliki akses ke lingkungan yang tenang, bebas gangguan, atau perangkat yang memadai untuk pembelajaran online (Anugrahana, September 2020) Tantangan ini dapat mengganggu konsentrasi siswa dan mempengaruhi kualitas pembelajaran mereka.
Solusi yang dapat dilakukan adalah memberikan panduan kepada siswa dan orang tua tentang cara menciptakan lingkungan pembelajaran yang tenang dan minim gangguan di rumah, menyediakan opsi akses ke fasilitas umum seperti perpustakaan atau pusat pembelajaran yang dilengkapi dengan perangkat dan lingkungan belajar yang sesuai, mengadakan sesi belajar di tempat-tempat umum yang dapat diakses oleh siswa dengan koneksi internet yang stabil.
Solusi-solusi tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi tantangan dalam pembelajaran online. Penting untuk melibatkan semua stakeholder terkait, termasuk siswa, orang tua, guru, dan pihak terkait lainnya, untuk menciptakan lingkungan pembelajaran online yang optimal.
Penulis: Santa Patria Ika
Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta
Editor: Rahmat Al Kafi
Daftar Pustaka
Anugrahana, A. (September 2020, September 24). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3, 282-289.
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.
Djiwandono, S. E. (2006). Psikologi Pendidikan. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Leonard, M. &. (2013, December). KAJIAN PENERAPAN E-LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI.
Suharwoto, D. G. (2020, April 11). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. Retrieved from http://pusdatin.kemdikbud.go.id/: http://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid-19- tantangan-yang-mendewasakan/